DESAIN GAME EDUKASI SADAR LINGKUNGAN BERBASIS ANDROID

Authors

  • Dwi Cahyono Fakultas Teknik, Program Studi Informatika, Universitas Dr. Soetomo, Surabaya
  • Adistita Septi Karina Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Univrsitas Dr. Soetomo, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33474/infotron.v2i1.15508

Abstract

Di Indonesia, masalah sampah masih belum sepenuhnya dapat ditangani dan terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan aktivitas dan kebutuhan masyarakat yang tinggi sehingga menghasilkan sampah yang jumlah dan volumenya sebanding dengan tingkat barang yang mereka konsumsi sehari-hari. Peningkatan jumlah sampah yang tidak diikuti oleh perbaikan mengakibatkan permasalahan sampah semakin kompleks. Perilaku masyarakat terhadap sampah dipengaruhi salah satunya oleh pengetahuan masyarakat sekitar dalam mengelola sampah yang mereka hasilkan.

Kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah dengan memilah berdasarkan jenisnya perlu dilakukan agar masyarakat sadar bahwa sampah yang dikelola dapat mengurangi timbunan sampah. Penanaman nilai-nilai kebersihan, peduli lingkungan dan pentingnya memilah sampah kepada anak sejak dini perlu dilakukan agar anak-anak memiliki sifat peduli, berpendirian dan bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan serta untuk mencetak generasi yang tidak membuang sampah sembarangan dan mampu mengolah sampah.

Salah satu cara untuk menyampaikan pentingnya memilah sampah pada anak selain melalui pembelajaran di sekolah adalah melalui game edukasi. Karena game dianggap lebih menarik perhatian anak-anak usia sekolah dasar yang secara harfiah masih sangat menyukai bermain.

Penelitian ini fokus pada desain dari Game Edukasi Sadar Lingkungan Berbasis Android yang mampu membantu anak-anak usia dini belajar pemilahan sampah, hasil dari penelitian ini berupa Airplay Diagram, Desain Antarmuka Game, Skenario Game, Use Case Game, Finite State Machine Game, Desain Antarmuka Game.

References

R. C. Putra, “Pembuatan Game Edukasi Pintar Memilih Sampah Berbasis Android,†Univ. Muhammadiyah Surakarta Digit. Libr., pp. 1–21, 2016.

P. L. Ekawati and A. Z. Falani, “Pemanfaatan Teknologi Game Untuk Pembelajaran Mengenal Ragam Budaya Indonesia Berbasis Android,†J. Link, vol. 22, no. 1, pp. 30–36, 2015.

N. A. F. Ichida, H. Nasution, and A. Perwitasari, “Edukasi Game Jaga Sungai Kapuas Berbasis Android Menggunakan Construct 2,†J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 3, p. 124, 2018, doi: 10.26418/justin.v6i3.26806.

M. R. Rahadi, K. I. Satoto, and I. P. Windasari, “Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android,†J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 4, no. 1, p. 44, 2016, doi: 10.14710/jtsiskom.4.1.2016.44-49.

Mohamed Sami, “Software Development Life Cycle Models and Methodologies,†march,15, 2012, 2012. https://melsatar.blog/2012/03/15/software-development-life-cycle-models-and-methodologies/ (accessed Mar. 02, 2022).

Fernando Bevilacqua, “Mesin Finite-State: Teori dan Implementasi,†24 Oktober 2013, 2013. https://gamedevelopment.tutsplus.com/id/tutorials/finite-state-machines-theory-and-implementation--gamedev-11867 (accessed Mar. 03, 2022).

Downloads

Published

2022-04-06

Issue

Section

Articles