RANCANG BANGUN PERONTOK JAGUNG MENGGUNAKAN SOLAR CELL

Authors

  • Dimas Cahyono Dimas universitas nurul jadid
  • Sulistiyanto Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.33474/infotron.v2i2.18630

Abstract

Pertanian merupakan pondasi dasar ekonomi bangsa dengan pembangunan pertanian yang baik akan berimbas pada perekonomian yang stabil pembangunan pertanian terhadap perekonomian suatu bangsa dapat dikatakan menjadi bangsa yang maju apabila seluruh kebutuhan primer rakyatnya terpenuhi yaitu kebutuhan pangan khusunya dalam menjaga kebutuhan dasar masyarakat Indonesia khususnya di bidang pertanian. Jagung merupakan tanaman pangan penting kedua setelah padi bagi masyarakat Indonesia selain masih di manfaatkan sebagai makanan pokok di beberapa wilayah, jagung merupakan komponen utama dalam ransum pakan ternak, serta sebaagai bahan baku bioethanol ,saat ini mulai berkembang manfaat jagung sebagai pangan fungsional karena jagung mengandung serat pangan yang di perlukan oleh tubuh manusia.

Jagung merupakan tanaman pangan penting kedua setelah padi bagi masyarakat Indonesia selain masih di manfaatkan sebagai makanan pokok di beberapa wilayah, jagung merupakan komponen utama dalam ransum pakan ternak, serta sebaagai bahan baku bioethanol ,saat ini mulai berkembang manfaat jagung sebagai pangan fungsional karena jagung mengandung serat pangan yang di perlukan oleh tubuh manusia , menurut Suarni dan Yasin (2011), jagung mempunyai nilai indeks Glikemik(IG) yang dapat lebih rendah dari pada beras, yaitu antara 50-90 sehingga lebih aman untuk di konsumsi oleh penderita diabetes. Berdasarkan ulasan latar belakang di atas di buatlah alat Rancang Bangun Perontok Jagung menggunakan solar cell, dimana alat ini untuk sumber energinya sendiri menggunakan solar cell, dan di harapakan alat ini dapat bertujuan untuk menghemat biaya pengeluaran energy listrik di rumah dan juga pada bahan bakar solar. Dengan harapan alat ini dapat memberi dampak yang baik bagi para petani dan pabrik industry yang dimana bahan pokoknya adalah Jagung.

Author Biography

Dimas Cahyono Dimas, universitas nurul jadid

S1 Teknik Elektro

References

Wandana, M. D., & Hendri, H. (2020). Rancang Bangun Alat Perontok Gabah Padi Berbasis Mikrokontroler ATmega 8535. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 6(1), 306-321.

Sitorus, J. P., Pardede, S. P., & Siagian, J. P. (2022). RANCANG BANGUN MESIN PEMIPIL JAGUNG KAPASITAS 80KG/JAM DENGAN MENGGUNAKAN MOTOR BAKAR. Jurnal Teknologi Mesin UDA, 3(1), 30-42.

Ade, S., Mauludi, A. F., & Dimas, P. (2019). RANCANG BANGUN MESIN PEMIPIL JAGUNG KAPASITAS 100 KG/JAM (Doctoral dissertation, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung).

Hastini, T. R. I., & Irma, D. A. N. (2020). Kinerja Teknologi Budidaya Jagung Hibrida di Indonesia. vol, 10, 123-141.

Putri, F. S., Mursid, S. P., & Daud, A. (2022, August). Rancang Bangun Plts Kapasitas 50 Wp Menggunakan Reflektor untuk Meningkatkan Efisiensi Panel Surya. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 13, No. 01, pp. 304-309).

Puspitasari, R. D. (2019). Pertanian berkelanjutan berbasis revolusi industri 4.0. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 3(1), 26-28

Mayasari, K., Muljono, P., & Fatchiya, A. (2020). Kepuasan pengguna informasi pertanian dan strategi diseminasi teknologi pertanian melalui pemanfaatan aplikasi iTani. Jurnal Penyuluhan, 16(1), 174-184.

Amrin, H., Jamaluddin, J., & Lahming, L. (2019). Rancang Bangun Alat Pemipil Jagung Semi Mekanis. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 5(2), 25-30.

Maradi, A. Y. (2020). Pemanfaatan android untuk sistem kendali robot penembak dengan mikrokontroler. CYCLOTRON, 3(1).

Qomaruddin, M. N., & Khairi, M. (2019). Real Time Clock Sebagai Tracking Sinar Matahari Pada Solar Cell Berbasis Mikrokontroler Untuk Lampu Tama. Jurnal Qua Teknika, 9(2), 27-32.

Downloads

Published

2022-11-27

Issue

Section

Articles