Sistem Penilaian Kinerja Tridharma Dosen Menggunakan SAW di Undar

Authors

  • Angga Lisdiyanto Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Winarti Darul Ulum University
  • Catur Lega Wibisono Nahdlatul Ulama University, Sidoarjo
  • Tri Septianto Nahdlatul Ulama University, Sidoarjo
  • Chrisna Bayu Septrianto Nahdlatul Ulama University, Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.33474/infotron.v3i1.18896

Keywords:

Kinerja Dosen, Penilaian Dosen , SAW, Pengambilan Keputusan, Tridharma

Abstract

Setiap dosen memiliki tugas untuk memenuhi Tridharma perguruan tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini dilengkapi dengan kegiatan pendukung, seperti keikutsertaan narasumber dalam berbagai kegiatan akademik dan non akademik, baik sebagai peserta maupun sebagai panitia. Permasalahan dalam hal ini adalah belum adanya sistem. Penilaian kinerja dosen dalam mengimplementasikan Tridharma perguruan tinggi. Sehingga mempengaruhi kualitas pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi. Implementasi sistem evaluasi fakultas diharapkan dapat membantu perguruan tinggi untuk menilai dan mengevaluasi kinerja fakultas dengan mendefinisikan setiap kriteria. Penelitian ini menggunakan metode SAW karena metode SAW menentukan bobot dari setiap kriteria yang telah ditentukan. Kemudian dilanjutkan proses normalisasi dengan persamaan yang ada pada metode tersebut. Kemudian dilanjutkan proses pemeringkatan untuk memilih opsi terbaik, dalam hal ini adalah pembicara dengan kinerja terbaik dari hasil evaluasi masing-masing kriteria. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem yang mampu mengetahui hasil performans pembicara, serta mengetahui idol berpenampilan terbaik berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan dengan SAW.

References

A. Lisdiyanto. (2023) Sistem Penilaian Kinerja Tridharma Dosen Menggunakan SAW. JTEKSIS. vol. 5, no. 1, pp. 69-72.

Retnowati, Trie Hartiti. (2018) Model Evaluasi Kinerja Dosen : Pengembangan Instrumen untuk Mengevaluasi Kinerja Dosen. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan vol. 21, no. 2.

Frieyadie. (2016) Peneraan Metode SAW Dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri. vol. XII, no. 1, pp. 37–45.

Atika, Linda. (2010) Sistem Penunjang Keputusan Penilaian Kinerja Pemilihan Dosen Berprestasi Menggunakan Metode AHP. Jurnal Imiah Matrik, vol. 12, no. 3, pp. 1–10.

Asnawi, M. F. (2019) Implementasi Metode Simple Additive Weigth (SAW) pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Berprestasi. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unsiq. vol 6, no 3.

Gunawan, Prananingrum, K. R. dan Restu, W. R. (2013) Pengembangan sistem penunjang keputusan penentuan pemberian beasiswa tingkat sekolah. JSM STIMIK Mikroskil. 14(2), pp. 89–98.

Shiddieq, D. F. and Septyan, E. (2017) Analisis Perbandingan Metode Ahp Dan Saw Dalam Penilaian Kinerja Karyawan (Studi Kasus di PT. Grafindomedia Pratama Bandung). Jurnal LPKIA. 10(2), pp. 1–7.

Yusup, M., Aryani, D. and Andriyanto, L. (2019) Model Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Saw (Studi Kasus Stikes Yatsi Tangerang). Jurnal IFTECH. 1(1), pp. 31–38.

Sonata, F. (2016) Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan Proses Fuzzifikasi dalam Penilaian Kinerja Dosen. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi. 5(2), pp. 71–80.

Mustofa, A. F. and Majaruni, M. I. (2018) Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Cahaya Tech. Vol. 7, No. 01.

Romindo. (2020) Implementasi Metode SAW Terhadap Sistem PendukungKeputusan Memilih Dosen Terbaik Pada Politeknik Ganesha. Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer. vol 5, no 1.

P. P. Rini. (2015) Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik Berbasis Web Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting) (Studi Kasus: STMIK Global Tangerang). JURNAL SISFOTEK GLOBAL. vol 5, no 2.

N. K. D. A. Jayanti. (2016) IMPLEMENTASI METODE SAW DAN AHP PADA SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA DOSEN. CSRID Journal. vol 8, no 2.

Rahayu Suciana. (2022) Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika. vol 2, no 2.

Fitriyani, dkk. (2022) GDSS PENILAIAN KINERJA PADA ISB ATMA LUHUR MENGGUNAKAN METODE SAW DAN BORDA. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika. vol 2022, no 1.

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Articles