Sistem Informasi Sirkulasi Penggunaan Barang Milik Negara Berbasis Face Recognition dan QR Code

Authors

  • Firdausi Afifah Universitas Dr.Soetomo
  • Edi Prihartono Universitas Dr.Soetomo
  • Budi Santoso

DOI:

https://doi.org/10.33474/infotron.v3i1.19543

Keywords:

Sistem informasi , Face recognition , QR Code , Sirkulasi , Barang milik negara

Abstract

Kantor Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Barang Milik Negara (KPTIK BMN) merupakan unit kerja yang bertugas dalam melakukan perawatan dan pengelolaan gedung, serta memberikan pelayanan terhadap stakeholder dalam ruang lingkup area gedung. Proses pencatatan peminjaman dan penggunaan BMN yang tersedia saat ini masih konvensional sehingga dapat memicu kemungkinan terjadinya praktik kecurangan. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi sirkulasi yang dapat mempermudah dan mempercepat user dalam melakukan pengambilan/peminjaman. Tujuan dari penelitian ini untuk membangun sistem pencatatan menggunakan face recognition dan QR Code dalam mempercepat penginputan peminjaman/penggunaan barang. Pengujian QR Code dilakukan dengan melakukan pemindaian QR Code barang pada sistem sirkulasi penggunaan barang. Pengujian face recognition pada wajah pegawai menggunakan variabel jarak pemindaian wajah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pencatatan sirkulasi penggunaan dan peminjaman barang menggunakan face recognition dan QR Code dapat memberikan hasil yang sesuai dengan jumlah dan jenis barang yang dimasukkan oleh user secara valid, serta dapat mendeteksi wajah pegawai secara valid sesuai dengan rekam data wajah pegawai yang telah didaftarkan pada sistem, hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian pengenalan wajah pada White Box memberikan hasil yang valid dengan persentase kemiripan objek wajah dengan data training sebesar 65%. Serta pengujian akurasi sebuah sistem dalam melakukan face recognition sebesar 100% dan menunjukkan nilai presisi sebesar 100%.

 

References

E. Agustina, “Prinsip Tanggung Jawab Pengelolaan Barang Milik Negara Menuju Good Governance,” Solusi, vol. 19, no. 1, pp. 105–117, 2021, doi: 10.36546/solusi.v19i1.330.

T. Melliyani and Y. Rokhayati, “Rancang Bangun Aplikasi Inventaris dan Status Barang di PT PNBC Indonesia,” Journal of Applied Informatic and Computing, 2020.

A. N. Ramdhon and F. Febriya, “Penerapan Face Recognition Pada Sistem Presensi,” Journal of Applied Computer Science and Technology, vol. 2, no. 1, pp. 12–17, 2021.

A. Rahman, Adiyatma, and A. Akbar, “Rancang Bangun Website Pemesanan Tiket dan Pengiriman Barang Pada CV. Alerya Travel,” 2018.

M. Hasbiyalloh and D. A. Jakaria, “Aplikasi Penjualan Barang Perlengkapan Handphone di Zildan Cell Singaparna Kabupaten Tasikmalaya,” Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika, vol. 1, no. 1, pp. 61–70, 2018.

J. D. Irawan and E. Adriantantri, “Pemanfaatan QR-Code Sebagai Media Promosi Toko,” Jurnal Mnemonic, vol. 1, no. 2, pp. 56–61, 2019, doi: 10.36040/mnemonic.v1i2.39.

S. Abidin, “Deteksi Wajah Menggunakan Metode Haar Cascade Classifier Berbasis Webcam Pada Matlab,” Jurnal Teknologi Elekterika, vol. 2, no. 1, p. 21, 2018, doi: 10.31963/elekterika.v2i1.2102.

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Articles