Prototype Monitoring Debit Air pada Jaringan Pipa Berbasis Mikrokontroler

Authors

  • Dhyah Ayu Intan Permata Sari Universitas DR. Soetomo
  • Edi Prihartono Universitas DR. Soeitomo

DOI:

https://doi.org/10.33474/infotron.v3i2.20839

Keywords:

Monitoring Debit air ,SensorMpx5700AP, Sensor Flowmeter water, Node MCU esp8266

Abstract

Air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting. Seiring meningkatnya populasi penduduk maka kebutuhan air sehari-hari terus meningkat. Di Indonesia tingkat kebocoran air pada saluran distribusi saat ini meningkat hingga sampai 30% di tiap daerah, dikarenakan dalam penanganan saat ini kurang efisien karena harus ada laporan warga ke petugas[3]. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu  memanfaatkan teknologi yang dapat Memonitoring jaringan pipa air secara real time sehingga petugas  dapat mempercepat dalam penanganan perbaikan akibat kebocoran. Maka pada penelitian  dibuat Prototype sistem  monitoring debit air pada jaringan pipa dengan memanfaat teknologi  Mikrokontroler, sensor Tekanan MPX5700AP [7] , Flowmeter Yf-S201 [6]dan  teknologi  Internet of Thing (IoT) yang tersistem  dalam “ Prototype monitoring debit air pada jaringan pipa berbasis mikrokontroler “. Sistem ini bekerja dengan membaca tekanan dan debit air sebagai data input, dan menampilkan  output pada website berupa Notifikasi  nilai ( data input) dan Notifikasi lampu  sebagai isyarat. Dari hasil uji coba prototype sistem  menitoring debit air pada jaringan pipa ini secara system berjalan  baik , yaitu system memberikan notifikasi nilai tekanan, debit air dan isyarat lampu .  Hasil akhir dari sistem ini diharapkan , petugas dapat memonitoring melalui website dan  jika terjadi masalah dengan jaringan pipa petugas  bisa mengetahui secara langsung lokasi terjadi kendala serta  cepat dalam penangan perbaiakan jaringan air.  Sehingga kerugian materil  kebocorana air dapat di minimalisir.

References

R. Hanifatuzzulfah, “Penggunaan aplikasi sistem informasi geografis dalam pemetaan tematik untuk memonitor kebocoran pipa PDAM,” 2016.

Z. M.Taufik, Rifki Z, “Rancangan Bangun Prototype Monitoring Aliran Air Pada Pipa Berbasis Android,” JARTEL, vol. 8, 2019.

Purnomo Alfan dan Puspitasari, “Studi Kehilangan Air Komersial (Studi kasus: PDAM Kota Kendari Cabang Pohara),” vol. 6, 2017.

B. N. Faried Effendy1, “Sistem Monitoring Online untuk Perusahaan Multi Cabang,” J. ProTekInfo, vol. 3, no. 1, pp. 55–59, 2016, [Online]. Available: http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/ProTekInfo/article/view/59.

R.Wrihatnolo, “Monitoring, evaluasi, dan pengendalian : Konsep dan Pembahasan,” J. Inform., vol. 2, 2017.

A. H. Noviyanto, “Aplikasi Sensor Tekanan Mpxm2053Gs Pada Alat Uji Tekanan Sphygmomanometer Berbasis Mikrokontroler Atmega328,” J. Otomasi Kontrol dan Instrumentasi, vol. 21, no. 1, pp. 87–94, 2017.

A. Suharjono, L. N. Rahayu, and R. Afwah, “Aplikasi Sensor Flow Water Untuk Mengukur Penggunaan Air Pelanggan Secara Digital Serta Pengiriman Data Secara Otomatis Pada PDAM Kota Semarang,” Tek. Elektro, Politek. negeri Semarang, vol. Vol.13, no. 1, pp. 7–12, 2015.

G. A. P. Zaman, “Perancangan Dan Implementasi Web Service Sebagai Media Pertukaran Data Pada Aplikasi Permainan,” J. Inform., vol. 11, no. 2, pp. 22–30, 2017, doi: 10.26555/jifo.v11i2.a6252

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles