Sistem Pengendalian Waktu Penyiraman Otomatis pada Tanaman Cabai Rawit Menggunakan Metode Fuzzy Logic

Authors

  • Edi Prihartono Universitas DR. Soeitomo
  • Dimas Pondra Oktafianto

DOI:

https://doi.org/10.33474/infotron.v4i1.21751

Keywords:

Cabai Rawit, Sensor Kelembapan Tanah, Sensor Suhu, Monitoring, Fuzzy Logic

Abstract

Cabai rawit merupakan salah satu komoditas sayuran yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Cara penyiraman saat ini dilakukan petani secara manual, hal ini pengukuran kelebaban tanah, suhu dan waktu oleh petani kurang tepat, sehingga jumlah air yang diberikan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tanaman cabai rawit.  Pada penelitian ini penulis membuat sistem pengendalian waktu penyiraman secara otomatis sebagai alat yang dapat membantu petani dalam melakukan penyiraman dan memonitoring kelembaban tanah serta suhu melalui website. Pada sistem ini menggunakan dua sensor yaitu sensor kelembaban tanah dan sensor suhu yang digunakan untuk mendeteksi kelembaban tanah dan suhu udara pada tanaman cabai rawit. System menggunakan metode fuzzy logic untuk memproses data kelembaban tanah dan suhu yang diperoleh, untuk menghasilkan durasi penyiraman yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Dari hasil pengujian perangkat dengan aplikasi matlab, selisih durasi penyiraman pada fase 1 adalah 0.12 detik sedangkan pada fase 2  adalah 0.06 detik. Dari pengujian tersebut baik fase 1 maupun  fase 2 mempunyai selisih di bawah 1 detik, sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat berjalan dengan baik. Sedangkan hasil pengujian selama 33 hari pada objek  tanaman cabai rawit  dengan 3 cara penyiraman. Untuk tanaman cabai rawit ke 1( T1) yang penyiramannya menggunakan Sistem , jumlah bunga bakal buah cabai  berjumlah 4 bunga,  sedangkan tanaman cabai rawit dengan penyiraman secara manual ( T2 dan T3) bunga  bakal buah belum muncul Sedangkan untuk tinggi dan jumlah daun lebih unggul pada tanaman ke 2 (T2) dan 3 (T3).

References

S. B. Irawan and T. Rismawan, "Sistem Pengontrolan Kelembaban Tanah Pada Media Tanam Cabai Rawit Menggunakan Mikrokontroler Atmega16 Dengan Metode PD (Proportional & Derivative)," Jurnal Coding, Sistem Komputer Untan, vol. III, pp. 45-56, 2015.

Z. Farhan, R. N. HT and M. Kromowartomo, "Pengaruh Pemberian Dosis Pupuk Organik Ampas Kelapa Terhadap Produksi Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescent L)," Jurnal Ilmiah Respati Pertanian, vol. XII, pp. 770-776, 2018.

V. E. Rubatzky and M. Yamaguchi, Sayuran dunia 3 prinsip, produksi, dan gizi, Bandung: ITB, 1998.

A. Sumeru, Hortikultura Aspek Budaya, Jakarta: Universitas Indonesia, 1995.

M. Hidayat, E. Prihartono, Budi santoso, "Automatic Room Temperature Regulator for Making Tempe Based on Arduino with Fuzzy Logic Method " Jurnal Inform , vol V no. 1, 2020

C. Khairunisa, D. Triyanto and I. Nirmala, "Implementasi Sistem Pengendalian Pemupukan Dan Penyiraman Tanaman Otomatis Berbasis Arduino Mega 2560 Dengan Antarmuka Website," Jurnal Coding, Rekayasa Sistem Komputer, vol. VI, pp. 87-96, 2018.

T. L. "Digital-output relative humidity & temperature sensor/module DHT22 (DHT22 also named as AM2302)," Aosong Electronics Co.,Ltd, [Online]. Available: https://www.sparkfun.com/datasheets/Sensors/Temperature/DHT22.pdf. [Accessed 14 September 2020].

C. P. Yahwe, I. and L. F. Aksara, "Rancang Bangun Prototype System Monitoring Kelembaban Tanah Melalui SMS Berdasarkan Hasil Penyiraman Tanaman "Studi Kasus Tanaman Cabai dan tomat”, semanTIK, vol. II, pp. 97-110, 2016.

Somantri, Cep Mamun “ Sistem Monitoring Pemeliharaan Tanaman Cabe Berbasis Intenet Of Thing (IOT) Menggunakan Mobile Apps “, Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, vol 2 no.4 , 2021

How to Electronics ” Esp32-ds3231-based-real-time-clock on Oled “ : /https://how2electronics.com/esp32-ds3231-based-real-time-clock/, [agustus 2022]

Downloads

Published

2024-05-31