Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Online di Kota Malang

Authors

  • Umi Kholiliyah University of Islam Malang
  • Sri Hindarti Universitas Islam Malang
  • Titis Surya Maha Rianti Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jase.v3i1.17026

Keywords:

Brand Equity, Sayur Online, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana pengaruh brand eqyuity  terhadap keputusan pembelian sayur online di Kota Malang. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang. Menggunakan pendekatan teknik asosiatif dengan analisa kuantitatif. Pengambilan sampel secara Nonprobability Sampling dengan metode Purpossive Sampling sebanyak 90 responden. Pada penelitian ini akan menggunakan data primer serta data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan regresi linier berganda dengan rumus skala likert, uji validitas dan uji realibilitas. Hasil penelitian menujukkan bahwa variabel brand equity yang mempengaruhi suatu keputusan pembelian adalah persepsi kualitas dan loyalitas merek, sedangkan variabel kesadaran merek dan asosiasi merek tidak mempengaruhi keputusan pembelian sayur online.

References

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Kesadaran Merek, Keragaman Produk, Dan Kualitas Produk Pengaruhnya Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Membeli Di Kentucky Fried

Chicken Manado. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(4), 103–111.

Dwiyanti, E., Qomariah, N., & Tyas, W. M. (2018). Pengaruh Persepsi Kualitas, Nama Merek Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 148-163

Herdiyana, simamora, P. (2010). Studi keputusan pembelian konsumen berdasarkan loyalitas merek. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi (JIMAFE), 2(1), 24–36.

Hindarti, Dyanasari. (2019). Manajemen Agribisnis Sebuah pengantar, SSRN.com

J. Louth, F. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek Pada Niat Untuk Menggunakankembali Jasa Universitas ( Penelitian Pada Program Sains Dan Doktor Feb Ugm ). Jurnal Maneksi. 5(1), 44–52.

Manuaba, I. B. S. (2015). Analisis Tingkat Brand Loyalty Konsumen Sepada Motor Merek Honda Di Pt. Tri Mitra Bali Motor Semabaung Gianyar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 5(1), 1–13.

Mulyadi, G. (2015). Pengaruh Merek Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Umkm. Jurnal Ekonologi, 2(1), 95–100.

Murhadi, T. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian LintasartaNet di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 49–55.

Nasib, & Bashira. (2019). Pengaruh Brand Awareness Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Matic. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(1), 34–42.

Nazaruddin, A, Putra, M. (2011). Analisa Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli Semen Pt. Semen Baturaja Pada Masyarakat Palembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 11(2), 37–39.

Nopisari, & , Musnaini, W. S. G. R. D. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Kopi Serampas. EKONAM: Jurnal Ekonomi, 03 (1), 1–11.

Pradipta, D., Hidayat, K., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Pembeli Dan Pengguna Kartu Perdana Simpati Telkomsel Di Lingkungan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2012 & 2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 34(1), 138–147.

Pratisia, D., & Nuswantara, B. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Sayur Dengan Media Online Di Nyayur.Id Kota Salatiga. Ziraa’Ah Majalah Ilmiah Pertanian, 46(3), 327.

Putri, V. D. A., & Suasana, I. G. A. K. G. (2017). Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Gerai Starbucks Coffee (Studi Pada Konsumen Domestik Starbucks Coffee Di Wilayah Bali). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 470.

Savitri, F., & Nuswantara, B. (2022). Kepuasan Konsumen Dalam Belanja Sayuran Secara Online Di Po. Ellfaz Fruits & Vegetables Di Kecamatan Bandungan. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(1), 145.

Setiyadi, N. J. 2019. Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Prenadamedia Grup. Jakarta

Sopiyan, P. (2021). Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Co Management, 3(2), 471–478.

Thomas, O. :, Lie, D., Purnomo, D., & Sari, D. K. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Keripik Pedas Maicih. Jurnal Cakrawala , 1693, 6248.

Downloads

Published

2022-08-22

How to Cite

Kholiliyah, U., Hindarti, S., & Rianti, T. S. M. (2022). Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Online di Kota Malang. Journal of Agricultural Socio-Economics (JASE), 3(1), 8–14. https://doi.org/10.33474/jase.v3i1.17026