Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Online di Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.33474/jase.v3i1.17026Keywords:
Brand Equity, Sayur Online, Keputusan Pembelian.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana pengaruh brand eqyuity  terhadap keputusan pembelian sayur online di Kota Malang. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang. Menggunakan pendekatan teknik asosiatif dengan analisa kuantitatif. Pengambilan sampel secara Nonprobability Sampling dengan metode Purpossive Sampling sebanyak 90 responden. Pada penelitian ini akan menggunakan data primer serta data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan regresi linier berganda dengan rumus skala likert, uji validitas dan uji realibilitas. Hasil penelitian menujukkan bahwa variabel brand equity yang mempengaruhi suatu keputusan pembelian adalah persepsi kualitas dan loyalitas merek, sedangkan variabel kesadaran merek dan asosiasi merek tidak mempengaruhi keputusan pembelian sayur online.
References
Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Kesadaran Merek, Keragaman Produk, Dan Kualitas Produk Pengaruhnya Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Membeli Di Kentucky Fried
Chicken Manado. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(4), 103–111.
Dwiyanti, E., Qomariah, N., & Tyas, W. M. (2018). Pengaruh Persepsi Kualitas, Nama Merek Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 148-163
Herdiyana, simamora, P. (2010). Studi keputusan pembelian konsumen berdasarkan loyalitas merek. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi (JIMAFE), 2(1), 24–36.
Hindarti, Dyanasari. (2019). Manajemen Agribisnis Sebuah pengantar, SSRN.com
J. Louth, F. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek Pada Niat Untuk Menggunakankembali Jasa Universitas ( Penelitian Pada Program Sains Dan Doktor Feb Ugm ). Jurnal Maneksi. 5(1), 44–52.
Manuaba, I. B. S. (2015). Analisis Tingkat Brand Loyalty Konsumen Sepada Motor Merek Honda Di Pt. Tri Mitra Bali Motor Semabaung Gianyar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 5(1), 1–13.
Mulyadi, G. (2015). Pengaruh Merek Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Umkm. Jurnal Ekonologi, 2(1), 95–100.
Murhadi, T. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian LintasartaNet di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 49–55.
Nasib, & Bashira. (2019). Pengaruh Brand Awareness Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Matic. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(1), 34–42.
Nazaruddin, A, Putra, M. (2011). Analisa Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli Semen Pt. Semen Baturaja Pada Masyarakat Palembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 11(2), 37–39.
Nopisari, & , Musnaini, W. S. G. R. D. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Kopi Serampas. EKONAM: Jurnal Ekonomi, 03 (1), 1–11.
Pradipta, D., Hidayat, K., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Pembeli Dan Pengguna Kartu Perdana Simpati Telkomsel Di Lingkungan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2012 & 2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 34(1), 138–147.
Pratisia, D., & Nuswantara, B. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Sayur Dengan Media Online Di Nyayur.Id Kota Salatiga. Ziraa’Ah Majalah Ilmiah Pertanian, 46(3), 327.
Putri, V. D. A., & Suasana, I. G. A. K. G. (2017). Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Gerai Starbucks Coffee (Studi Pada Konsumen Domestik Starbucks Coffee Di Wilayah Bali). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 470.
Savitri, F., & Nuswantara, B. (2022). Kepuasan Konsumen Dalam Belanja Sayuran Secara Online Di Po. Ellfaz Fruits & Vegetables Di Kecamatan Bandungan. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(1), 145.
Setiyadi, N. J. 2019. Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Prenadamedia Grup. Jakarta
Sopiyan, P. (2021). Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Co Management, 3(2), 471–478.
Thomas, O. :, Lie, D., Purnomo, D., & Sari, D. K. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Keripik Pedas Maicih. Jurnal Cakrawala , 1693, 6248.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JASE: Journal of Agricultural Socio-Economics with a registration number of ISSN xxxx-xxxx (printed) and xxxx-xxxx(online) published by the Department of Agribusiness, Faculty of Agriculture at the University of Islam Malang by applying for copyright and License.
Copyright:
- Copyright in each text is the property of the author.
- The author agrees that JASE has the right to the first license issued with a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License.
- The author can write the article separately through non-exclusive distribution with other versions related to the article that was first published in the JASE : Journal of Agricultural Socio-Economics.
Licence:
- Attribution: You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike: If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions: You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
You are accessible to:
- Share a copy and redistribute this material in any form or format.
- Change and make derivatives of this material for any purpose, including commercial interests.
- The licensor cannot revoke the above conditions as long as the authors comply with the terms of this license.
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.