Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Jamur Krispy Cak Wan Magetan

Authors

  • Widita Nareswari Universitas Doktor Nugroho Magetan
  • Angga Rendyantoni Puji Utomo Universitas Doktor Nugroho Magetan

DOI:

https://doi.org/10.33474/jase.v3i1.17703

Keywords:

Jamur Krispy Cak Wan Magetan, Importance Performance sss(IPA), Customer Statisfaction Index (CSI).

Abstract

Pentingnya industri tidak hanya berperan dalam penyediaan lapangan kerja, tetapi juga berperan dalam pemberdayaan ekonomi salah satunya pada usaha Jamur Krispy Cak Wan. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui tingkat kesesuaian antar tingkat kepentingan dan tingkat kinerja (2) tingkat kepentingan dan tingkat kinerja terhadap tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan data primer. Responden yang digunakan yaitu sebanyak 35 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Statisfaction Index (CSI). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat kesesuaian mendapat nilai tinggi pada variabel rasa sedangkan nilai terendah pada variabel tingkat kerenyahan. Sedangkan nilai kepuasan konsumen didapatkan nilai sebesar 62 persen hal ini diperlukannya perbaikan variabel ditingkat kinerja produk yang didapatkan dari hasil perhitungan nilai Importance Performance Analysis (IPA) untuk meningkatkan nilai CSI.

References

Arsyad, L., & Kusuma, S. E. (2014). Ekonomika Industri Pendekatan Struktur, Perilaku Dan Kinerja. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Azmiral. (2014). Strategi Pengolahan Krispi Jamur Di Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru (Studi Kasus Kemitraan Agro Intan Nusantara). Jurnal Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Riau. Volume 1. Nomor 2.

Badan Pusat Statistik. (2021). Perkembangan Industri. https://magetankab.bps.go.id/.

Hermanto, S. K. (2019). Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Makanan Tanpa Tanggal Kadaluarsa. Jurnal Surya Kencana Satu : Dinamika Masalah Hukum dan Keadilan. Vol. 10 Nomor 2 Oktober 2019.

Wibowo, Yuli, B. H. Purnomo, U. N. Aida. (2019). Analisis Kualitas Jamur Krispy Berbasis Kepuasan Konsumen (Studi Kasus: IKM Berkah Cinta Trenggalek). Agrointek Volume 13 No 2 Agustus 2019: 91-99.

Tjiptono, F dan A. Diana. (2001). Total Quality Management. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pangsa. Rineka Cipta. Jakarta.

Fatria, M. A. (2017). Strategi Pengembangan Industri Rumahtangga di Kota Pekan Baru (Studi Kasus Usaha Jamur Crispy Industri Pengolahan Jamur Tiram). Jurnal JOM Fekom, Vol. 4 No. 1. Pekan Baru.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (UsAha Mikro Kecil dan Menengah ) di Indonesia. Jurnal Cano Ekonomos, vol.6, no.1, 2017, pp.51-58.

Sugiarti, Y., Sari, Y, dan Hidayat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Sambal Di Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kumawula Vol 3, No. 2.

Imam Ghozali. (2002). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Kotler, Philip. (2003). Marketing Management. 11st edition. Prentice Hall, New Jersey.

Winardi. (1992). Aspek-aspek Manajemen Pemasaran. Bandar Maju. Bandung

Maimunah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen. Jurnal IQTISHADequity. Vol. 1, No. 2.

Chaniago, H. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga pada Loyalitas Konsumen Nano Store. International Journal Administration, Business and Organization, 2020, Vol. 1 (2), 2020: 59-69.

Assauri, S. 1978. Managemen Produksi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Hair, Ir. Joseph, E, Ronald. And L. William. C. (1998). Multivariate Data Analysis. Pretice- Hall. New Jersey.

Putra, A. C., Calvin K., Giovanni, P. H., Helen, A. W., Jennifer, A., Vincent, Y., Evan, E. S. (2020). Analisis Faktor dan Penerapan Metode Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah : Usaha Camilan Olahan Jamur. Jurnal Pengabdian Maysrakat Vol 2. No. 2.

Putra, S. (2017). Analisis Industri Pangan Sub Sektor Industri Makanan Ringan Kue Bangkit dan Bolu. (dengan Menggunakan Strukture Conduct Performance/SCP). JOM Fekon, Vol.4 No.1 (Februari) 2017.

Pratiwi, S. H. dan Santoso, B. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan di Viva Beauty Center Dengan Metode Customer Satisatisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Juminten: Jurnal Manajemen Industri dan TeknologiVol. 01, No. 06, Tahun 2020, Hal 145-156.

Christianto, K & Harjanti, D. (2020). Pengaruh Product Knowledge Terhadap Purchase Decision dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening pada Produk Tepung Bumbu Krispi Merek Si Buyung. AGORA Vol. 8, No. 2 (2020).

Hamsiah, A. dan Asdar. (2020). Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Proses Pembaruan Olah Jamurdi Kel.Urahan Bitowa kecamatan Manggala, Makassar sulawesi Selatan. Jurnal Ecosystem Volume 19 Nomor 3, September - Desember 2019.

Fadillah, H., Aulia F. H., R. P. Sari. (2020). Analisis Kepuasan Pelanggan Abc Laundry dengan Menggunakan Metode Service Quality, Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, Vol. 15, No. 1, Januari 2020.

Downloads

Additional Files

Published

2022-08-22

How to Cite

Nareswari, W., & Utomo, A. R. P. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Jamur Krispy Cak Wan Magetan. Journal of Agricultural Socio-Economics (JASE), 3(1), 23–29. https://doi.org/10.33474/jase.v3i1.17703