PENGARUH VARIASI PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA AGROWISATA BELIMBING KARANGSARI, KOTA BLITAR
DOI:
https://doi.org/10.33474/jase.v3i2.18971Abstract
Permasalahan yang terjadi pada Agrowisata Belimbing Karangsari saat ini adalah jumlah pendapatan mengalami penurunan akibat adanya pembatasan jumlah pengunjung pasca pandemi covid 19. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh variasi produk (jenis produk, rasa produk, kualitas produk, ketersediaan produk, dan desain produk) dan kualitas pelayanan (keandalan, ketanggapan, empati, jaminan dan bukti fisik) terhadap minat beli konsumen. Responden yang menjadi sampel adalah konsumen yang membeli produk langsung di outlet. Berdasarkan kriteria tersebut dapat diambil sebagai sampel berjumlah 45 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variasi produk meliputi jenis, rasa, kualitas, ketersediaan, dan desain produk pada produk olahan yang dimiliki Agrowisata Belimbing Karangsari sudah dengan baik dalam berinovasi untuk mengolah buah belimbing menjadi berbagai macam varian produk mulai dari makanan ringan atau cemilan sampai minuman sari buah. Dari hasil tersebut didukung dari presentase penilaian konsumen mengenai produk olahan belimbing terhadap variasi produk yang memberikan nilai dengan kategori tidak setuju sebesar 5%, kategori netral sebesar 39,72%, kategori setuju sebesar 47,22%, dan kategori sangat setuju sebesar 8,06%. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan seperti keandalan, ketanggapan, empati, jaminan, dan bukti fisik sudah direalisasikan sesuai dengan SOP yang berlaku. Hal ini ditunjukkan dari hasil penilaian konsumen dengan kategori tidak setuju 0,64%, kategori netral 42,54%, kategori setuju 49,84%, dan kategori sangat setuju 6,98%. Semua hubungan antar variasi produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Novia Putri Dewi, Bambang Siswadi, Dwi Susilowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JASE: Journal of Agricultural Socio-Economics with a registration number of ISSN xxxx-xxxx (printed) and xxxx-xxxx(online) published by the Department of Agribusiness, Faculty of Agriculture at the University of Islam Malang by applying for copyright and License.
Copyright:
- Copyright in each text is the property of the author.
- The author agrees that JASE has the right to the first license issued with a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License.
- The author can write the article separately through non-exclusive distribution with other versions related to the article that was first published in the JASE : Journal of Agricultural Socio-Economics.
Licence:
- Attribution: You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike: If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions: You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
You are accessible to:
- Share a copy and redistribute this material in any form or format.
- Change and make derivatives of this material for any purpose, including commercial interests.
- The licensor cannot revoke the above conditions as long as the authors comply with the terms of this license.
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.