FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI MASYARAKAT MENGONSUMSI SUSU SELAMA WABAH PMK

Authors

  • Vicy Wahyu Putra Universitas Islam Malang
  • Titis Surya Maha Rianti Universitas Islam Malang
  • Dwi Susilowati Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jase.v4i2.19976

Abstract

Keanekaragaman konsumen dalam memenuhi kebutuhan seharihari dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor yang berasal dari diri konsumen maupun dari luar konsumen. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap pembelian susu sebagai upaya pemenuhan gizi selama terjadi wabah PMK. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi logistik. Hasil yang diperoleh pada dari penelitian ini yaitu Faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi masyarakat dalam mengkonsumsi susu selama terjadi wabah PMK adalah variabel rasa (X6), kualitas (X7), kebutuhan (X8), dan harga (X11). Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh secara signifikan adalah variabel pendapatan (X1), gaya hidup (X2), kelas sosial (X3), persepsi (X4), motivasi (X5), pengalaman (X9), manfaat (X10). Penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi atau wawasan terhadap produsen susu untuk penerapan strategi pemasaran pada saat terjadi wabah-wabah lain kedepannya. Sehingga produsen akan siap untuk menghadapi hal tersebut.

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Putra, V. W., Rianti, T. S. M., & Susilowati, D. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI MASYARAKAT MENGONSUMSI SUSU SELAMA WABAH PMK. Journal of Agricultural Socio-Economics (JASE), 4(2). https://doi.org/10.33474/jase.v4i2.19976