FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI MASYARAKAT MENGONSUMSI SUSU SELAMA WABAH PMK
DOI:
https://doi.org/10.33474/jase.v4i2.19976Abstract
Keanekaragaman konsumen dalam memenuhi kebutuhan seharihari dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor yang berasal dari diri konsumen maupun dari luar konsumen. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap pembelian susu sebagai upaya pemenuhan gizi selama terjadi wabah PMK. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi logistik. Hasil yang diperoleh pada dari penelitian ini yaitu Faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi masyarakat dalam mengkonsumsi susu selama terjadi wabah PMK adalah variabel rasa (X6), kualitas (X7), kebutuhan (X8), dan harga (X11). Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh secara signifikan adalah variabel pendapatan (X1), gaya hidup (X2), kelas sosial (X3), persepsi (X4), motivasi (X5), pengalaman (X9), manfaat (X10). Penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi atau wawasan terhadap produsen susu untuk penerapan strategi pemasaran pada saat terjadi wabah-wabah lain kedepannya. Sehingga produsen akan siap untuk menghadapi hal tersebut.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Vicy Wahyu Putra, Titis Surya Maha Rianti, Dwi Susilowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JASE: Journal of Agricultural Socio-Economics with a registration number of ISSN xxxx-xxxx (printed) and xxxx-xxxx(online) published by the Department of Agribusiness, Faculty of Agriculture at the University of Islam Malang by applying for copyright and License.
Copyright:
- Copyright in each text is the property of the author.
- The author agrees that JASE has the right to the first license issued with a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License.
- The author can write the article separately through non-exclusive distribution with other versions related to the article that was first published in the JASE : Journal of Agricultural Socio-Economics.
Licence:
- Attribution: You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike: If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions: You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
You are accessible to:
- Share a copy and redistribute this material in any form or format.
- Change and make derivatives of this material for any purpose, including commercial interests.
- The licensor cannot revoke the above conditions as long as the authors comply with the terms of this license.
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.