ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) SEBAGAI UPAYA PENGUATAN USAHA MINUMAN SARI MAWAR MERAH
DOI:
https://doi.org/10.33474/jase.v4i2.21003Abstract
UMKM merupakan sektor yang dapat dijadikan sebagai penggerak perekonomian pada suatu daerah dan menjadi salah satu penyumbang PDB terbesar di Indonesia. Salah satu komoditi yang dapat dikembangkan yaitu bunga mawar yang diolah menjadi sari mawar. Pemakaian model bisnis pada pengembangan usaha sari mawar dirasa penting agar proses bisnis dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu model bisnis yang bisa dikembangkan yaitu model BMC dimana model ini dirasa dapat menyederhanakan model bisnis yang rumit sehingga tercipta model usaha baru yang lebih tepat sasaran. Jenis penelitian ini merupakan peneitian deskriptif. Hasil analisis BMC pada usaha minuman Sari Mawar Merah yaitu: Consumen Segmentations, meliputi laki-laki, perempuan, usia remaja hingga lansia yang berasal dari berbagai suku dan daerah serta masyarakat yang sadar terhadap gaya hidup sehat; Value Propositions, antara lain kebaharuan penggunaan bahan baku, tidak menggunakan bahan pengawet buatan, pembuatan produk sesuai dengan permintaan konsumen, kemasan produk dengan botol praktis dan bisa dibawa kemana saja, harga yang lebih murah dari produk pesaing, produk dapat dibeli di toko-toko terdekat dan manfaat produk sebagai anti bakteria; Channels, melalui facebook, instagram, tiktok, aplikasi pesan antar gojek dan grab serta brosur yang dibagikan pada saat mengikuti kegiatan bazar; Costumer Relationships, dengan memberikan discount, bonus pembelian dan harga khusus untuk reseller; Revenue Streams, dengan sistem reseller yang dapat meningkatkan omset penjualan dan menjadi narasumber inspiratif; Key resources, ketersediaan bahan baku, sumberdaya modal yang berasal dari tabungan, perputaran kas dan karyawan kompeten; Key Acivities, meliputi ketersediaan bahan baku, higienitas pengolahan bahan baku, pengemasan produk dan penyimpanan produk serta pemasaran tepat sasaran; Key Partnerships, meliputi pemasok bahan baku dan kemasan serta reseller; Cost Structure, antara lain biaya produksi, biaya tenaga kerja dan biaya overhead.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aditya Nizar Al Ardi, Aulia Nadhirah, Dinu Saadillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JASE: Journal of Agricultural Socio-Economics with a registration number of ISSN xxxx-xxxx (printed) and xxxx-xxxx(online) published by the Department of Agribusiness, Faculty of Agriculture at the University of Islam Malang by applying for copyright and License.
Copyright:
- Copyright in each text is the property of the author.
- The author agrees that JASE has the right to the first license issued with a Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License.
- The author can write the article separately through non-exclusive distribution with other versions related to the article that was first published in the JASE : Journal of Agricultural Socio-Economics.
Licence:
- Attribution: You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike: If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions: You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
You are accessible to:
- Share a copy and redistribute this material in any form or format.
- Change and make derivatives of this material for any purpose, including commercial interests.
- The licensor cannot revoke the above conditions as long as the authors comply with the terms of this license.
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.