ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) SEBAGAI UPAYA PENGUATAN USAHA MINUMAN SARI MAWAR MERAH

Authors

  • Aditya Nizar Al Ardi Politeknik Negeri Jember
  • Aulia Nadhirah Politeknik Negeri Jember
  • Dinu Saadillah Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.33474/jase.v4i2.21003

Abstract

UMKM merupakan sektor yang dapat dijadikan sebagai penggerak perekonomian pada suatu daerah dan menjadi salah satu penyumbang PDB terbesar di Indonesia. Salah satu komoditi yang dapat dikembangkan yaitu bunga mawar yang diolah menjadi sari mawar. Pemakaian model bisnis pada pengembangan usaha sari mawar dirasa penting agar proses bisnis dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu model bisnis yang bisa dikembangkan yaitu model BMC dimana model ini dirasa dapat menyederhanakan model bisnis yang rumit sehingga tercipta model usaha baru yang lebih tepat sasaran. Jenis penelitian ini merupakan peneitian deskriptif. Hasil analisis BMC pada usaha minuman Sari Mawar Merah yaitu: Consumen Segmentations, meliputi laki-laki, perempuan, usia remaja hingga lansia yang berasal dari berbagai suku dan daerah serta masyarakat yang sadar terhadap gaya hidup sehat; Value Propositions, antara lain kebaharuan penggunaan bahan baku, tidak menggunakan bahan pengawet buatan, pembuatan produk sesuai dengan permintaan konsumen, kemasan produk dengan botol praktis dan bisa dibawa kemana saja, harga yang lebih murah dari produk pesaing, produk dapat dibeli di toko-toko terdekat dan manfaat produk sebagai anti bakteria; Channels, melalui facebook, instagram, tiktok, aplikasi pesan antar gojek dan grab serta brosur yang dibagikan pada saat mengikuti kegiatan bazar; Costumer Relationships, dengan memberikan discount, bonus pembelian dan harga khusus untuk reseller; Revenue Streams, dengan sistem reseller yang dapat meningkatkan omset penjualan dan menjadi narasumber inspiratif; Key resources, ketersediaan bahan baku, sumberdaya modal yang berasal dari tabungan, perputaran kas dan karyawan kompeten; Key Acivities, meliputi ketersediaan bahan baku, higienitas pengolahan bahan baku, pengemasan produk dan penyimpanan produk serta pemasaran tepat sasaran; Key Partnerships, meliputi pemasok bahan baku dan kemasan serta reseller; Cost Structure, antara lain biaya produksi, biaya tenaga kerja dan biaya overhead.

Downloads

Published

2024-01-04

How to Cite

Ardi, A. N. A., Aulia Nadhirah, & Dinu Saadillah. (2024). ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) SEBAGAI UPAYA PENGUATAN USAHA MINUMAN SARI MAWAR MERAH. Journal of Agricultural Socio-Economics (JASE), 4(2). https://doi.org/10.33474/jase.v4i2.21003