Pemanfaatan Sosial Media sebagai Media Pemasaran Online Produk Batu Batako
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i2.10464Keywords:
sosial media, edukasi UMKM, pemasaran onlineAbstract
Media sosial memang sangat diminati UMKM untuk mengembangan bisnisnya. Media sosial mempunyai pengaruh yang sangat besar, masyarakat lebih cepat menerima informasi lewat internet. Dengan akses yang mudah dan cepat hal ini dimanfaatkan oleh para pengusaha kecil UMKM untuk lebih berani mempromosikan produk produknya karena jaringan internet sangat luas dan tidak ada batasan waktu dan wilayah hingga menjadikan media pemasaran yang efektif. Kegiatan ini untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial pemasaran produk UMKM di dusun munduk. Adapun tujuan program ini adalah untuk mengenalkan produk produk UMKM kepada masyarakat luas agar mendapat potensi pasar yang lebih besar. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pemasaran. Setelah survey Kelompok KSM Tematik 40 diajak Pak hlipur Untuk melihat langsung proses pemasaran produk dan dikenalkan dengan bu fitri selaku pemilik UMKM. Tahap selanjutnya Kelompok KSM Tematik 40 membantu memasarkan produk serta memberikan inovasi mengenalakan marketples. Sebelumnya pelaku usaha Umkm ini hanya menjual pasir, dan Kelompok KSM Tematik-40 memberikan masukan untuk memproduksi beberapa produk batako dan paping.
References
Aryo, W. B. (2020, April 29). Membangun SDM Indonesia Membangun Sinergitas. Kemenko PMK. https://www.kemenkopmk.go.id/membangun-sdm-indonesia-membangun-sinergitas
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140–157. http://www.jurnal-unita.org/index.php/publiciana/article/download/79/73
Elvina. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 2(1), 106–118. https://doi.org/10.36987/ecobi.v2i1.722
Febrian, A., Lina, L. F., Safitri, V. A. D., & Mulyanto, A. (2021). Pemasaran digital dengan memanfaatkan landing page pada perusahaan start-up. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3). https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.10103
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Ekonomika, 12(2), 212–231. https://doi.org/10.35448/jte.v12i2.4456
Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM). AMIK Cipta Darma Surakarta, 1(1), 30–39. http://journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekacida/article/view/19/11
Safi, I., Candra, A. I., Widodo, S. R., Santoso, A., Heryanto, B., Winarti, E., & Rahmadi, A. N. (2021). Pembuatan masker dan bilik disinfektan sebagai upaya membantu masyarakat terdampak covid-19. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 36–45. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.7524
Sari, W. E., Yulianto, Junirianto, E., Franz, A., Karim, S., & Khamidah, I. M. (2021). Video branding untuk promosi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 10–18. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.7174
Situmorang, A. P. (2020). Sri Mulyani: Corona Beri 3 Dampak Besar ke Ekonomi Indonesia. Liputan6.Com.
Suryani, E. (2020). Analisis Dampak Covid-19 terhadap UMKM (Studi Kasus : Home Industri Klepon di Kota Baru Driyorejo). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1591–1596. https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.272