Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an Anak
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i2.10652Keywords:
taman pendidikan, baca tulis, qur’anAbstract
Dusun Tomporejo yaitu sebuah dusun yang terletak di Desa Dengkol, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang merupakan sebuah daerah dimana sebagian besar mata pencahariannya yaitu sebagai petani dan peternak terutama sapi. Dusun ini memanglah memiliki potensi sumber daya alam yang besar. Akan tetapi, pada sumber daya manusianya masih ditemukan banyak sekali anak-anak yang masih kesusahan dalam memahami ilmu mengenai baca tulis Al-Qur’an karena orang tua disibukkan dengan mata pencahariannya dari pagi hingga malam sehingga kurang memantau perkembangan sang anak serta pandangan sebagian besar orang tua di Dusun Tomporejo bahwa mengaji adalah prioritas kesekian. Maka dari tu, TPQ memiliki peran yang sangat besar untuk mengajak anak-anak mengerti dan memahami pentingnya pendidikan baca Tulis Al-Qur’an. TPQ merupakan sebuah lembaga pendidikan non formal yang membelajarkan peserta didiknya di bidang keagamaan seperti baca tulis Al-Qur’an, ilmu fiqih dan lain sebagainya. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui : (1) Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di TPQ Raudlatul Abror Dusun Tomporejo, Desa Dengkol, Kecamatan Singosari, (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Proses Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di TPQ Raudlatul Abror Dusun Tomporejo, Desa Dengkol, Kecamatan Singosari. Metode yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitiannya yaitu dengan menggunakan metode Participatory Active Research (PAR) dimana sumber data yang digunakan yaitu obsercasi dan dokumentasi.References
Arifin, Z., & Tamrin, T. (2019). Peningkatan Kompetensi Microcontroller Siswa SMK. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(1), 49–53. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i1.1772
Aristanto, E., Hidayatullah, S., Rachmawati, I. K., Waris, A., & Khalikussabir. (2020). Peningkatan Fasilitas Bagi Tahfizh Anak Usia Dini “Kuttab Rumah Quran†Menuju Persaingan Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 78–86. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.4763
Gagne, R. M. (1977). Conditions of Learning (3rd Editio). Thomson Learning.
Malik, H. A. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) ALhusna Pasadena Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 13(2), 387–404. https://doi.org/10.21580/dms.2013.132.60
Muntoha, Jamroni, Khoiruzaad, M., Prasetyo, H., Wijaya, M. A., Jabbar, A. A., U., R. U., A.W., D. A., P, D. I., & Tantria, H. (2015). Pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di Dusun Sangbanyu 1, Kecamatan Giri Subo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(3), 200–205.
Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161–164. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588
Suyitno. (2018). Peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Pendidikan Karakter. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, xx(xx), 9–16. https://doi.org/10.31603/edukasi.v0i0.2352
Zakaria, Z., Setyosari, P., Sulton, & Kuswandi, D. (2019). The effect of art-based learning to improve teaching effectiveness in pre-service teachers. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 531–545. https://doi.org/10.17478/jegys.606963