Pengembangan Inovasi Produk dan Penggunaan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Penjualan UMKM Makanan

Authors

  • Dewi Diah Fakhriyyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Yuni Susanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
  • Siela Saadatul Laili Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.13198

Keywords:

makanan, UMKM, pandemi Covid-19, digital marketing

Abstract

Di akhir tahun 2019, Dunia digemparkan dengan adanya Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Hingga saat ini Covid-19 telah menjadi masalah dunia internasional dan memberikan implikasi terhadap ekonomi, sosial, dan politik hampir diseluruh negara, termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 juga dirasakan sektor UMKM. Salah satu UMKM yang terkena dampak pandemi adalah UMKM penjual makanan di Desa Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Malang yang selama pandemi mengalami penurunan penjualan dan pendapatan. Untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan, kami membantu dengan memberikan sosialisasi, edukasi dan pendampingan pengembangan inovasi produk dan pemanfaatan media digital untuk pemasaran produk. Pada tahap pertama kami melakukan sosialisasi yang bertujuan untuk mengembangkan area pemasaran dengan mengenalkan digital marketing kepada pemilik UMKM supaya digital marketing tersebut dapat digunakan sebagai sarana untuk memasarkan produk yang lebih luas jangkauannya sehingga diharapkan bisa mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. Pada tahapan yang terakhir kami juga mengedukasi tentang pentingnya menciptakan inovasi produk kreatif agar UMKM tersebut memiliki ciri khas yang dapat dengan mudah dikenal konsumen sehingga dapat menarik minat konsumen. Tahap terakhir kami melakukan pendampingan inovasi produk baik dari segi isi produk, nama produk, kemasan, dan logo usaha.  Diharapkan dengan adanya kegiatan  ini dapat membantu UMKM tersebut agar bisa meningkatkan pendapatannya dan bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19.

References

Afriyani, Y., & Muhajirin. (2021). Pengaruh Inovasi dan Kreativitas Terhadap Kepuasan Konsumen pada UKM Dina Kelurahan Ntobo. Target : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 79–90. https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/target/article/view/1175

Alkachvi, M. D. (2018). Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Produk terhadap Keberhasilan Usaha (survey pada Pengusaha Sentra Sangkar Burung Sukohaji Bandung). Universitas Komputer Indonesia.

Azzahra, B., & Wibawa, I. G. A. R. P. (2021). Strategi Optimalisasi Standar Kinerja UMKM sebagai Katalis Perekonomian Indonesia dalam Menghadapi Middle Income TRAP 2045. INSPIRE Journal Economic and Development Analysis, 1(1), 75–86. https://ejournal.uksw.edu/inspire/article/view/4856

Balitbang Kabupaten Bulelelng. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap UMKM di Buleleng. https://balitbang.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/76-dampak-pandemi-covid-19-terhadap-umkm-di-buleleng

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing (6th ed.). Pearson Education Limited.

Fakhriyyah, D. D., Wulandari, Y., & Kharisma, C. (2020). Sosialisasi digital marketing dan inovasi produk pada ukm gula merah guna mempertahankan ekonomi di masa pandemi covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(4), 311–317. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i4.8691

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39

Merina, N. (2019). Pengertian UKM & UMKM? Bagaimana Menjadi Usaha Kecil Menengah di Indonesia. GOukm.Id. https://goukm.id/apa-itu-ukm-umkm-startup/

Prihatiningtias, Y. W., Prabandari, S. P., Cahaya, D. N., Kusumadewi, A. W., Anggraeni, O. L., Nisa, K., Rizkiyah, A., & Arasy, F. H. (2021). Peningkatan pengetahuan aspek perpajakan dan kualitas pengelolaan produk pada kelompok UMKM. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 78–89. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.8674

Sembiring, K. (2021). Pakar Kewirausahaan Ini Beberkan Manfaat Belajar Digital Marketing dalam Bisnis. SindoNews.Com. https://edukasi.sindonews.com/read/437216/211/pakar-kewirausahaan-ini-beberkan-manfaat-belajar-digital-marketing-dalam-bisnis-1621937107

Sendari, A. A. (2021). Perpanjangan PPKM Ancam Pelaku UMKM, Ini Kata Ahli. Liputan 6. https://hot.liputan6.com/read/4623088/perpanjangan-ppkm-ancam-pelaku-umkm-ini-kata-ahli

Downloads

Published

2022-03-07

How to Cite

Fakhriyyah, D. D., Susanti, Y., & Laili, S. S. (2022). Pengembangan Inovasi Produk dan Penggunaan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Penjualan UMKM Makanan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(1), 9–16. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.13198