Re-branding Produk Unggulan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.16173Keywords:
branding produk, komunikasi pemasaran, usaha mikro kecil dan menengahAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. Pelaku UMKM terkendala pada pemasaran prosuk, belum memahami manfaat dari branding, minim ilmu tentang branding, belum memilki karakter intrepreneuer yang positif dan yang tidak kalah penting adalah pendampingan mengenai teknis strategi branding bagi para pelaku UMKM. Dalam komunikasi pemasaran, salah satu fungsi branding adalah sebagai salah satu sarana untuk menanamkan citra positif dibenak konsumen, sehingga perlu dipahami oleh pelaku UMKM, karena branding produk merupakan salah satu poin penting agar produk UMKM akan senantiasa diingat oleh masyarakat atau konsumen dalam jangka waktu yang lama. Re-branding ini diharapkan mampu meningkatkan nilai jual dari produk UMKM.References
Febriani, N. S., & Dewi, W. W. A. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. UB Press.
Ilsan, M., Salim, M., & Husain, T. K. (2020). Pelatihan teknik menyusun laporan keuangan untuk umkm agribisnis. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 102–110. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.5993
Isnaini, S. (2009). Implementasi komunikasi pemasaran terpadu sebagai penyampai pesan promosi usaha kecil menengah (ukm) di indonesia. Jurnal Masyarakat Kebudayaan Dan Politik, 22(4), 324–332.
Kotler, P., & Keller, L. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua Belas. PT. Indeks.
Kusno, F., Radityani, A., & Kristanti, M. (2007). Analisa hubungan brand strategy yang dilakukan Goota Japanese Charcoal Grill and Cafe dan brand equity yang sudah diterima konsumen. Jurnal Manajemen Perhotelan, 3(1), 43–55. https://doi.org/10.9744/jmp.3.1.43-56
Tjahyono, N. (2014). Strategi Marketing Communications Grand City Mall Surabaya Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Event Earth Hour 2013. Jurnal E-Komunikasi, 2(1), 1–10. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/1746
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian. ANDI Yogyakarta.