Penerapan Program "Learn And Play" untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i3.19257Keywords:
learn, play, semangat belajar, siswa sekolah dasar, masa pandemiAbstract
Masa pandemi covid-19 ini mengakibatkan berubahnya tataran dari berbagai bidang dalam kehidupan, seperti pendidikan, kesehatan, agama, ekonomi, sosial dan budaya. Pemerintah terus berupaya agar pendidikan dapat terus berlangsung meskipun wabah COVID-19 terus mengalami peningkatan kasus. Vaksinasi merupakan salah satu kebiajkan pemerintah yang telah dilakssiswaan namun belum diketahui juga efektivitas dalam pencegahan transmisi virus tersebut. Metode yang digunakan adalah metode partisipatif dimana melibatkan mahasiswa KSM-Tematik kelompok 25 dan beberapa siswa sekolah dasar di Desa Sumberejo. Program kegiatannya adalah learn and play untuk meningkatkan semangat belajar siswa sekolah dasar pada masa pandemi di Desa Sumberejo. Kegiatan tersebut dilakukan dengan beberapa tahap, antara lain: 1) Sosialisasi kegiatan learn and play; 2) Proses kegiatan pembelajaran (learn); 3) Proses kegiatan bermain (play). Kegiatan tersebut bertujuan agar siswa sekolah dasar di Desa Sumberejo lebih bersemangat melakssiswaan pembelajaran daring ketika di rumah.
References
Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 515–522. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.458
Hakim, M. F. Al. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 1(1), 23–32. http://jurnal.unsyiah.ac.id/riwayat/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khoirul Muttaqin, Iza Ferdina Aprilia, Alifia Sabila Firdaus, Amalia Nuriski Salsabillah, Siti Aisiyah, Lutfia Khummayroh, Ahmad Wildanun Najin Ed-Dally, Ahmad Miftahul Iqbal Rahmatulloh, Lana Farhan Alafy Zulmin, Della violita Beauty Fani, Qurrotu Ainayya, Ahmad Fawaid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.