Penerapan Program "Learn And Play" untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi

Authors

  • Khoirul Muttaqin Universitas Islam Malang
  • Iza Ferdina Aprilia Universitas Islam Malang
  • Alifia Sabila Firdaus Universitas Islam Malang
  • Amalia Nuriski Salsabillah Universitas Islam Malang
  • Siti Aisiyah Universitas Islam Malang
  • Lutfia Khummayroh Universitas Islam Malang
  • Ahmad Wildanun Najin Ed-Dally Universitas Islam Malang
  • Ahmad Miftahul Iqbal Rahmatulloh Universitas Islam Malang
  • Lana Farhan Alafy Zulmin Universitas Islam Malang
  • Della violita Beauty Fani Universitas Islam Malang
  • Qurrotu Ainayya Universitas Islam Malang
  • Ahmad Fawaid Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i3.19257

Keywords:

learn, play, semangat belajar, siswa sekolah dasar, masa pandemi

Abstract

Masa pandemi covid-19 ini mengakibatkan berubahnya tataran dari berbagai bidang dalam kehidupan, seperti pendidikan, kesehatan, agama, ekonomi, sosial dan budaya. Pemerintah terus berupaya agar pendidikan dapat terus berlangsung meskipun wabah COVID-19 terus mengalami peningkatan kasus. Vaksinasi merupakan salah satu kebiajkan pemerintah yang telah dilakssiswaan namun belum diketahui juga efektivitas dalam pencegahan transmisi virus tersebut. Metode yang digunakan adalah metode partisipatif dimana melibatkan mahasiswa KSM-Tematik kelompok 25 dan beberapa siswa sekolah dasar di Desa Sumberejo. Program kegiatannya adalah learn and play untuk meningkatkan semangat belajar siswa sekolah dasar pada masa pandemi di Desa Sumberejo. Kegiatan tersebut dilakukan dengan beberapa tahap, antara lain: 1) Sosialisasi kegiatan learn and play; 2) Proses kegiatan pembelajaran (learn); 3) Proses kegiatan bermain (play). Kegiatan tersebut bertujuan agar siswa sekolah dasar di Desa Sumberejo lebih bersemangat melakssiswaan pembelajaran daring ketika di rumah.

References

Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 515–522. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.458

Hakim, M. F. Al. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 1(1), 23–32. http://jurnal.unsyiah.ac.id/riwayat/

Downloads

Published

2023-02-07

How to Cite

Muttaqin, K., Aprilia, I. F., Firdaus, A. S., Salsabillah, A. N., Aisiyah, S., Khummayroh, L., Ed-Dally, A. W. N., Rahmatulloh, A. M. I., Zulmin, L. F. A., Fani, D. violita B., Ainayya, Q., & Fawaid, A. (2023). Penerapan Program "Learn And Play" untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(3), 229–232. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i3.19257