Pendampingan Siswa dalam Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Nur Hasan Universitas Islam Malang
  • Muhammad Ashrorul Maulana Universitas Islam Malang
  • Muhammad Ala'udin Muhtarom Universitas Islam Malang
  • Ahmad Miftahul Khoir Universitas Islam Malang
  • Fahrish Minna Al Hikam Universitas Islam Malang
  • Anbiya Kurnianingtyas Universitas Islam Malang
  • Shela Dwi Ananda Universitas Islam Malang
  • Wafiq Roikha Fauzil Adhim Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i3.19466

Keywords:

strategi, pengolaan kelas, prestasi belajar

Abstract

Pengolaan kelas yang baik dan efektif merupakan syarat utama untuk menciptakan proses belajar mengajar yang baik sesuai tujuan pendidikan yang diharapkan. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SD Negeri Desa Wonoayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang, Tujuan pengabdian ini adalah untuk membimbing siswa dalam kegiatan belajar mengajar dikelas untuk meningkatkan prestasi siswa. Metode pengabdian ini menggunakan participatory action research (PAR), di mana siswa diberikan penjelasan, melakukan praktikum, dan berdiskusi secara langsung digunakan dalam pengabdian masyarakat ini.    Hasil pengabdian ini adalah pertama, Meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas 3,4, dan 5 SD Negeri Wonoayu dengan implementasi strategi pengelolaan kelas yang inovatif dan adaftif. Kedua, setelah dilakukan strategi pengelolaan kelas prestasi siswa kelas 3,4 dan 5 SD Negeri Wonoayu meningkat secara signifikan. Ketiga, antusias siswa kelas 3,4 dan 5 SD Negeri Wonoayudalam mengikuti kegiatan ini cukup besar sehingga mereka menginginkan untuk di lakukan kegiatan di lain waktu secara terprogram.

References

Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247–264. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82

Chan, F., Kurniawan, A. R., Nurmaliza, Herawati, N., Efendi, R. N., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439–446. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21749

Erica, D. (2016). Hubungan dan Pengaruh Bimbigan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada SMA Kafah Unggul Tangerang. Cakrawala : Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 16(1), 1–13. https://doi.org/10.31294/jc.v16i1.1278

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 88–105. file:///C:/Users/User/Downloads/alifiantadbir,+Journal+manager,+7.+Alfian+Erwinsyah.pdf

Faruqi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pengelolaan Kelas. Evaluasi, 2(1), 294–310. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.80

Nurhidayah, D. A. (2016). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Smp. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 13–24. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i2.83

Oci, M. (2019). Manajemen Kelas. Jurnal Teruna Bhakti, 1(1), 49–58. https://doi.org/10.47131/jtb.v1i1.12

Pujiharti, E. S. (2019). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Efektif di Lembaga Pendidikan Islam. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 54–76. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3783

Puspitasari, N. A., & Hidayatullah, S. (2020). Peningkatan wawasan penerapan model pembelajaran berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) bagi guru MTs dan MA. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 128–135. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6131

Raturahmi, L., Febrina, R. I., & Dewi SY, R. U. (2021). Pengenalan literasi media untuk pencegahan konflik sosial pada siswa sekolah dasar di wilayah perdesaan. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3), 465–476. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.11438

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161–164. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588

Warsono, S. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jambura Journal of Educational Management, 49–59. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i1.105

Downloads

Published

2023-03-09

How to Cite

Hasan, N., Maulana, M. A., Muhtarom, M. A., Khoir, A. M., Hikam, F. M. A., Kurnianingtyas, A., Ananda, S. D., & Adhim, W. R. F. (2023). Pendampingan Siswa dalam Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(3), 250–253. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i3.19466