Strategi pemasaran produk pada UMKM berbasis digital marketing

Authors

  • Firman Mansir Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Muh. Naim Madjid Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19903

Keywords:

UMKM, pemasaran digital, teknologi

Abstract

Produk pada UMKM sangat penting untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat agar kegiatan ekeonomi tumbuh dan berkembang. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, diharapkan strategi yang dilakukan dalam melakukan pemasaran produk sudah menggunakan serba digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan nilai edukasi kepada UMKM tentang strategi pemasaran produk. Permasalahan yang membuat daya saing UMKM masih tergolong rendah sehingga pelaku usaha memiliki keterbatasan dalam melakukan pemasaran terutama pemasaran secara online, yaitu digital marketing. Kegiatan pengabdian masyarakat diselenggarakan dalam rangka memperkenalkan produk UMKM di Dusun Kembang ke masyarakat umum, menambah persaingan UMKM dengan optimalisasi digital marketing. Kegiatan pengabdian ini, dilaksanakan secara bertahap. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah survey, observasi dan diskusi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat KKN adalah UMKM cukup memahami tentang digital marketing dan mampu menggunakan internet untuk melakukan pemasaran diharapkan kepada pemuda di Dusun Kembang untuk menjadi bagian tim marketing di UMKM binaan. Dengan demikian, terdapat perubahan signifikan kemampuan mitra dalam melakukan pemasaran sehingga kedepan dapat membantu mitra untuk mendapat kesempatan besar dalam menginovasi produk sehingga semakin dikenal dan meningkatnya kualitas mitra sebagai pelaku UMKM serta citra produk yang lebih baik. Kegiatan ini perlu ditindaklanjuti dengan mengembangakan strategi baru yang dapat merespon teknologi yang semakin pesat dan maju.

References

Amelia, M. N., Prasetyo, Y. E., & Maharani, I. (2019). E-UMKM: Aplikasi Pemasaran Produk UMKM Berbasis Android sebagai Strategi Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Prosiding SNATIF Ke-6 Tahun 2019, 2007, 96–101. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/SNA/article/view/1238

Anugrah, R. J. (2020). Efektifitas Penerapan Strategi Online Marketing Oleh UMKM Dalam Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 55–65. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.302

Elsandra, Y., & Yulianto, A. A. (2013). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Usaha Kecil Menengah Berbasis Industri Kreatif Melalui ICT. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 2(1), 31–42. https://doi.org/10.24036/jkmb.475300

Fatimah, S., Zulfikar, M. H., & Mansir, F. (2021). Pemberdayaan Panti Asuhan melalui Pengelolaan Kegiatan pada Bidang Lingkungan dan Pertanian di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Pakem Yogyakarta. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 31–37. https://doi.org/10.35130/bbjm.v2i2.218

Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi kasus Pada PT Expand Berlian Mulia di Semarang). Jurnal Komunikasi, 8(1), 83–98. https://doi.org/10.24912/jk.v8i1.49

Mansir, F., & Fatimah, S. (2021). Penggunaan Aplikasi Pembukuan Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Pada UMKM Bangunjiwo Bantul. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 256–262. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.32694

Mansir, F., & Majid, M. N. (2021). Pemberdayaan UMKM Dalam Mengoptimalkan Sosial Media Dalam Menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru di Balecatur Sleman DIY. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ITK (PIKAT), 2(1), 21–28. https://doi.org/10.35718/pikat.v2i1.334

Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkeru: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39–50. http://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/33

Palinggi, S., & Allolinggi, L. R. (2020). Analisa Deskriptif Industri Fintech di Indonesia: Regulasi dan Keamanan Jaringan dalam Perspektif Teknologi Digital. Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 177–192. https://doi.org/10.35590/jeb.v6i2.1327

Rosmadi, M. L. N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 122–127. https://doi.org/https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/1064

Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan pemasaran produk homemade melalui sosial media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Mansir, F., & Madjid, M. N. (2023). Strategi pemasaran produk pada UMKM berbasis digital marketing. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 126–136. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19903