Perancangan dan pendampingan mengoperasikan e-commerce pada usaha mikro kecil menengah (UMKM) jasa desain dan percetakan

Authors

  • Safitri Juanita Universitas Budi Luhur
  • Wahyu Pramusinto Universitas Budi Luhur
  • M. Anif Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.20156

Keywords:

e-commerce, pelatihan, UMKM, percetakan

Abstract

Persaingan jasa percetakan dan desain saat ini berkembang dengan pesat, demi mewujudkan layanan yang optimal dan kemudahan akses maka media yang paling efektif adalah menggunakan E-Commerce. Salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah Mitra Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) bernama Toko Mama Kudet berdomisili di Kota Tangerang. Masalah pada mitra PPM diantaranya adalah belum memiliki toko online, belum memiliki pengetahuan cara membuat toko online, maupun mengoperasikan toko online. Sehingga pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) mengusulkan untuk melakukan perancangan serta pendampingan pengoperasian E-Commerce pada Mitra. Metode yang digunakan pada kegiatan PPM adalah PAR (Participatory Action Research) dengan 5 Tahapan yaitu identifikasi masalah, perencanaan bersama, Implementasi E-Commerce, Refleksi dan evaluasi, serta pemantapan dan Penerapan. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah, mitra PPM yaitu Toko Mama Kudet, Tangerang memperoleh manfaat yaitu memiliki website E-Commerce, media pemasaran semakin luas, memiliki pengetahuan dalam mengelola E-Commerce.

References

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Ayu, R. D., Parmitasari, Nurdiyanah, Wahyudi, J., & Wahid, M. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (eds.)). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI. https://pendispress.kemenag.go.id/index.php/ppress/catalog/book/19

Azizah, N., Mahendra, D., & Lofian, B. (2019). Pemanfaatan E-Commerce untuk Peningkatan Strategi Promosi dan Penjualan UMKM Tas di Kabupaten Kudus. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 96–99. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3555

Fuad, A., & Juanita, S. (2020). Penerapan E-Commerce Menggunakan Cms Wordpress Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Online Shop Flanelis. IDEALIS : Indonesia Journal Information System, 3(1), 511–518. https://doi.org/10.36080/idealis.v3i1.2309

Kurniawan, S. (2020). WooCommerce : Panduan Membuat Toko Online dengan Mudah. Nigahoster. https://www.niagahoster.co.id/blog/tutorial-woocommerce/

Mas’ud, M. I. (2023). Pendampingan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Promosi Yudharta Advertising and Press. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 2021–2024. https://doi.org/10.47065/jpm.v3i4.569

Purnama, N. I., & Putri, L. P. (2021). Analisis Penggunaan E - Commerce Di Masa Pandemi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 553–558. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.357

Purnama, N. I., Putri, L. P., & Bahagia, R. (2021). Analisis E-Commerce Dalam Membantu Penjualan UMKM di Tengah Pandemi. EKONOMIKAWAN: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 21(2), 194–200. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v21i2.8503

Rizal, M., Wati, H. P. K., Itsnaini, A. I., Triyoga, E. F., Wicaksono, B., Ediningsih, F., Khuluq, H. H., Anam, K., Novitasari, K. I., Arifin, M. Z., Indriyati, R., Kurniatin, T., & Wahfiudin, F. (2022). Pengembangan UMKM melalui Pentingnya Sebuah Brand dan Mengoptimalkan Penjualan Online. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(4), 297–301. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i4.19465

Saafii, I., Aulia, M. D., Ali, M. H., Imtinan, F. T., Nisak, S. F., Pangestu, A. W., Sholikah, L. M., & Maufiroh, Y. (2021). Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Pemanfaatan Media Online. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(2), 101–105.

Sandy, S. (2020). Studi perilaku konsumen dalam memilih jasa percetakan prima print di surabaya. Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER), 1–6.

Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Gawe Buku.

Downloads

Published

2023-07-29

How to Cite

Juanita, S., Pramusinto, W., & Anif, M. (2023). Perancangan dan pendampingan mengoperasikan e-commerce pada usaha mikro kecil menengah (UMKM) jasa desain dan percetakan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 283–290. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.20156