Pengoptimalan kampung ramah perempuan dan anak

Authors

  • Mochamad Jamil Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Tegowati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Mohammad Faisal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Ardilla Ayu Kirana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.20197

Keywords:

KAS-RPA, kampung ramah perempuan dan anak, portofolio

Abstract

Lingkungan kampung yang aman, nyaman, ramah dan layak sangat penting dalam menjamin pemenuhan hak anak dan pemberdayaan perempuan. Salah satu program pemerintah kota Surabaya untuk mewujudkan hal tersebut adalah KAS-RPA (Kampunge Arek Surabaya-Ramah Perempuan dan Anak). Metode pengabdian dilakukan dengan pola Community Based Participatory Research (CBPR) & tahapan kegiatan melalui dua pendekatan, yakni sosialisasi dan pendampingan guna mengidentifikasi permasalahan di RW 02 kelurahan Keputih kecamatan Sukolilo, Surabaya sesuai indikator program yang selanjutnya dituangkan dalam bentuk portofolio. Hasil pendampingan yang telah dilakukan adalah mitra mampu mengeksplorasi potensi dan keunggulan-keunggulan yang dimiliki kampungnya, mampu menyusun portofolio dan mengumpulkan portofolio sesuai ketentuan. Kegiatan ini juga telah memahamkan mitra bahwa wilayah yang ramah untuk tempat tinggal perempuan dan anak perlu diwujudkan melalui kolaborasi maksimal semua warga kampung. Kondisi sosial-ekonomi dan strata pendidikan warga di lingkungan mitra sangat mendukung tujuan dari program KAS-RPA, yakni menjamin pemenuhan hak anak dan mengupayakan pemberdayaan perempuan secara optimal. Kesimpulannya adalah seluruh indikator program yang terdapat dalam KAS-RPA hampir semua telah diimplementasikan warga dengan baik. Selanjutnya perlu cakupan wilayah yang lebih luas supaya kontribusi warga lebih maksimal sehingga percepatan pengembangan dalam indikator program KAS-RPA dapat terpacu lebih cepat dan berkesinambungan.

References

Dianingrum, A., Faqih, M., & Septanti, D. (2017). Development of Kampung Improvement Program in Surabaya, Indonesia. The International Journal of Engineering and Science, 06(07), 41–47. https://doi.org/10.9790/1813-0607014147

Fikri, D., Safitri Rumain, I. A., Wulandari, W., Selaswati, S., Tasari, A. E., Renhoat, A. A., Masrani, M., Ainur Roat, M. Z., Hartono, H., Hamseh, A., & Saiful Mila, M. A. (2020). Penguatan Partisipasi Masyarakat Melalui Pembangunan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(2), 98. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6558

Hamudy, M. (2015). Upaya Mewujudkan Kota Layak Anak di Surakarta dan Makassar. Jurnal Bina Praja, 07(02), 149–160. https://doi.org/10.21787/jbp.07.2015.149-160

Hanafiah, U. I. M., & Asharsinyo, D. F. (2018). Redefinisi Ruang Publik Pada Kampung Kreatif Pasundan Studi Kasus : Koridor Tepian Sungai Cikapundung, Rt 02 Rw 04, Kelurahan Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jawa Barat. Idealog: Ide Dan Dialog Desain Indonesia, 2(2), 124. https://doi.org/10.25124/idealog.v2i2.1220

Hermino, A. (2016). The Effectiveness of Implementation School-Based Management in the Central Highlands of Papua Indonesia. International Journal of Education and Research, 4(10), 291–304.

Lawado, I. S., & Na’imah, N. (2019). Strategi Pemberdayaan Anak Melalui Wadah Partisipasi Anak Sebagai Upaya Pemajuan Hak Asasi Manusia. Egalita, 13(1), 51–63. https://doi.org/10.18860/egalita.v13i1.8078

Rahmany, R., & Djajadiningrat, S. T. (2014). Methodology of Generating ‘ Creative Tourism Kampung ’ and Stakeholders Engagement Analysis in Kampung Kreatif Dago. Journal of Bussiness and Management, 3(5), 589–611.

Riadi, Y. S., Lionardo, A., & Wulandari, N. (2022). Implementasi Program Perlindungan dan Pemenuhan Hak Perempuan pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Palembang. Tanah Pilih (Journal of Local Politics and Government Studies), 2(1), 47–61. https://doi.org/10.30631/tpj.v2i1.932

Said, M. R., Murtono, M., & Utaminingsih, S. (2017). Implementasi Kota Layak Anak Di Kabupaten Demak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1795

Sholikah, R. J., & Subaidi, S. (2022). Pembangunan Lingkungan Ramah Anak Terkait Pemenuhan Hak Anak Pada Masa Pandemi di Kampung Leles, Condongcatur, Depok, Sleman, DIY. Lisyabab : Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v3i1.107

Suharta, R. B., & Septiarti, S. W. (2018). Pengembangan perlindungan sosial kampung ramah anak di Kota Yogyakarta. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 9–18. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i1.11313

Tegowati. (2020). Pendampingan Kampung Pendidikan-Kampunge Arek Suroboyo (KP KAS) Banyu Urip Kategori Madya. Abadimas Adi Buana, 3(2), 2622–5700. https://doi.org/10.36456/abadimas.v3.i2.a2166

Wardhani, S. T., Sabatini, S. N., Rachmaniatus, D., & Kasman, T. M. S. (2016). Identifikasi Kampung Kreatif sebagai Strategi Kota Tangguh. Prosiding Temu Ilmiah IPLBI, 15–20.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Jamil, M., Tegowati, Faisal, M., & Kirana, A. A. (2023). Pengoptimalan kampung ramah perempuan dan anak. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 307–316. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.20197