Pemanfaatan visual branding melalui foto produk dalam meningkatkan daya saing UMKM

Authors

  • Rizka Furqorina Universitas Terbuka
  • Lulus Sugeng Triandika Universitas Terbuka
  • Muhammad Agusalim Universitas Terbuka
  • Moh. Syarif Universitas Terbuka
  • Mohammad Iqbal Firdaus Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20261

Keywords:

foto produk, umkm, visual branding

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa kegiatan peningkatan visual branding bagi Komunitas Perempuan Mandiri Sumber Perubahan (Preman Super) Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Komunitas Preman Super adalah belum mampu untuk membangun visual branding pada produk UMKM. Produk UMKM binaan Komunitas Preman Super antara lain memproduksi berbagai macam kerajinan tangan, aneka makanan kemasan, batik ecoprint, sepatu, dan produk lainnya. Mayoritas UMKM tersebut belum melakukan visual branding secara maksimal. Kendala utama dalam membangun citra produk yang dihadapi UMKM Binaan Preman Super adalah keterbatasan dalam menghasilkan foto produk yang proporsional. Foto produk dengan bantuan professional membutuhkan biaya yang besar. Solusi yang ditawarkan untuk UMKM binaan Komunitas Preman Super adalah melakukan pelatihan foto produk dan pendampingan untuk membentuk citra produk untuk meningkatkan daya saing UMKM Binaan Preman Super. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR). Materi pelatihan melingkupi Konsep dan Teknik Visual Branding untuk membangun citra produk dan meningkatkan penjualan. Kemudian ditambah dengan pelatihan dan praktik foto produk. Hasil dari pelatihan ini peserta UMKM mampu melakukan foto produk sederhana secara mandiri dengan bantuan mini studio portable, peserta juga merasa lebih percaya diri untuk memotret produk mereka dengan peralatan sederhana.

References

Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis., 2(1), 21–26.

Kotler, P. (2000). Marketing Management (10th ed.). Prentice-Hall.

Listya, A., & Rukiah, Y. (2018). Visual Branding Produk Belimbing Olahan UMKM Depok Melalui Desain Logo. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 199. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1548

Ningsih, I. N. D. K., & Prastya, N. M. (2022). Pelatihan Pengelolaan Media Sosial dan Foto Produk Bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Bantul. Jurnal Abdimas Madani Dan Lestari (JAMALI), 4(1), 31–44. https://doi.org/10.20885/jamali.vol4.iss1.art5

Nurlaily, F., Asmoro, P. S., & Aini, E. K. (2021). Pelatihan Teknik Foto Produk Menggunakan Smartphone untuk Meningkatkan Visual Branding Usaha Rintisan. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 347–356.

Saptiyono, A., Watie, E. D. S., & Febriana, K. A. (2021). Pelatihan Fotografi Produk Bagi UMKM Kelurahan Gebangsari. Jurnal Tematik, 3(1), 6–10.

Sari, W. P., & Irena, L. (2022). Komunikasi Visual Melalui Foto Produk untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk UMKM. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3). https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i3.13271

Sudarwati, Y., & Satya, V. E. (2013). Strategi Pengembangan Merek Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ekonomi& Kebijakan Publik, 4(1), 89–101.

Tahalea, S. (2021). Fotografi Produk Sebagai Sarana Promosi Produk Lampu untuk Perajin Lampu di Nitiprayan Yogyakarta. Seminar Nasional-Pengabdian Kepada Masyarakat.

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Furqorina, R., Triandika, L. S., Agusalim, M., Syarif, M., & Firdaus, M. I. (2023). Pemanfaatan visual branding melalui foto produk dalam meningkatkan daya saing UMKM. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 348–356. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20261