Pendampingan belajar berbasis komunitas dan gerakan menabung sejak dini untuk masa depan anak di pedesaan

Authors

  • Reny Aziatul Pebriani Universitas Indo Global Mandiri
  • Rafika Sari Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20415

Keywords:

pendampingan belajar, gerakan menabung, di pedesaan

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan dalam kkn tematik dosen dan mahasiswa universitas IGM di Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim. Pendidikan yang berkualitas merupakan kebutuhan mendasar bagi perkembangan anak-anak di pedesaan. Namun, di Desa Kemang, akses terhadap pendidikan yang optimal masih menjadi tantangan. Masalah ini mendorong munculnya inisiatif pendampingan belajar berbasis komunitas dan gerakan menabung sejak dini sebagai langkah konkret dalam menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi generasi mendatang di desa ini. Tujuan dari kegiatan ini diterapkan melalui sinergi antara pendampingan belajar berbasis komunitas dan gerakan menabung sejak dini, diharapkan generasi anak-anak Desa Kemang dapat memiliki kesempatan yang lebih baik untuk meraih cita-cita dan membangun masa depan yang lebih cerah. Dukungan aktif dari orang tua, guru, dan seluruh masyarakat di Desa Kemang menjadi kunci keberhasilan dari inisiatif ini dalam menciptakan anak-anak yang cerdas, mandiri, dan siap menghadapi masa depan dengan percaya diri. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode service learning dengan terjun dan memberikan pendamingan secara langsung untuk Pendidikan berbasis komunitas dan Gerakan menabung sejak dini terhadap anak anak dan orang tua yang mendampingi, hasil dari pengabdian ini memberikan peningkatan akan kemauan belajar dengan Gerakan berbasis komunitas dan Gerakan menabung sejak dini anak anak desa kemang.

References

Badri, F., Uzahro, F., Nopia, R. A., Siregar, A., Dwi, L., Sari, N., Nurullah, Z. P., Niqris, M. Y., Annisa, F. N., Azzaro, N., & Hartoko, R. P. (2022). Rumah Belajar Ceria untuk Membangkitkan Semangat Belajar yang Lebih Inovatif dan Kreatif. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(1), 41–44. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.16169

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

Marlina, N., & Iskandar, D. (2019). Gerakan Menabung Sejak Dini di Rowosari. Jurnal Pengabdian Vokasi, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.14710/jpv.2019.4804

Raissa, V., & Mafazah, I. I. (2022). Gerakan Menabung Sejak Dini Mi Al Munir Dusun Kapasan, Desa Gadungan. Jurnal Pemantik, 1(1), 69–76. https://journal.rafandhapress.com/pemantik/article/view/38

Rustini, T. (2018). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10321

Silahuddin, S. (2017). Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 18. https://doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1705

Vidia, M. P., & Muslih. (2022). Meningkatkan Kesadaran Menabung Pada Anak-Anak Sejak Dini Di Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i1.12

Yuniara, R. (2022). Sosialisasi Menabung Sejak Dini dengan Membuat Celengan dari Paper Tube. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(6), 59–62. https://doi.org/10.55542/jppmi.v1i6.366

Zauri, A. S., Kusumo, D., Rn, A., & Murthosyiyah, M. (2022). Upaya Menumbuhkan Nilai Karakter Anak Sejak Dini Melalui Kegiatan Penanaman Cabai. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(1), 76–82. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.16177

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Pebriani, R. A., & Sari, R. (2023). Pendampingan belajar berbasis komunitas dan gerakan menabung sejak dini untuk masa depan anak di pedesaan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 415–422. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20415