Pendampingan belajar berbasis komunitas dan gerakan menabung sejak dini untuk masa depan anak di pedesaan
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20415Keywords:
pendampingan belajar, gerakan menabung, di pedesaanAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan dalam kkn tematik dosen dan mahasiswa universitas IGM di Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim. Pendidikan yang berkualitas merupakan kebutuhan mendasar bagi perkembangan anak-anak di pedesaan. Namun, di Desa Kemang, akses terhadap pendidikan yang optimal masih menjadi tantangan. Masalah ini mendorong munculnya inisiatif pendampingan belajar berbasis komunitas dan gerakan menabung sejak dini sebagai langkah konkret dalam menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi generasi mendatang di desa ini. Tujuan dari kegiatan ini diterapkan melalui sinergi antara pendampingan belajar berbasis komunitas dan gerakan menabung sejak dini, diharapkan generasi anak-anak Desa Kemang dapat memiliki kesempatan yang lebih baik untuk meraih cita-cita dan membangun masa depan yang lebih cerah. Dukungan aktif dari orang tua, guru, dan seluruh masyarakat di Desa Kemang menjadi kunci keberhasilan dari inisiatif ini dalam menciptakan anak-anak yang cerdas, mandiri, dan siap menghadapi masa depan dengan percaya diri. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode service learning dengan terjun dan memberikan pendamingan secara langsung untuk Pendidikan berbasis komunitas dan Gerakan menabung sejak dini terhadap anak anak dan orang tua yang mendampingi, hasil dari pengabdian ini memberikan peningkatan akan kemauan belajar dengan Gerakan berbasis komunitas dan Gerakan menabung sejak dini anak anak desa kemang.
References
Badri, F., Uzahro, F., Nopia, R. A., Siregar, A., Dwi, L., Sari, N., Nurullah, Z. P., Niqris, M. Y., Annisa, F. N., Azzaro, N., & Hartoko, R. P. (2022). Rumah Belajar Ceria untuk Membangkitkan Semangat Belajar yang Lebih Inovatif dan Kreatif. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(1), 41–44. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.16169
Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546
Marlina, N., & Iskandar, D. (2019). Gerakan Menabung Sejak Dini di Rowosari. Jurnal Pengabdian Vokasi, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.14710/jpv.2019.4804
Raissa, V., & Mafazah, I. I. (2022). Gerakan Menabung Sejak Dini Mi Al Munir Dusun Kapasan, Desa Gadungan. Jurnal Pemantik, 1(1), 69–76. https://journal.rafandhapress.com/pemantik/article/view/38
Rustini, T. (2018). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10321
Silahuddin, S. (2017). Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 18. https://doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1705
Vidia, M. P., & Muslih. (2022). Meningkatkan Kesadaran Menabung Pada Anak-Anak Sejak Dini Di Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i1.12
Yuniara, R. (2022). Sosialisasi Menabung Sejak Dini dengan Membuat Celengan dari Paper Tube. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(6), 59–62. https://doi.org/10.55542/jppmi.v1i6.366
Zauri, A. S., Kusumo, D., Rn, A., & Murthosyiyah, M. (2022). Upaya Menumbuhkan Nilai Karakter Anak Sejak Dini Melalui Kegiatan Penanaman Cabai. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(1), 76–82. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.16177
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Reny Aziatul Pebriani, Rafika Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.