Pembelajaran guru SLB dalam mendesain media e-modul of math berbasis kearifan lokal

Authors

  • Novianti Universitas Almuslim, Aceh, Indonesia
  • Salpina Universitas Almuslim, Aceh, Indonesia
  • T. Rafli Abdillah Universitas Almuslim, Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20519

Keywords:

ABK, e-modul of math, budaya Aceh

Abstract

Mutu Pendidikan di Kota Lhokseumawe saat ini menjadi pusat perhatian bagi masyarakat setempat khususnya bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Dalam perundang-undangan, pendidikan bagi anak ABK memiliki hak dan kesempatan yang sama dengan yang lain. Banyak potensi-potensi besar yang dimiliki oleh guru dan siswa yang belum bisa dimanfaatkan dengan baik. Seandainya mendapat pembekalan dan pelatihan dengan baik maka dapat meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas sehingga dapat memahami karakteristik anak berkebutuhan khusus terutama Tuna grahita. Metode pengabdian ini adalah pendampingan terhadap mitra dalam pembuatan bahan ajar. Permasalahan pada pengabdian ini adalah: 1) Kurangnya mengkaji bahan ajar matematika yang berisi tentang susunan materi yang mudah dipahami bagi anak berkebutuhan khusus; 2) Permasalahan perangkat pembelajaran yang membantu proses pembelajaran; 3) Kurangnya media pembelajaran yang inovatif dan keterbatasan kemampuan pengetahuan guru guru dalam mengembangkan media interaktif matematika e-modul of math. Tujuan dari permasalahan tersebut adalah: 1) Para guru dapat mengkaji dan menyusun bahan ajar dengan menganalisis materi matematika berbasis budaya lokal Aceh; 2) Dapat membantu dan menambah fasilitas di Sekolah Luar Biasa sehingga terlaksananya kegiatan pengabdian; 3) Guru dapat membuat dan mengembangkan media e-modul of math sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus.

References

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Astuti, E. Y., Sari, D. Y., & Saloko, A. (2019). Implementasi metode deteksi dini tumbuh kembang dalam identifikasi anak berkebutuhan khusus usia dini. Inclusive: Journal of Special Education, 5(2), 129–141. https://doi.org/10.30999/jse.v5i2.884

Elviana. (2019). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. TAKAMMUL: Jurnal Studi Gender Dan Islam Serta Perlindungan Anak, 8(1), 16–32. https://doi.org/10.22373/takamul.v8i1.4745

Hasanah, S., Wahyuni, R., & Novianti, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan menggunakan Model Talking Stick berbantuan Video Pembelajaran di MTs Swasta Pandrah. JUMPER : Journal of Educational Multidisiplinary Research, 2(1), 90–101. https://doi.org/https://doi.org/10.56921/jumper.v2i1.63

Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192. https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i2.1917

Kalana, J. B., & Pratama, F. (2009). Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains. LEKKAS.

Majid, A., Rochman, C., & Kuswandi, E. (2015). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013 (E. Kuswandi (ed.)). Remaja Rosdakarya.

Novianti, N., Khaulah, S., & Rahma, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Sole (Self Organized Learning Environment) Pada Mata Kuliah Geometri Analitik Bidang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 6(2), 159–166. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i2.4915

Novianti, N., Zaiyar, M., Khaulah, S., Fitri, H., & Jannah, R. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2369–2375. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5370

Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya disekolah/madrasah. Prenadamedia Group.

Ravilla, T. D., Rahma, R., & Novianti, N. (2023). Pengembangan Video Learning Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Renderforest Pada Materi Pythagoras. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(1), 12–18. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1907

Salpina, S., & Putri, D. A. J. (2023). Implementation of The Pull Out Learning Model In Inclusive Education Programs to Optimize The Development of Children With Special Needs at Pelangi Anak Negeri Yogyakarta Islamic Kindergarten. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 5(2), 16–23. https://doi.org/10.23917/ecrj.v5i2.20528

Salpina, Sukiman, Hibana, & Naimah. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Syariat Islam di Aceh. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (JPPPAUD), 10(1), 59–74. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v10i1.13787

Simahate, S., & Munip, A. (2020). Latihan Gerak Lokomotor Sebagai Upaya Mengembangkan Motorik Kasar Anak Down Syndrome. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 236–248. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7656

Syaribanun, C. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode PAR (Participatory Action Research) di RA Qurratun A’yun Durung Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar. Jurnal Ilmuah Pendidikan Anak, 5(1), 91–109. https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.php/aulad/article/view/74

Widodo, C., & Jasmadi. (2013). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. PT Elex Media Komputindo.

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi, 13, 39–49. https://doi.org/10.22219/dedikasi.v13i0.3136

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Novianti, Salpina, & Abdillah, T. R. (2023). Pembelajaran guru SLB dalam mendesain media e-modul of math berbasis kearifan lokal. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 499–507. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20519