Pengoptimalan kompetensi guru dalam pembuatan LKPD berbasis HOTS

Authors

  • Radiansyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Fathul Jannah Universitas Lambung Mangkurat
  • Raihanah Sari Universitas Lambung Mangkurat
  • Ni'mah Azizah Universitas Lambung Mangkurat
  • Prima Mega Puspita Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Zefri Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20576

Keywords:

guru, HOTS, kompetensi, LKPD

Abstract

Kompetensi dalam pembuatan LKPD berbasis HOTS pada abad 21 sangat krusial untuk dimiliki oleh guru. Tuntutan tersebut dilakukan untuk dapat menghasilkan sumber belajar sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran lebih baik. Namun selama ini di SDN Semangat Dalam 5 penggunaan LKPD yang dibuat lebih banyak berisi pertanyaan-pertanyaan saja, semestinya LKPD berisi petunjuk atau pedoman kegiatan yang harus lengkap dan sistematis. Tujuan kegiatan ini untuk mengoptimalkan kompetensi guru dalam pembuatan LKPD Project Learning berbasis HOTS. Metode yang digunakan yaitu PAR (Participatory Action Research) dengan tahapan pengenalan dan evaluasi berkelanjutan yang dilaksanakan di SDN Semangat Dalam 5 yang berada di wilayah Kabupaten Barito Kuala.. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan pemahaman guru dan keterampilan guru dalam pembuatan LKPD Project Learning berbasis HOTS sehingga dapat mengoptimalkan kompetensi guru dengan pencapaian yang positif dan menunjukkan manfaat yang signifikan dalam kegiatan pembelajaran siswa.

References

Anwar, Y., Selamet, A., Huzaifah, S., & Madang, K. (2020). Training in developing higher-order thinking based online test instrument for biology teachers in Sekayu City. Journal of Community Service and Empowerment, 1(3), 150–155. https://doi.org/10.22219/jcse.v1i3.12241

Armiati, A., Subhan, M., Nasution, M. L., Aziz, S. Al, Rani, M. M., Rifandi, R., & Harisman, Y. (2020). Profesionalisme Guru dalam Membuat Soal Higher Order Thinking Skills. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 75. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2587

Dini Rahma Diani, Nurhayati, D. S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7, 2. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.20961/basastra.v7i2.37800

Fakhrurozi, J., Pasha, D., Jupriyadi, & Anggrenia, I. (2021). Pemertahanan Sastra Lisan Lampung Berbasis Digital di Kabupaten Pesawaran. Jurnal Sosial and Teknology for Community Service (KSSTCS), 2(1), 6–36. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i1.1068

Hastuti, D., & Syukur, M. (2021). Penerapan Pembelajaran Abad 21 Berbasis HOTS dengan Menggunakan Pendekatan TPACK di SMA Negeri 11 Enrekang. Pinisi Journal Of Sociology Education, 1(3), 144–152.

Jannah, F., Sari, R., Hartini, Y., Amelia, R., & Fahlevi, R. (2022). Pelatihan Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill ) sebagai Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. JCES (Journal of Character Education Society), 5(2), 372–380.

Kristyowati, R. (2018). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Sekolah Dasar Berorientasi Lingkungan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 282–288.

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172

Radiansyah, R., Sari, R., Jannah, F., Kurniawan, W., Aisyah, S., & Wardini, S. (2022). Implementation of HOTS Learning Based on Environmental Approach in Elementary School in Banjar District. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v9i1.1855

Radiansyah, R., Sari, R., Jannah, F., Rahmaniah, N. F., Puspita, P. M., & Zefri, M. (2022). HOTS-Based PjBL Model Development to Increase Children’s Creativity in Elementary School. International Journal of Social Science And Human Research, 05(12), 5810–5816. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i12-64

Radiansyah, Sari, R., Jannah, F., Kamila, T., Azizah, N., Puspita, P. M., & Zefri, M. (2022). Model Pembelajaran Project Learning Berbasis HOTS. K-Media.

Radiansyah, Sari, R., Jannah, F., Kamina, T., Azizah, N., Puspita, P. M., & Zefri, M. (2022). Development of Project Learning Model Based on H OTS d i S D Wetlands Banjar Regency. International Journal of Social Science and Human Research, 5(9), 4280–4287. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i9-40

Sari, D. E., Hindun, I., Mahmudati, N., Miharja, F. J., & Fauzi, A. (2020). Are Male and Female Students Different in High-Order Thinking Skills? JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 42. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.17575

Senjayawati, E. (2021). Pelatihan dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Berbasis HOTS untuk Guru SD di Cimahi. Indonesian Journal of Community Service, 1(4), 711–716.

Sugiyanto, R., Diplan, Afrom, I., Tinse, M., & Femmy. (2023). Pendampingan Penyusunan LKPD dan Soal HOTS untuk Guru Sekolah Dasar di SDN 2 Palangkaraya Kota Palangkaraya. Community Development Journal, 4(2), 1109–1113.

Suharsono, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Pelatihan Dasar CPNS. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11, 60–66. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1915

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik ( E-LKPD ) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(7), 1256–1268. https://doi.org/https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.233

Utaminingtyas, S. (2020). Implementation of Problem Solving Oriened High Order Thinking Skill (HOTS) in Social Learning Primary School. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2).

Downloads

Published

2023-10-09

How to Cite

Radiansyah, Jannah, F., Sari, R., Azizah, N., Puspita, P. M., & Zefri, M. (2023). Pengoptimalan kompetensi guru dalam pembuatan LKPD berbasis HOTS. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 479–487. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20576