Penguatan baca Qur’an melalui program tahsin Al-Qur’an di sekolah menengah agama ibrah Pulau Pinang Malaysia

Authors

  • Indhra Musthofa Universitas Islam Malang
  • Miftahul Jannah Universitas Islam Malang
  • Diah Kusuma Ningrum Universitas Islam Malang
  • Silvia Khodrotun Nada Universitas Islam Malang
  • Ani’ Mariyana Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.21399

Keywords:

Al-Qur’an, SMA Ibrah, Malaysia

Abstract

Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur'an peserta didik melalui Program Tahsin Al-Qur'an di SMA Ibrah, yang memiliki fokus pada pendidikan umum dan deeniyah. Metode pengabdian terdiri dari survei, pelaksanaan kegiatan pengabdian, evaluasi dan pelaporan. Hasil menunjukkan bahwa program ini telah memenuhi tujuan dengan baik. Program  Praktik Pengalaman Lapangan kolaborasi program Kandidat Sarjana Mengabdi (PPLK-KSM) Internasional Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang berhasil aktif dalam mendukung kegiatan Tahsin Al-Qur'an di SMA Ibrah, mencatat perkembangan peserta didik, dan memberikan laporan kepada pihak sekolah. Program ini berhasil meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur'an peserta didik dan memberikan kontribusi positif pada lingkungan pendidikan di SMA Ibrah Pulau Pinang, Malaysia.

References

Hidayanti, E. W., Wahdah, N., Rizal, S. U., Mahmudah, I., & Anjani, U. M. (2023). Pendampingan Belajar Melalui Pemanfaatan Permainan Edukatif Tebak Kata Siswa SDN 1 Kalampangan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 1987–1993.

Leong, ’Abdul Qadir. (2023). Tajwid Al-Qur’an Rasm ’Uthmani (1st ed.). PT. Firdus Press Sdn Bhd.

Syarifuddin, Hidayati, R., Munawarah, Norlaila, & Hidayah, N. (2021). Bimbingan Membaca Al-Qur’an Kepada Lansia di Desa Tambalang Oleh Mahasiswi KKN Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Tahun 2021. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 01–07. https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i1.20

Yahya, S., & Risman K. (2023). Pelatihan Penerapan Ilmu Tajwid dalam Membaca Al-Quran melalui Metode Tahsin Qira’ah pada Sivitas Akademika Universitas Muhammadiyah Buton. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol.7 (3)

Widodo, A., & Nuryadien, M. (2017). Metode Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Anak Usia 7- 13 Tahun Di TPQ Al-Falah 2 desa Serangkulon Blok 01 RT 01 RW 01 Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2)

Downloads

Published

2024-01-26

How to Cite

Musthofa, I., Jannah, M., Ningrum, D. K., Nada, S. K., & Mariyana, A. (2024). Penguatan baca Qur’an melalui program tahsin Al-Qur’an di sekolah menengah agama ibrah Pulau Pinang Malaysia. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(4), 884–888. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.21399