Kontribusi sosial melalui education with smart pada program kegiatan pertukaran mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21440Keywords:
pertukaran mahasiswa merdeka, modul nusantara, kontribusi sosialAbstract
Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai ilmu sebagai persiapan memasuki dunia kerja. Artikel ini adalah hasil laporan kegiatan Modul Nusantara yaitu kontribusi sosial yang dilakukan di Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali. Tujuan dari kontribusi sosial ini adalah membantu masyarakat yang terkena dampak tanah longsor, khususnya masyarakat Desa Jehem dan untuk meningkatkan semangat sosial mahasiswa pertukaran merdeka belajar. Hasil dari pelaksanaan kegiatan kontribusi sosial ini, yaitu: Masyarakat jadi lebih paham tentang public speaking dan personal branding melalui penyampaian materi yang dilakukan oleh mahasiswa pertukaran merdeka belajar, antusiasme masyarakat atas bantuan yang telah diberikan. Dengan adanya kegiatan kontribusi sosial ini diharapkan dapat memberikan kekuatan dan semangat kepada masyarakat yang terkena dampak bencana tanah longsor.
References
Anwar, R. N. (2022). Motivasi Mahasiswa Untuk Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1106–1111. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5393
Dirjen Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. In Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Harisoesyanti, K. S., & Annisah, A. (2020). Urgensi Partisipasi Masyarakat dalam Proses Pengembangan Masyarakat di Komunitas Miskin Perkotaan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI), 2(2), 220–232. https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/view/533
Hartati, S. (2023). Pembelajaran Partisipatif dengan Metode Game pada Rumpun Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lampung. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(1), 110–122. https://doi.org/10.24127/att.v7i1.2687
Listiani, R., Fauzi, R. M., Indiyani, I., Afifah, P. J., Ulum, J. M., & Novitasari, N. (2021). Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Program Pojok Bermain (Calistung dan Permainan Tradisional). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 15(2), 58–70. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/JPLS/article/view/14128
Oktaviani, O., & Aldo, L. O. (2021). Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Tentang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.24036/asce.v2i1.85566
Salim, N. A., & Maicatrine, P. (2023). Pelatihan Public Speaking bagi siswa SMA di Kelurahan Handil Baru Darat. Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM), 3(1), 66–70. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/jpkpm/article/view/1368
Syahputra, D. S., Ali, A., Alfasiri, M. I., Putra, H., & Husein, R. M. (2023). Public Speaking Training for Youth in Koto Perambahan Village , Kampar Regency in Improving Public Speaking Skills. Al-Arkhabiil(Jurnal Penghabdian Masyarakat, 3(3), 9–16. https://doi.org/10.51590/jpm_assunnah.v3i3.508
Tumija, T. (2022). Peran Pemerintah dan Partisipasi Masyarakat dalam Peningkatan Usaha Mikro , Kecil , dan Menengah COVID-19 di Cipageran , Cimahi During the COVID-19 Pandemic in Cipageran , Cimahi. CIVITAS CONSERCRATION (Journal of Community Service and Empowerment), 2(1), 25–37. https://doi.org/10.33701/cc.v2i1.2328
Universitas Islam Malang, . (2020). Panduan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Tahun 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dwi Susilowati, Maya Mustika, Faizah Adella, Rany Arianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.