Inovasi media ajar mading hari pahlawan untuk menguatkan kemampuan literasi budaya dan kewargaan siswa

Authors

  • Nirmala Susanti Universitas Islam Malang
  • Fadilah Risanur Patricia Universitas Islam Malang
  • Adisti Prameswari Shoka Putri Universitas Islam Malang
  • Ari Ambarwati Universitas Islam Malang
  • Layli Hidayah Universitas Islam Malang
  • Itznaniyah Umie Murniatie Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i2.21462

Keywords:

literasi budaya dan kewargaan, mading, pembelajaran

Abstract

Pendidikan menjadi sarana esensial dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia, dengan menyediakan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan generasi muda. Pernyataan ini mencerminkan pandangan bahwa pendidikan adalah proses yang membawa perubahan signifikan pada sikap dan perilaku manusia. Untuk itu diperlukan pendidikan yang tidak hanya terfokus pada transfer pengetahuan namun keterampilan pengembangan karakter, nilai moral, dan etika. Salah satunya dapat di realisasikan oleh tenaga pendidik untuk membimbing, membantu, dan mendukung peserta didik memenuhi materi akademik. Selain itu aktivitas non-akademik juga memainkan peran penting, berupa kegiatan yang memungkinkan peserta didik melakukan aktivitas belajar yang di dapatkan di luar jam pembelajaran, sebagai penerapan konkret ilmu pengetahuan. Upaya ini menjadikan individu mengalami transformasi personal, mencakup kesadaran sosial, pemahaman budaya, serta kemampuan berpartisipasi aktif dalam lingkungan sekolah. Salah satu aksi nyata dari penerapan pendidikan yang holistik adalah kegiatan literasi budaya dan kewarganegaraan menggunakan metode pendidikan masyarakat. Mahasiswa Asistensi Mengajar di SMAN 1 Kraksaan, merealisasikan literasi budaya dan kewarganegaraan, dengan meninjau mading sekolah yang belum di kelola secara maksimal.  Solusi tersebut berupa pendampingan peserta didik kelas XII untuk berkreasi dan berfikir kritis dalam merekonstruksikan konten positif tentang kepahlawanan. Pengintegrasian dimaksudkan untuk meningkatkan kegiatan literasi sekolah dan membentuk peserta didik menjadi pribadi berpengetahuan luas dan kritis.

References

Abidin, Yunus, Dkk. 2017. Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Afifah, N., Erwina, W., & Rohman, A. (2020). Peran Tenaga Perpustakaan Dalam Mewujudkan Keberhasilan Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Di Sd Negeri 02 Rajamandala. Jurnal Pustaka Budaya, 7(2), 2442–7799. https://doi.org/10.31849/pb.v7i2.4174

Astafiyah, A. (2018). Kontribusi Efektivitas Manajemen Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Sekolah Non Akademik. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidika, 4 (2), 263-274. https://doi.org/10.32678/Tarbawi.V4i02.1933.

Mujahidah, N., Maryam, & Mukramin, S. (2024). Optimalisasi Peningkatan Literasi: Pemberdayaan Mahasiswa Kampus Mengajar Sebagai Fasilitator Pengajaran Di Smpn 42 Satap Kab. Maros. 07(01), 122–130.

Lesmanah, Unung, Dkk. (2023). Pembuatan Media Pembelajaran Berupa Media Gambar Untuk Anak-Anak Di Ra Nasyrul Ulum. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Malang, Vol.4, 157-161.

Rafli, M., Falevi, M.R., & Aqna, M.A. (2022). Aktualisasi Nilai-Nilai Sila ke-5 Pancasila Melalui Kegiatan Gotong Royong di Lingkungan Masyarakat. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(1), 4445-4462.

Ridwan, T., dkk. (2021). Potensi UMKM dalam Penguatan BUMDES Desa Cempaka dengan Pendekatan ABSC di Era Pandemi Covid-19. COMSERVA: Indonesia Jurnal of Community Sevices and Development, 1(4), 150-158. https://doi.org/10.36418/comserva.v1i4.20.

Samsuri, A., Lailatul U, N., Fithrotuz Z, N., & Vadhila, U. (2021). Pendekatan ABCD Untuk Meningkatkan Literasi Di Madrasah. Buletin Abdi Masyarakat, 1(2), 16–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47686/bam.v1i2.344

Sundari, A. (2021). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2 (1), 1–8. https://Doi.Org/10.31538/Munaddhomah.V2i1.45.

Yamin, M. (2023). Room of Civil Society Development Pembinaan Literasi Anak berbasis Masjid di Desa Buntu Batu. 2(3), 101–105. https://doi.org/https://doi.org/10.59110/rcsd.174

Yusuf, R., Sanusi, S., Razali, R., Maimun, M., Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan Literasi Budaya Dan Kewargaan Siswa SMA Se-Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 91-99.

Downloads

Published

2024-05-26

How to Cite

Susanti, N., Patricia, F. R., Putri, A. P. S., Ambarwati, A., Hidayah, L., & Murniatie, I. U. (2024). Inovasi media ajar mading hari pahlawan untuk menguatkan kemampuan literasi budaya dan kewargaan siswa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(2), 268–277. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i2.21462