Penerapan sistem informasi akuntansi, digital marketing dan e-commerce untuk meningkatkan literasi digitalisasi dan kinerja UMKM

Authors

  • Cindy Merni Maulidina Universitas Ahmad Dahlan
  • Lu'lu' Nafiati Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21506

Keywords:

e-commerce, laporan keuangan, sistem informasi akuntansi

Abstract

UMKM TS Alumunium di kelurahan Sorosutan Yogyakarta, adalah usaha mikro kecil menengah yang mengkhususkan diri dalam pembuatan peralatan masak dari alumunium. UMKM ini menghadapi beberapa kendala, salah satu tantangan utamanya adalah minimnya pemanfaatan teknologi dan media digital dalam mengelola keuangan dan strategi pemasaran. Proses pencatatan keuangan masih dilakukan secara manual, dengan risiko kesalahan pencatatan dan perhitungan serta memakan banyak waktu. Selain itu, pendekatan pemasaran yang digunakan yaitu dengan menjual produk di pasar-pasar terdekat. Dengan demikian, penjualan UMKM belum dapat optimal. Untuk mengatasi permasalahan ini, tim pengabdian memberikan solusi berupa pendampingan digital marketing dan sistem informasi akuntansi. Langkah berikut dilakukan dengan memanfaatkan media digital dalam pencatatan keuangan seperti menggunakan software dan strategi pemasaran melalui e-commerce. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan UMKM TS Alumunium dalam melakukan pencatatan keuangan secara digital serta melakukan analisis atas informasi akuntansi. Selain itu, pengabdian ini juga bertujuan memperluas pangsa pasar untuk meningkatkan penjualan produk-produk UMKM TS Alumunium.

References

Andriany, D., Bismala, L., Putra, Y. A., Saragih, S. A., Siregar, R. B. A., & Daulay, R. D. (2023). Peningkatan Kapasitas Produksi Dan Pemasaran Teh Gaharu Dalam Diversifikasi Produk Gaharu Di Koperasi Cagar Jaga Nusantara, Kabupaten Langkat. JPKM Unimed, 29(1), 56–59. https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i1.42384

Arfan, N., & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452

Dahlan, M. (2017). Peran Pengabdian pada Masyarakat dalam Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 81–86. https://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/16612

Hidayatulloh, A., Ainy, R. N., & Nafiati, L. (2019). Peningkatan Akuntabilitas Keuangan Kelompok UMKM ‘Aisyiah Bantul Melalui Pelatihan Pembukuan dan Perpajakan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1, 681–686. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/2307

Irjayanti, M., & Azis, A. M. (2023). Pelatihan Manajemen dan Pembukuan pada Usaha Kecil Industri Kreatif Jenis Fashion. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 75–82. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v7i1.5644

Irjayanti, M., Azis, A. M., & Sari, P. A. (2016). indonesian smes readiness for asean economic community. СВІТОВЕ ГОСПОДАРСТВО І МІЖНАРОДНІ ЕКОНОМІЧНІ ВІДНОСИНИ, 31–38.

Kautsar, I., Suroso, A. I., & Hartrisari, H. (2016). Strategi Usaha Mikro dan Kecil Menghadapi Peluang dan Ancaman Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (Studi Kasus Usaha Mikro dan Kecil Kota Depok). Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(1), 126–139. https://doi.org/10.18202/JAM23026332.14.1.14

Pratiwi, A., Santoso, E., & Fatmawati. (2017). Eskalasi Usaha Konveksi Kaos Dan Seragam Kerja Melalui Strategi Kualitas Produk , Pemasaran Melalui E-Commerce Pada Wirausaha Forum Difabel Malang Raya. Indonesian Journal of Disability Studies (IJDS), 4(1), 45–50. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2017.4.1.7

Reswari, G. P. A., & Siswanto, A. P. (2023). Pendampingan Digitalisasi Produk Komoditi Desa Ponggok Kabupaten Klaten. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3). https://doi.org/10.31960/caradde.v5i3.1806

Siregar, G., Arda, M., Damanik, W. S., Saragih, S. A., Popy, P., & Zulham, M. (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Kelompok Tani Keloria. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 29(1), 60–63. https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i1.42385

Sunanti, S., Maftukhin, & Rahmawati, T. (2022). Sistem Akuntansi dan Pengendalian Internal Terhadap Keberhasilan UMKM di Kecamatan Losari. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5314–5328. https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.1706

Tambunan, T. T. H. (2018). The impact of the economic crisis on micro , small , and medium enterprises and their crisis mitigation measures in Southeast Asia with reference to Indonesia. Asia and the Pacific Policy Studies, January, 19–39. https://doi.org/10.1002/app5.264

Yuliansyah, H., Mulasari, S. A., Tentama, F., Sulistyawati, S., Nafiati, L., & Sukesi, T. W. (2022). Pengembangan dan Pemanfaatan Platform Digital Untuk Desa Wisata di Desa Ngoro-oro Gunungkidul. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 2(1), 56–65. https://doi.org/10.20895/IJCOSIN.V2I1.385

Downloads

Published

2024-03-22

How to Cite

Maulidina, C. M., & Nafiati, L. (2024). Penerapan sistem informasi akuntansi, digital marketing dan e-commerce untuk meningkatkan literasi digitalisasi dan kinerja UMKM. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(1), 187–199. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21506