Digital literacy canva terhadap anak berkebutuhan khusus
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i2.21638Keywords:
berkebutuhan khusus, digital literacy, bakat dan minatAbstract
Anak berkebutuhan khusus (ABK) seringkali dipandang sebelah mata dalam lingkungan masyarakat, baik dari sisi edukasi, sosialisasi, bahkan dalam dunia kerja. Dengan adanya perlakuan khusus seperti itu, banyak sekali ABK mengalami keterbelakangan, dimana hal tersebut menghalangi mereka dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan karier yang hendak ditempuh. Melihat situasi dan kondisi tersebut, maka penulis beriktikad untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tujuan untuk mendorong potensi ABK, khususnya dalam dunia digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan cara memberikan pelatihan dan mengembangkan bakat dan minat ABK terkait dengan digital literacy di komunitas AORA Surabaya. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Service Learning dimana para mahasiswa mengajak para ABK untuk memahami sekaligus melakukan praktik terhadap materi yang disampaikan terkait dengan digital literacy. Media yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah aplikasi Canva sebagai sarana untuk meningkatkan digital literacy ABK. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa dari 30 peserta yang berpartisipasi dalam pelatihan Canva, sebanyak 20% (6 orang) peserta tertarik dalam mengikuti materi yang diberikan.References
Amalia, F., Salahuddin, R., & Astutik, A. P. (2023). Utilisation of canva application and student worksheet digital-based islamic learning. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 70–83. https://doi.org/10.51276/edu.v5i1.546
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan karakter siswa melalui pemanfaatan literasi digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609
Fantin, M. (2010). Perspectives on media literacy, digital literacy and information literacy: International Journal of Digital Literacy and Digital Competence, 1(4), 10–15. https://doi.org/10.4018/jdldc.2010100102
Gada, S. (2022). Special educational needs and disability. In S. Gada, Neurodisability and Community Child Health (pp. 649–674). Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/med/9780198851912.003.0013
Harahap, A., Wibowo, T. S., Sitopu, J. W., Solehuddin, Moh., & Napsin, N. (2022). Penggunaan dan manfaat aplikasi canva sebagai media pembelajaran ditingkat Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 8(2), 539–544. https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3782
Nurkamilah, S., Muttaqin, E. Z., & Sofwan, A. (2023). Literasi digital masyarakat dalam menghadapi tantangan digital abad 21 melalui program gerakan literasi digital di kabupaten Garut. Jurnal Pengabdian Literasi Digital Indonesia, 2(2), 97–106. https://doi.org/10.57119/abdimas.v2i2.46
Ramadhan, C. (2022). The analysis of digital learning platforms use in EFL learning. Jurnal Literasi Digital, 2(2), 139–144. https://doi.org/10.54065/jld.2.2.2022.230
Suprihatin, S. (2017). Workshop penyusunan program pembelajaran yang diindividualkan bagi guru dalam pelayanan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus di TK Sawitri, komplek UNJ Duren Sawit. Sarwahita, 11(2), 87. https://doi.org/10.21009/sarwahita.112.05
Vidiawati, C. T., & Istikomah, I. (2023). Implementing the use of canva media to promote interest in reading and writing the qur’an in primary schools: Implementasi penggunaan media canva dalam menumbuhkan minat baca tulis Al-Qur’an di sekolah dasar. https://doi.org/10.21070/ups.1692
Yasir. (2023, October 6). Teknologi dan dukungan untuk anak berkebutuhan khusus: Membuka potensi yang tak terbatas. Portal Informasi Digital Pendidikan Khusus. https://pipensus.disdik.kalteng.go.id/teknologi-dan-dukungan-untuk-anak-berkebutuhan-khusus-membuka-potensi-yang-tak-terbatas/
Zaitun, M. A. (2018). Pendidikan anak berkebutuhan khusus. Kreasi Edukasi. https://doi.org/10.31227/osf.io/jqu3f
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dave Reynard, Jeffrey Belmiro Susanto, Lim Madeleine Tirtamurti, Kevin Sutanto, Mariana Ing Malelak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.