Pengembangan kemandirian digital melalui workshop digital marketing bagi generasi Z

Authors

  • Shafiera Lazuarni Universitas Indo Global Mandiri
  • Asmawati Asharie Universitas Indo Global Mandiri
  • Putri Rahmawaty Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i2.21773

Keywords:

kemandirian digital, digital marketing, generasi z

Abstract

Kota Palembang mengalami perubahan besar dalam ranah teknologi informasi dan komunikasi. Namun masih banyak tantangan yang dihadapi generasi Z seperti kesenjangan keterampilan, kurangnya pemahaman tentang digital marketing, dan persaingan di pasar kerja. Hal ini menunjukkan perlunya pengembangan keterampilan digital marketing untuk mempersiapkan mereka masuk ke dalam pasar kerja yang semakin terdigitalisasi. Agar pelatihan berjalan efektif dan efisien, tim menggunakan metode ABCD. Audience: peserta diidentifikasi berdasarkan tingkat pengetahuan awal melalui survei. Behavior: peserta diharapkan memahami dan menerapkan channel digital marketing serta merencanakan kampanye digital yang efektif. Condition: materi disusun sesuai kebutuhan peserta, kegiatan dilaksanakan selama dua hari secara online menggunakan media presentasi, video tutorial, dan praktik langsung. Degree: Keberhasilan dievaluasi melalui penilaian sebelum dan sesudah pelatihan serta umpan balik untuk perbaikan kegiatan mendatang. Hasil kegiatan menunjukkan terjadi peningkatan pemahaman peserta dalam semua aspek yang dievaluasi. Pemahaman peserta meningkat menjadi baik atau sangat baik. Khususnya pada aspek channel marketing digital, perencanaan kampanye, analisis target audiens, strategi konten media sosial, struktur kampanye, dan penggunaan alat analisis digital meningkat dengan mayoritas peserta melaporkan pemahaman menjadi sangat baik di setiap aspek.

References

Dewi, S., Safitri, A., & Wijaya, K. (2024). Workshop Pembedayaan UMKM di Desa Wonokerto di Era 5.0 Menggunakan Strategi Digital Marketing. Journal ABDIMAS ITSNU, 1(1), 44–52. https://ejurnal.itsnupekalongan.ac.id/index.php/abdimasitsnu/article/view/18

Dharta, F. Y., Dewi, L. K. C., Rasyid, R., Ratnawita, & Arwani, M. (2024). The Role of Competitive Advantage as a Mediation of Digital Marketing on Marketing Performance. International Journal of Economics Development Research, 5(1), 64–75. https://doi.org/10.37385/ijedr.v5i2.4697

Lazuarni, S., Ramadhanty, D. N., Barika, Z., Mandiri, I. G., Global, U. I., & Lazuarni, S. (2024). Pelatihan Desain Packaging Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Tarik dan Branding UMKM Lokal. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 375–382. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.4125

Pasha, D., & Saputra, V. H. (2023). Workshop Digital Marketing dan Multimedia SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Jurnal Abdimas Teknologi Informasi Dan Digitalisasi (JATI-DIG), 1(1), 24–28. https://doi.org/10.58602/jati-dig.v1i1.22

Punjabi, P., Aruna V, Patil, S. S., Prasadh, R. R., Labhane, S., & Badhusha, M. (2024). Navigating the New Wave; Unveiling the Transformation Effects of social media On Digital Marketing in The Emerging Era. Journal of Informatics Education and Research, 4(1), 35–41. https://doi.org/10.52783/jier.v4i1.516

Purba, M. L., Haloho, E., & Hasibuan, R. (2019). Seminar Creativepreneurship dan Workshop Dasar Digital Marketing Produk UMKM di Era Milenial. Journal of Community Service, 1(1), 33–37. https://doi.org/10.56670/jcs.v1i1.5

Purnama, I. (2023). Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing Bagi Siswa dan Guru SMK Negeri 1 Rengat Provinsi Riau. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 66–69. https://zadama.marospub.com/index.php/journal/article/view/60%0Ahttps://zadama.marospub.com/index.php/journal/article/download/60/95

Ruslaini, R., Abizar, A., Ramadhani, N., & Ahmad, I. (2021). Peningkatan Manajemen dan Teknologi Pemasaran pada UMKM OJESA (Ojek Sahabat Wanita) dalam Mengatasi Less Contact Ekonomi Masa COVID-19. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 139–144. https://doi.org/10.31604/jpm.v4i1.139-144

Saura, J. R. (2021). Using Data Sciences in Digital Marketing: Framework, methods, and performance metrics. Journal of Innovation and Knowledge, 6(2), 92–102. https://doi.org/10.1016/j.jik.2020.08.001

Setiawan, E., Ariwibowo, M. F., & Hidayat, I. S. (2023). Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing di SMKN 3 Palembang. Communnity Development Journal, 4(1), 88–94. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.11707

Sudalyo, R. A. T., Prasetyaningrum, N. E., Kusanti, J., & Hendro, A. (2022). Workshop Peningkatan Kapabilitas Siswa SMKN 1 Boyolali dalam Manajemen Konten Podcast sebagai Strategi Digital Marketing Dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Surakarta Bersama PT. Radio karya Pancaran Swaramedia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13460–13467. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4584

Yao, L. (2024). How Does Sustainable Digital Marketing Affect Consumer Behavior? American Journal of Industrial and Business Management, 14(3), 261–282. https://doi.org/10.4236/ajibm.2024.143013

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

Lazuarni, S., Asharie, A., & Rahmawaty, P. (2024). Pengembangan kemandirian digital melalui workshop digital marketing bagi generasi Z. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(2), 278–287. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i2.21773