Kultur jaringan tumbuhan dasar sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa

Authors

  • Ratih Restiani Universitas Kristen Duta Wacana
  • Sarah Mega Pratenna Kaban Universitas Kristen Duta Wacana
  • Astrid Ayu Sekar Universitas Kristen Duta Wacana
  • Josiah Harold Matheos Universitas Kristen Duta Wacana
  • Gemma Galgani Universitas Kristen Duta Wacana

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i2.21800

Keywords:

keterampilan, kultur jaringan tumbuhan, pelatihan, pengetahuan

Abstract

Perkembangan IPTEK saat ini berkontribusi dalam meningkatnya implementasi bioteknologi dalam kehidupan manusia. Kultur jaringan tumbuhan merupakan salah satu aplikasi bioteknologi di bidang pertanian. Pengenalan kultur jaringan tumbuhan sejak dini bagi siswa SMA menjadi salah satu upaya mempersiapkan SDM yang terampil. Namun demikian, siswa SMA masih mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran bioteknologi terutama pada topik ini. Pembelajaran yang berfokus pada teori dan tidak dilengkapi dengan kegiatan praktikum merupakan penyebab siswa sulit memahami pelajaran tersebut. Kendala ini terutama dialami oleh siswa kelas XII SMA BOPKRI I Yogyakarta. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dasar siswa pada materi kultur jaringan tumbuhan. Metode kegiatan pengabdian adalah participatory Action Research (PAR) yang diberikan dalam bentuk pelatihan. Pelaksanaan pelatihan dibagi menjadi dua sesi yaitu pemaparan materi pengantar, demonstrasi praktikum dan kegiatan praktikum. Acara praktikum meliputi pembuatan media kultur dan sterilisasi serta inokulasi eksplan. Berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan pengabdian ini telah berhasil sebesar 100% dalam meningkatkan pengetahuan berdasarkan hasil tanya jawab selama pelatihan serta keterampilan dalam melaksanakan tahapan kultur jaringan tumbuhan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini lebih lanjut dapat diintegrasikan dengan kegiatan pembelajaran biologi di kelas sehingga proses pelatihan dan pendampingan mengenai kultur jaringan tumbuhan dapat berlangsung lebih intensif. Selain itu, project kelompok yang diberikan selama kegiatan pengabdian dapat membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran bioteknologi di kelas.

References

Anis, M., & Ahmad, N. (2016). Plant tissue culture: Propagation, conservation and crop improvement. Plant Tissue Culture: Propagation, Conservation and Crop Improvement, 1–621. https://doi.org/10.1007/978-981-10-1917-3

Barcelos, M. C. S., Lupki, F. B., Campolina, G. A., Nelson, D. L., & Molina, G. (2018). The colors of biotechnology: General overview and developments of white, green and blue areas. FEMS Microbiology Letters, 365(21), 1–11. https://doi.org/10.1093/femsle/fny239

Bhojwani, S. S., & Dantu, P. K. (2013). Plant tissue culture: An introductory text. In Plant Tissue Culture: An Introductory Text. https://doi.org/10.1007/978-81-322-1026-9

Bidabadi, S. S., & Mohan Jain, S. (2020). Cellular, molecular, and physiological aspects of in vitro plant regeneration. Plants, 9(6), 10–13. https://doi.org/10.3390/plants9060702

Cornish, F., Breton, N., Moreno-Tabarez, U., Delgado, J., Rua, M., de-Graft Aikins, A., & Hodgetts, D. (2023). Participatory action research. Nature Reviews Methods Primers, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.1038/s43586-023-00214-1

Firda, A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA pada Materi Kultur Jaringan Tumbuhan. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 73–77. https://journal.unilak.ac.id/index.php/BL/article/view/2694

Habibah, N. A. (2021). Produksi Senyawa Bioaktif dari Kultur Kalus Gembili (Dioscorea esculenta). In deepublish.

Hartini, H., Narulita, E., & Iqbal, M. (2019). Pengembangan Virtual Laboratory pada topik kultur jaringan tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 1. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.658

Hasnain, A., Naqvi, S. A. H., Ayesha, S. I., Khalid, F., Ellahi, M., Iqbal, S., Hassan, M. Z., Abbas, A., Adamski, R., Markowska, D., Baazeem, A., Mustafa, G., Moustafa, M., Hasan, M. E., & Abdelhamid, M. M. A. (2022). Plants in vitro propagation with its applications in food, pharmaceuticals and cosmetic industries; current scenario and future approaches. Frontiers in Plant Science, 13(October), 1–21. https://doi.org/10.3389/fpls.2022.1009395

Huda, A. I., Harahap, F., & Edi, S. (2017). Analysis of Biological Difficulties in Studying Tissue Culture at Medan State University. International Journal of Humanities, Social Sciences and Education, 4(11), 65–71. https://doi.org/10.20431/2349-0381.0411007

Munawir. (2020). Modul Pembelajaran SMA BIOLOGI : Bioteknologi Biologi Kelas XII. Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Nihayah, D., Rahayu, E. S., & Nugrahaningsih, N. (2018). Development of Alternative Plant Tissue Culture Module to Optimize Science Process Skills and Curiosity in Modern Biotechnology Learning in High School. Journal of Innovative Science Education, 7(2), 336–342. https://doi.org/10.15294/jise.v7i2.24792

Nuraini, D., Astuti, I., & Enawaty, E. (2022). Pengembangan Panduan Praktikum Kultur Jaringan dalam Pembelajaran Biologi di SMA Kristen Makedonia Debora. Jurnal Biotek, 10(2), 140–154. https://doi.org/10.24252/jb.v10i2.32212

Restiani, R., Dolonseda, A. C., Kaban, S. M. P., Hutabarat, C. T., Sekar, A. A., Meliana, F. A., Linardi, M., Verrell, N., & KY, A. A. B. (2022). Efficient Callus and Shoot Induction Protocol from Leaf and Node Explants of Javanese Ginseng (Talinum paniculatum (Jacq.) Gaertn.). Scholars Journal of Agriculture and Veterinary Sciences, 9(12), 223–231. https://doi.org/10.36347/sjavs.2022.v09i12.003

Soedarwo, V. S. D., Ramadhani Fuadiputra, I., Reevany Bustami, M., & Jha, G. K. (2022). Participatory Action Research (PAR) Model for Developing A Tourism Village in Indonesia. Journal of Local Government Issues, 5(2), 193–206. https://doi.org/10.22219/logos.v5i2.21279

Wahyuni, F. D., & Novianti, T. (2022). Peningkatan Pengetahuan Siswa SMA Negeri 1 Glagah tentang Kultur Jaringan melalui Edukasi Online. Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 8(3), 1–5. https://doi.org/10.47007/abd.v8i03.5213

Zulpadly, Harahap, F., & Edi, S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Materi Bioteknologi SMA Negeri Se- Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 242–248. https://doi.org/10.24114/jpb.v6i1.4327

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Restiani, R., Kaban, S. M. P., Sekar, A. A., Matheos, J. H., & Galgani, G. (2024). Kultur jaringan tumbuhan dasar sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(2), 339–348. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i2.21800