Edukasi pencegahan dan penanganan bullying di lingkungan sekolah berbasis pondok pesantren

Authors

  • Ainul Azhari Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Aslihatul Rahmawati Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i2.21817

Keywords:

kompetensi, menulis, inovasi, best practice

Abstract

Bullying merupakan tindakan intimidasi yang dilakukan secara berulang-ulang oleh pihak yang lebih kuat terhadap pihak yang lebih lemah, dilakukan dengan sengaja dan bertujuan untuk melukai korbannya secara fisik maupun emosional. Dalam melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan pada Pondok Pesantren Daarul Abroor Lebak Wangi Kabupaten Tangerang menggunakan metode PAR (Participatory Action Research)Permasalahan bullying ini seringkali terjadi dalam berbagai konteks sosial, khususnya dalam bidang pendidikan. Karena siswa-siswi SMP dan SMA rentan dari bullying. Upaya penyuluhan perlu dilakukan, agar pelaku dan bullying memahami dampak yang akan terjadi. Kemudian dilanjutkan dengan pendampingan kepada pengurus OSIS SMP dan SMA Daarul Abroor Lebak Wangi. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah berupa penyuluhan di lingkungan sekolah untuk memberikan pemahaman kepada para siswa tentang bullying dan upaya dalam pencegahan perbuatan bullying dan penanganan dari tindakan bully serta menumbuhkan kesadaran dan membiasakan diri dalam kehidupan sehari-hari untuk berbicara dan bertindak yang sopan kepada guru, teman dan orang tua di rumah. Kemudian dari penyuluhan tersebut dilanjutkan ke pendampingan kepada pengurus OSIS dari SMP dan SMA Daarul Abroor agar dapat dan memiliki peran penting dalam mengawasi serta meminimalisir terjadinya tindakan bullying baik di lingkungan sekolah maupun pondok pesantren. Kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar.

References

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (eds.)). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI. https://pendispress.kemenag.go.id/index.php/ppress/catalog/book/19

Astuti, P. R. (2008). Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Menanggulangi Kekerasan Pada Anak. Grasindo.

Carroll, A., Houghton, S. ., Durkin, K., & Hattie, J. A. (2009). Adolescent Reputations and Risk: Developmental trajectories to delinquency. Springer Science + Business Media.

Coloroso, B. (2007). Stop Bullying (Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU). Ikrar Mandiriabadi.

Fatkhiati. (2023). Bullying Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 12(3), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i3.20235

Goodwin, D. (2010). Strategi Mengatasi Bullying. Lexy Pello.

Haslan, M. M., Sawaludin, S., & Fauzan, A. (2022). Faktor-Faktor Mempengaruhi Terjadinya Perilaku Perundungan(Bullying) pada Siswa SMPN Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(2), 24. https://doi.org/10.31764/civicus.v9i2.6836

Krahe, B. (2005). Perilaku Agresif: Buku Panduan Psikologi Sosial. Pustaka Pelajar.

Kurniawan, A. Y., Ayuningtyas, D. W., Aurelia, M., & ... (2022). Penyuluhan Pencegahan Bullying Terhadap Kalangan Pelajar SMP. Prosiding Seminar …, 1–8.

Limilia, P., & Prihandini, P. (2019). Penyuluhan Stop Bullying sebagai Pencegahan Perundungan Siswa di SD Negeri Sukakarya, Arcamanik - Bandung. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(01), 12–16.

Lusiana, S. N. E., & Arifin, S. (2022). Dampak Bullying Terhadap Kepribadian Dan Pendidikan Seorang Anak. Kariman, 10(02), 337–350. https://doi.org/https://doi.org/10.52185/kariman.v10i2.252

Munawarah, R. R. D. (2022). Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus) Di Raudhatul Athfal Mawar Gayo. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 15–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i2.14468

Murtiningsih, I. (2021). Penyuluhan Anti Bullying Peserta Didik. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 2(1), 11. https://doi.org/10.32585/ijecs.v2i1.919

Olweus. (1994). Bullying at School. Blackwell.

Prihatin, L., Nooryanto, F. H., Suyani, S., Suryadi, S., Halim, A., & Kusumawati, S. (2023). Penyuluhan Mencegah Bullying di Lingkungan Sekolah pada Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 36–41. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1361

Sejiwa, T. (2008). Bullying: Panduan bagi Orang Tua dan Guru Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan. Grasindo.

Suryani. (2016). Stop Bullying. Soul Journey.

Wulansari, L., Vernia, D. M., Nurisman, H., Hermanto, H., Widiarto, T., Sutina, S., & Widiyarto, S. (2023). Penyuluhan Pencegahan Perundungan (Bullying) di SMP Kota Bekasi Jawa Barat. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(5), 638–643. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i5.462

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Azhari, A., & Rahmawati, A. (2024). Edukasi pencegahan dan penanganan bullying di lingkungan sekolah berbasis pondok pesantren. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(2), 383–392. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i2.21817