Implementasi fotografi produk dengan menggunakan kamera smartphone bagi pelaku UMKM

Authors

  • Intan Putri Universitas Sumatera Selatan
  • Dendi Universitas Sumatera Selatan
  • Ahmad Iman Mulyadi Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Adli Universitas Sumatera Selatan
  • Diah Triesia Universitas Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i2.21843

Keywords:

digital marketing, fotografi produk, UMKM

Abstract

Teknologi digital menjadi unsur utama terhadap pengembangan industri konvensional menuju industri digital sehingga mampu mentransfer data tanpa bantuan manusia serta dengan adanya big data agar mampu membantu dalam menentukan arah dalam bisnis. Perubahan-perubahan ini yang mengharuskan pelaku UMKM menguasai dengan baik sehingga mampu memasarkan produknya dengan baik dengan berbagai aplikasi yang akan digunakan nantinya. Hadirnya beragam platform belanja online (digital) menjadi pasar potensial bagi siapa saja khususnya pelaku UMKM untuk ikut berkecimpung sehingga dapat secara maksimal memasuki dunia digital tersebut. Hampir semua platform tersebut basisnya adalah internet, bahkan media sosial yang saat ini hampir digunakan masyarakat Indonesia dimanfaatkan untuk berjualan atau memasarkan produk, jasa dan layanan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul Implementasi Fotografi Produk dengan Menggunakan Kamera Smartphone Bagi Pelaku UMKM di 26 Ilir Kota Palembang merupakan bentuk sosialisasi dengan metode project based learning dalam pelatihan dan pendampingan yang diharapkan dapat berkontribusi dalam pengetahuan masyarakat dalam pemanfaatan Kamera Smartphone sebagai bentuk Implementasi Fotografi Produk yang bertujuan dapat meningkatkan pemasaran produk UMKM khususnya di Kota Palembang.

References

Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Bachtiar, Palmira Permata, Niken Kusumawardhani, dan Veto Tyas Indrio. 2022. Mendukung Transformasi Digital Usaha Mikro Dan Kecil Di Daerah Istimewa Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 Sorotan. Catatan Penelitian Smeru No. 1/Maret/2022

Cipto, A. W. (2021). Mengenal Fitur Pada Kamera Smartphone - Excellent Computer. Https://www.excellentcom.id/.

DPRKP. (2020). Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Https://dprkp.jakarta.go.id/.https://dprkp.jakarta.go.id/?cmd=product-rptra

Hadiono, Kristophorus dan Rina Candra Noor Santi. 2020. Menyongsong Transformasi Digital. Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Stikubank. Proceeding Sendiu 2020 ISBN: 978-979- 3649-72-6.

Isbalna. (2019). Mengenal Fitur Manual Camera Smartphone - phonegrahpyindonesia.

J. Loonam, S. Eaves, V. Kumar, and G. Parry, “Towards digital transformation: Lessons learned from traditional organizations,” Strategi. Chang, vol. 27, no. 2, pp. 101–109, 2018.

K. Osmundsen, J. Iden, and B. Bygstad, “Digital Transformation: Drivers, Success Factors, and Implications,” Mediterr. Conf. Inf. Syst. Proc., vol. 12, pp. 1– 15, 2018.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. 2021. Dukungan Pemerintahan Bagi UMKM Agar Pulih di Masa Pandemi. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/2939/dukungan-pemerintah-bagi- umkm-agar-pulih-di-masa-pandemi. Diakses Rabu, 07 September 2022, Pukul 17.30

Leo, Hasbi Jusuma. 2022. Pemberdayaan UMKM Kemenkeu dari Sumsel Telah dimulai. https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/3937- pemberdayaan-umkm-kemenkeu-dari-sumsel-telah-dimulai.html. Diakses Rabu, 07 September 2022, Pukul 17.30

LPPI. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). https://www.bi.go.id/id/umkm/penelitian/Documents/ProfilBisnis UMKM.pdf

Muzdalifah, Laily, Muhafidhah Novie, Shofiyatus Zaqiyah. 2020. Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju UMKM Go-Digital di Era Pandemi Covid 19 dan Era New Normal Bagi Pelaku UMKM Sidoarjo. Program Studi Manajamen Fakultas Ekonomi, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo: Seminar Nasional Sistem Informasi 2020, 20 Oktober 2020 Fakultas Teknologi Informasi – UNMER Malang.

Photography. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology- Universitas InternasionalBatam, 1(1), 439–451. https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/article/download/1446/948/

Pratiwi, Fuji. 2022. Diskop UMKM Palembang Bentuk Tim Data ulang Usaha Kecil. https://www.republika.co.id/berita/rbrkg3457/dinkop-umkm-palembang-bentuk-tim-data-ulang-usaha-kecil. Diakses Rabu, 07 September 2022, Pukul 17.30

Primadhyta, Safyra. 2022. 19 Juta Pelaku UMKM Masuk Ekosistem Digital Per Mei 2022. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220616172828-92- 809888/19-juta-pelaku-umkm-masuk-ekosistem-digital-per-mei-2022. Diakses Rabu, 07 September 2022, Pukul 17.30

R. Morakanyane, A. Grace, and P. O’Reilly, “Conceptualizing digital transformation in business organizations: A systematic review of literature,” 30th Bled eConference Digit. Transform. - From Connect. Things to Transform. our Lives, BLED 2017, pp. 427–444, 2017.

Ryan, Damian & Jones, Calvin. 2009. Understanding Digital Marketing. London: Kogan Page.

Saliama, J. S., & Wibowo, T. (2020). Studi Komparasi Teknik Antara DSLR dan Smartphone.

Simatupang, S., Widati, G., & Erwin, B. (2020). Proses Sosial Dan Fisik Dalam Produksi Ruang Publik Perkotaan Studi Kasus: Pembangunan Rptra Di Jakarta. In http://repository.uki.ac.id/.http://repository.uki.ac.id/2324/1/PROSESSOSI ALDANFISIK.pdf

Solihin, S. R., & Fiandra, Y. (2022). Perancangan Handbook Fotografi Produk Menggunakan Smartphone Untuk Pemilik Bisnis Online Di Kabupaten Bandung. KREATIF(Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental Dan Inovatif), 4(1), 17–https://journalkreatif.sttbandung.ac.id/index.php/files/article/view/32/28

Tanjung, M. R. (2016). Fotografi Ponsel (Smartphone) Sebagai Sarana Media Dalam Perkembangan Masyarakat Modern. Jurnal Proporsi Universitas Potensi Utama, 1(2), 224–234. https://ejournal.potensi- utama.ac.id/ojs/index.php/PROPORSI/article/download/527/666

Downloads

Published

2024-06-09

How to Cite

Putri, I., Dendi, Mulyadi, A. I., Adli, & Triesia, D. (2024). Implementasi fotografi produk dengan menggunakan kamera smartphone bagi pelaku UMKM. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(2), 373–382. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i2.21843