Fasilitasi UMKM go digital melalui jasa konsultasi dan inovasi digital marketing

Authors

  • Titis Surya Maha Rianti Universitas Islam Malang
  • Nabilla Ardiyan Putri Universitas Islam Malang
  • Siti Rohmatul Mudawamah Universitas Islam Malang
  • Rafli Universitas Islam Malang
  • Aura Lintang Firdaus Universitas Islam Malang
  • Moh Zakaria Anshori Universitas Islam Malang
  • Imalatul Royhana Universitas Islam Malang
  • Nisfaturrohmalia Asnafi Universitas Islam Malang
  • M. Aqil Dzulfikri Universitas Islam Malang
  • M. Nafi’izzuddin Universitas Islam Malang
  • Nurul Fauzhi Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22127

Keywords:

jasa konsultasi, digital, marketing, UMKM, metode ABCD

Abstract

UMKM yang tersebar di Indonesia sebanyak 58 juta. Akan tetapi karakteristik dari UMKM yang tersebar di Indonesia sebagian besar mengalami kesulitan di bidang pemasaran, belum memilih pasar yang akan dilayani, perencanaan produk, produk spesifik yang dijual, pembentukan lini produk dan desain penawaran individual pada masing-masing lini. Maka dari masalah tersebut, JANNATI hadir sebagai layanan jasa terkait dengan digital marketing yang bertujuan mendukung UMKM untuk memulai Go Digital, dengan metode pelaksanaan yang meliputi proses 1) analisis potensi dan masalah, 2) penetapan program, 3) pelaksanakan kegiatan, 4) monitoring & evaluasi. Jannati menggunakan metode pendekatan (ABCD) Asset Based Community Development.  Jannati telah menjalin kerjasama dengan dua UMKM dengan rasionalisasi pemilihan UMKM berdasarkan kategori makanan dan minuman yang memiliki potensi untuk dikembangkan, yaitu kripik (tempe, menjes dan bayam) dan es teler. Pelaku UMKM tersebut belum memiliki katalog produk, video promosi bahkan logo dengan adanya Jannati para pelaku UMKM mendapatkan penyuluhan tentang pentingnya pada aspek digital marketing sehingga dua UMKM tersebut mendapatkan pelayanan katalog produk, desain label dan video promosi. Berdasarkan uraian tersebut, program konsultan jasa dengan tema JANNATI (Jasa Konsultan Digital Marketing) sudah berhasil dilaksanakan dengan tercapainya semua indikator keberhasilan, sehingga untuk keberlanjutan program dapat dikatakan layak dan berpeluang besar untuk dikembangkan lebih baik lagi kedepannya.

References

Aryansah, J. E., Mirani, D., & Martina, M. (2020). Strategi bertahan usaha mikro kecil dan menengah sektor kuliner di masa pandemi covid-19. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 12(1), 323–329. http://ejournal.ft.unsri.ac.id/index.php/avoer/article/view/165

Aufar, A. (2014). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM (Survei pada Perusahaan Rekanan PT. PLN (Persero) di Kota Bandung) [Skripsi]. Universitas Widyatama.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Sa’diyah, H., & Oktafia, R. (2022). Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Omset Penjualan UMKM Kerajinan Kopyah. MALIA (TERAKREDITASI), 13(1), 107–122. https://doi.org/10.35891/ml.v13i1.2786

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Strategi Pemasaran. Preshallindo, Jakarta.

Kusumasari, R. N., & Afrilia, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu J&C Cookies Bandumg Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Sains Manajemen, 2(1), 97–103. https://doi.org/10.51977/jsm.v2i1.209

Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., Siregar, L. D., Andriana, I., & Thamrin, K. M. H. (2021). Menjadi "UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 17–28. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.29

Neumar, R. W., Otto, C. W., Link, M. S., Kronick, S. L., Shuster, M., Callaway, C. W., Kudenchuk, P. J., Ornato, J. P., McNally, B., Silvers, S. M., Passman, R. S., White, R. D., Hess, E. P., Tang, W., Davis, D., Sinz, E., & Laurie J. Morrison, L. J.. (2010). Part 8: Adult Advanced Cardiovascular Life Support: 2010 American Heart Association Guidelines for Cardiopulmonary Resuscitation and Emergency Cardiovascular Care. Circulation, 122(3), S729-S767. https://doi.org/10.1161/CIRCULATIONAHA.110.970988

Philip Kotler, K. L. K. (2006). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Pearson Education, Inc.

Swastha, B., & Handoko, T. H. (2000). Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Cetakan Ketiga. Yogyakarta: Liberty.

Tambunan, T. (2002). Usaha kecil dan menengah di Indonesia: beberapa isu penting. Salemba Empat. Jakarta. https://books.google.co.id/books?id=uv7sAAAAMAAJ

Tjiptono, F. (2000). Perspektif manajemen dan pemasaran kontemporer. Yogyakarta: Andi, 294.

Downloads

Published

2024-09-08

How to Cite

Rianti, T. S. M., Putri, N. A., Mudawamah, S. R., Rafli, Firdaus, A. L., Anshori, M. Z., Royhana, I., Asnafi, N., Dzulfikri, M. A., Nafi’izzuddin, M., & Fauzhi, N. (2024). Fasilitasi UMKM go digital melalui jasa konsultasi dan inovasi digital marketing. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(4), 887–897. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22127