Fasilitasi UMKM go digital melalui jasa konsultasi dan inovasi digital marketing
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22127Keywords:
jasa konsultasi, digital, marketing, UMKM, metode ABCDAbstract
UMKM yang tersebar di Indonesia sebanyak 58 juta. Akan tetapi karakteristik dari UMKM yang tersebar di Indonesia sebagian besar mengalami kesulitan di bidang pemasaran, belum memilih pasar yang akan dilayani, perencanaan produk, produk spesifik yang dijual, pembentukan lini produk dan desain penawaran individual pada masing-masing lini. Maka dari masalah tersebut, JANNATI hadir sebagai layanan jasa terkait dengan digital marketing yang bertujuan mendukung UMKM untuk memulai Go Digital, dengan metode pelaksanaan yang meliputi proses 1) analisis potensi dan masalah, 2) penetapan program, 3) pelaksanakan kegiatan, 4) monitoring & evaluasi. Jannati menggunakan metode pendekatan (ABCD) Asset Based Community Development. Jannati telah menjalin kerjasama dengan dua UMKM dengan rasionalisasi pemilihan UMKM berdasarkan kategori makanan dan minuman yang memiliki potensi untuk dikembangkan, yaitu kripik (tempe, menjes dan bayam) dan es teler. Pelaku UMKM tersebut belum memiliki katalog produk, video promosi bahkan logo dengan adanya Jannati para pelaku UMKM mendapatkan penyuluhan tentang pentingnya pada aspek digital marketing sehingga dua UMKM tersebut mendapatkan pelayanan katalog produk, desain label dan video promosi. Berdasarkan uraian tersebut, program konsultan jasa dengan tema JANNATI (Jasa Konsultan Digital Marketing) sudah berhasil dilaksanakan dengan tercapainya semua indikator keberhasilan, sehingga untuk keberlanjutan program dapat dikatakan layak dan berpeluang besar untuk dikembangkan lebih baik lagi kedepannya.
References
Aryansah, J. E., Mirani, D., & Martina, M. (2020). Strategi bertahan usaha mikro kecil dan menengah sektor kuliner di masa pandemi covid-19. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 12(1), 323–329. http://ejournal.ft.unsri.ac.id/index.php/avoer/article/view/165
Aufar, A. (2014). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM (Survei pada Perusahaan Rekanan PT. PLN (Persero) di Kota Bandung) [Skripsi]. Universitas Widyatama.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Sa’diyah, H., & Oktafia, R. (2022). Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Omset Penjualan UMKM Kerajinan Kopyah. MALIA (TERAKREDITASI), 13(1), 107–122. https://doi.org/10.35891/ml.v13i1.2786
Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Strategi Pemasaran. Preshallindo, Jakarta.
Kusumasari, R. N., & Afrilia, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu J&C Cookies Bandumg Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Sains Manajemen, 2(1), 97–103. https://doi.org/10.51977/jsm.v2i1.209
Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., Siregar, L. D., Andriana, I., & Thamrin, K. M. H. (2021). Menjadi "UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 17–28. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.29
Neumar, R. W., Otto, C. W., Link, M. S., Kronick, S. L., Shuster, M., Callaway, C. W., Kudenchuk, P. J., Ornato, J. P., McNally, B., Silvers, S. M., Passman, R. S., White, R. D., Hess, E. P., Tang, W., Davis, D., Sinz, E., & Laurie J. Morrison, L. J.. (2010). Part 8: Adult Advanced Cardiovascular Life Support: 2010 American Heart Association Guidelines for Cardiopulmonary Resuscitation and Emergency Cardiovascular Care. Circulation, 122(3), S729-S767. https://doi.org/10.1161/CIRCULATIONAHA.110.970988
Philip Kotler, K. L. K. (2006). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Pearson Education, Inc.
Swastha, B., & Handoko, T. H. (2000). Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Cetakan Ketiga. Yogyakarta: Liberty.
Tambunan, T. (2002). Usaha kecil dan menengah di Indonesia: beberapa isu penting. Salemba Empat. Jakarta. https://books.google.co.id/books?id=uv7sAAAAMAAJ
Tjiptono, F. (2000). Perspektif manajemen dan pemasaran kontemporer. Yogyakarta: Andi, 294.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Titis Surya Maha Rianti, Nabilla Ardiyan Putri, Siti Rohmatul Mudawamah, Rafli, Aura Lintang Firdaus, Moh Zakaria Anshori, Imalatul Royhana, Nisfaturrohmalia Asnafi, M. Aqil Dzulfikri, M. Nafi’izzuddin, Nurul Fauzhi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.