Transformasi kompetensi Guru SMK dengan land development autodesk civil 3D

Authors

  • Ahmad Zarkasi Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Anwar Efendy Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Adryan Fitrayudha Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Aulia Muttaqin Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Sasmito Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Mudji Wahyudi Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Joni Safaat Adiansyah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Dwi Winarti Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Intan Novianti Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Dinda Risky Amelia Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.22139

Keywords:

pelatihan, civil 3D, kompetensi guru

Abstract

Tridharma Perguruan Tinggi meliputi pembelajaran, pengabdian kepada masyarakat, dan riset. Salah satu kewajiban utamanya adalah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), berupa gotong royong, pelatihan, pendampingan, advokasi, dan sosialisasi. Kurikulum 2013, yang terus diperbaiki, mencakup aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) juga mengalami penyempurnaan Kurikulum 2013, yang berimplikasi pada perubahan materi ajar. Dalam hal ini, kompetensi keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) membutuhkan penguasaan materi ajar baru. Teknologi Autodesk Civil 3D, yang digunakan untuk desain teknik, menjadi penting untuk diajarkan. Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan Civil 3D kepada guru-guru SMKN 1 Gunungsari guna meningkatkan kompetensi mereka dan mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang relevan dengan industri. Metode yang digunakan meliputi identifikasi kebutuhan, partisipasi dan kolaborasi dengan mitra industri, pendekatan partisipatif dalam proyek nyata, serta pelatihan yang mencakup presentasi, demonstrasi, dan praktik langsung. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam kompetensi guru, dengan capaian rata-rata 82% meningkat 57% dari sebelumnya. Dengan mengintegrasikan pembelajaran Civil 3D ke dalam metode pembelajaran tefa memberikan penerapan yang lebih nyata dalam proses pembelajaran sehingga lulusan SMKN 1 Gunungsari memiliki daya saing tinggi di dunia kerja.

References

Ariyanto, A. S. (2021). Pemanfaatan Perangkat Lunak Autocad Civil 3D V. 2019 Sebagai Alat Bantu Perencanaan Grading. Bangun Rakaprima, 7(2), 71–79. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i2.2999

Atmajayani, R. D. (2018). Implementasi Penggunaan Aplikasi AutoCAD dalam Meningkatkan Kompetensi Dasar Menggambar teknik bagi Masyarakat. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 184–189. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.174

Balqis, T. A., Agustina, R., & Tumangger, R. (2023). Perencanaan Geometrik menggunakan Autocad Civil 3D pada Jalan Akses Gedung Kuliah Bersama Politeknik Negeri Lampung. Jurnal Tekno Global, 12(1), 58–62. https://doi.org/10.36982/jtg.v12i01.3184

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Strengthening Pancasila Values During the Covid-19 Pandemic. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2411–2417. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.443

Kusnadi, Gaus, A., & Rauf, I. (2022). Pelatihan Autocad Civil 3D Pada Masyarakat Jasa Konstruksi. Jurnal Pengabdian Khairun (JPK), 1(1), 12–18. https://doi.org/10.33387/jepk.v1i1.4448

Kuswantoro, A. (2014). Teaching Factory (1st ed.). Graha Ilmu.

Oktaviani, Andreas, L. O., & Ashar, F. (2021). Pelatihan Aplikasi Autodesk Civil 3D pada Mata Diklat Konstruksi Jalan dan Jembatan bagi Para Guru Jurusan Bangunan di Kabupaten 50 Kota. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 8(3), 146–154. https://doi.org/10.24036/cived.v8i3.115712

Qurohman, M. T., Romadhon, S. A., & Wulandari, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Siswa dan Guru SMK Dinamika Kota Tegaltentang Pemanfaatan Program Komputasi Matematika Geogebra. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(Khusus), 1–4. https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i0.2674

Shafira, N., Santoso, T. H., Hermawan, O. H., Weimintoro, & Yusuf, M. (2024). Pelatihan Aplikasi Autocad Guna Meningkatkan Kompetensi Siswa di SMK N 03 Kota Tegal. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 101–106. https://www.ojs.utmmataram.ac.id/index.php/abdimas/article/view/699

Sudiyono. (2020). Teaching Factory sebagai Upaya Peningkatan Mutu Lulusan di SMK. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 12(2), 159–181. https://doi.org/10.24832/jpkp.v12i2.271

Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas. (2019). Pelatihan E-Learning bagi Guru untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–117. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3470

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Zarkasi, A., Efendy, A., Fitrayudha, A., Muttaqin, A., Sasmito, Wahyudi, M., Adiansyah, J. S., Winarti, D., Novianti, I., & Amelia, D. R. (2024). Transformasi kompetensi Guru SMK dengan land development autodesk civil 3D. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(3), 524–534. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.22139