Perencanaan keuangan untuk guru sekolah dasar dalam mengelola gaji dan investasi dengan bijak

Authors

  • Try Wulandari Universitas Indo Global Mandiri
  • Fauzia Afriyani Universitas Indo Global Mandiri
  • Abdul Kholik Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.22227

Keywords:

gaji, guru, investasi, keuangan, literasi

Abstract

Program pelatihan pengelolaan keuangan dan investasi bagi guru sekolah dasar bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kecakapan dalam mengelola keuangan pribadi dan strategi investasi. Melalui sesi interaktif dan latihan praktis, peserta mendapatkan wawasan tentang penganggaran, tabungan, dan perencanaan keuangan jangka panjang. Pelatihan ini menekankan pentingnya literasi keuangan dalam memberdayakan guru untuk membuat keputusan yang terinformasi mengenai keuangan pribadi dan menjadi teladan bagi murid-murid. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode pelatihan berupa pembelajaran berbasis keterampilan dengan pendekatan yang berorientasi pada konten yaitu ceramah. Selain itu, pre-test dan post-test dilakukan untuk mengukur keberhasilan pelatihan ini. Hasil yang didapat ialah adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap pengelolaan keuangan dan investasi setelah pemaparan materi. Hal ini dibuktikan dengan para peserta dapat menjawab pertanyaan post-test lebih baik dari sebelum materi disampaikan. Hal ini juga mengindikasikan bahwa pelatihan tentang pengelolaan keuangan investasi dibutuhkan dan berhasil meningkatkan literasi keuangan para guru Sekolah Dasar Negeri 139 Kota Palembang.

References

Ali, M., Askan, Rukslin, & Mufidah, W. (2022). Metode Asset Based Community Development Teori dan Aplikasinya: Vol. I. https://repository.insightmediatama.co.id/books/article/view/20

Azmi, Z., Hilia Anriva, D., Rodiah, S., Ramashar, W., Ahyaruddin, M., Marlina, E., Bidin, I., Agustina Putri, A., Fathurahmi Lawita Prodi Akuntansi, N., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2018). Peningkatan Literasi Keuangan Melalui Perencanaan Keuangan Keluarga. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2(1). https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i1.599

Busyro, W., Septianingsih, R., & Ario Wahdi Elsye, M. (2018). Literasi Keuangan Syariah Bagi Guru dan Siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2(1). https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i1.576

Effendy, I. (2016). VOLT Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Journal Homepage: Jurnal.Untirta.Ac.Id/Index.Php/VOLT, 1(2), 81–88.

Hati, F. S. (2023). Evaluasi Skor Pre-Test dan Post-Test Peserta Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi bagi Dokter dan Bidan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 7(1), 67–78. https://doi.org/10.37730/edutrained.v7i1.220

Herawan, E., Komarudin, Destiana, R., & Misdi. (2021). Peningkatan Literasi Keuangan Guru Melalui Pemanfaatan. Jurnal Ilmiah Populer, 3(3), 42–46. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i3.259

Hidayah, A. P. N., Purbawangsa, I. B. A., & Abundanti, N. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Perencanaan Keuangan dan Pendapatan Terhadap Kesejahteraan Keuangan Guru Perempuan di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(7), 672. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i07.p03

Kusumaningtyas, I., Hakim, L., & Harti, H. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Investasi Guru Ekonomi SMA/MA Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 10(2), 141–154. https://doi.org/10.26740/jepk.v10n2.p141-154

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021a). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SDN Bojong 04. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Program Peningkatan Literasi Keuangan Syariah Bagi. (n.d.).

Susiani, E. T., & Isnawati, I. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Use Pre-Test Based Learning (UPBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Pelajaran Mikrobiologi Kesehatan Siswa SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 533–542. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.984

Yuwana, S. I. P. (2022). Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas SDM Masyarakat dengan Menggunakan Metode Asset Bassed Community Development (ABCD) di Desa Pecalongan Kec. Sukosari Bondowoso. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(3), 330–338. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i3.735

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Wulandari, T., Afriyani, F., & Kholik, A. (2024). Perencanaan keuangan untuk guru sekolah dasar dalam mengelola gaji dan investasi dengan bijak. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(3), 616–624. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i3.22227