Strategi peningkatan kualitas pembelajaran berbasis dunia kerja
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22291Keywords:
SMKN 1 Sekampung, Fakultas Teknik UMMATAbstract
Keterampilan kerja yang berkualitas sangat penting untuk bersaing dalam pasar global yang semakin terhubung dan canggih. Pemerintah Indonesia telah meluncurkan program SMK Pusat Keunggulan melalui Dirjen Vokasi untuk menjawab kebutuhan tersebut. Program ini bertujuan memperbaharui pendidikan vokasi sesuai dengan tuntutan industri. Terdiri dari tiga kategori, yaitu SMK Pusat Keunggulan 2021, SMK Pusat Keunggulan Lanjutan, dan SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan, yang memberikan dukungan infrastruktur serta pengembangan kapasitas fisik dan non-fisik. Tujuan program ini adalah membentuk hubungan antara pendidikan dan dunia kerja melalui pelatihan guru, pengembangan kurikulum, dan penerapan Teaching Factory. Di SMKN 1 Sekampung, tim dari Fakultas Teknik UMMAT memberikan bimbingan selama tiga bulan dengan fokus pada koordinasi, proyek industri, dan Bursa Kerja Khusus (BKK). Dampaknya terlihat dari peningkatan hasil tracer study dari 80% menjadi 90%, panduan sarana prasarana baru, serta penyesuaian kurikulum dengan konsep Merdeka Belajar. Meskipun dihadapkan dengan tantangan teknis dan non-teknis, upaya ini telah berhasil meningkatkan kualitas pendidikan serta kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan industri. Kolaborasi antara sekolah, dinas pendidikan, dan perguruan tinggi menjadi kunci sukses dalam mengatasi tantangan tersebut. Program ini menjadi contoh bagus dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi dengan mengintegrasikan dunia pendidikan dan industri, yang diharapkan dapat menjadi model untuk program serupa di masa depan.
References
Ekhsan, M., Badrianto, Y., Juariah, S., & Astuti, D. (2023). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Pelatihan Talent Management untuk Karir Sukses di Industri. JLP : Jurnal Lentera Pengabdian, 1(3), 293–298. https://doi.org/10.59422/lp.v1i03.69
Hasnah, S., Annas, A. N., Sundari, S., & Dhaniswara, E. (2023). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligences (AI) pada sekolah kedinasan di era revolusi industri 4.0 dan society 5.O. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 10546–10555. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Indahri, Y., Andina, E., & Kartika, S. D. (2020). Sekolah Menengah Kejuruan dan Tantangan Revitalisasi (S. E. P. Djahimo (ed.)). Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.
Ismiatun, S. R., Neliwati, N., & Khairuddin, K. (2023). Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kerja Sama dengan Dunia Industri. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 61–72. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v5i1.766
Novita, M. (2017). Sarana dan Prasarana yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. NUR EL-ISLAM Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 4(2), 97–129. https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/72
Nurcahyono, B., Retnowati, R., & Sutisna, E. (2020). Implementasi Kurikulum Berbasis Industri di SMK Mitra Industri Mm2100 Cikarang - Bekasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 81–88. https://doi.org/10.33751/jmp.v8i2.2760
Rusman. (2022). Tantangan Sumber Daya Manusia di Era Globalisasi. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 4(2), 78–84. https://stiemmamuju.e-journal.id/FJIIM/article/view/115
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ringgi Puteri Samengasbumi, Hafiz Hamdani, Aji Syailendra Ubaidillah, Sukuryadi, Swahip, Hady Rasikhun, Nurul Hidayati, Erni Yustissiani, Maya Saridewi Pascanawati, Isfanari, Amanda Putri, M. Tunso Sapta Artansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.