Optimalisasi pengalaman belajar pada program pelatihan daring melalui adaptasi alat ukur e-learning learning experience

Authors

  • Anggun Nadia Fatimah Universitas Negeri Jakarta
  • Mentari Anugrah Imsa Universitas Negeri Jakarta
  • Asep Sugiarto Universitas Negeri Jakarta
  • Atmaradhifa Hadinayu Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22314

Keywords:

e-learning learner experience, participatory action research

Abstract

Pengalaman belajar merupakan salah satu kunci keberhasilan program pelatihan daring. Adanya pengalaman positif memungkinkan pengguna tergerak untuk menggunakan layanan secara berkelanjutan. Meski demikian, di ranah daring khususnya, penyedia layanan pembelajaran atau pelatihan daring acapkali kesulitan mengevalusi seperti apa pengalaman belajar yang diperoleh pengguna layanannya. Artikel ini mendeskripsikan alur program pengabdian masyarakat yang menitikberatkan peningkatan kualitas pengalaman belajar pada aktivitas pelatihan daring melalui adaptasi dan modifikasi instrumen pengukur pengalaman belajar daring (e-learning learner experience). Objek pengabdian adalah Lluvia Social Enterprise, sebuah usaha rintisan berbasis sosial yang memanfaatkan konsep pembelajaran daring sebagai ruang refleksi untuk meningkatkan self-awarenes dan pengembangan komunitas. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), untuk menjamin relevansi program yang dirancang dengan kebutuhan objek pengabdian. Melalui enam tahapan PAR, kolaborasi pengabdian ini menghasilkan instrumen adaptasi yang terukur, sistematis, dan telah disesuaikan dengan kebutuhan mitra pengabdian. Dengan adanya instrumen ini diharapkan proses evaluasi dan peningkatan kualitas layanan pelatihan daring yang Lluvia adakan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

References

Carpenter, J. P., & Krutka, D. G. (2015). Engagement through microblogging: educator professional development via Twitter. Professional Development in Education, 41(4), 707–728. https://doi.org/10.1080/19415257.2014.939294

Cornish, F., Breton, N. N., Moreno-Tabarez, U., Delgado, J., Rua, M. R., Aikins, A. de-G., & Hodgetts, D. (2023). Participatory action research. Nature Reviews Methods Primers, 3(1). https://doi.org/10.1038/s43586-023-00214-1

Fatimah, A. N. (2022). How Does a Virtual Learning Community Learn? A Lesson Learned from Komunitas Guru Belajar in Indonesia. ICHELSS: International Conference on Humanities, Education, Law, and Social Sciences, 2(1), 17–30. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/hispisi/article/view/30890

Fatimah, A. N., & Irwansyah. (2020). Indonesian version of FASER LX scale to measure Learner Experience: A validation study. The 1st JESSD Symposium: International Symposium of Earth, Energy, Environmental Science and Sustainable Development, 211. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202021101013

Fatimah, A. N., Irwansyah, Sarwono, B., & Kartikawangi, D. (2020). Learner Experience dalam Komunitas Belajar Virtual (Studi pada Aktivitas Pembelajaran Daring di Komunitas Guru Belajar). Universitas Indonesia.

Fridayanti, A. (2021). Hubungan Kemudahan Akses Terhadap Minat Belajar Komunitas Virtual Ruang Guru. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hassan, H. M., & Galal-Edeen, G. H. (2017). From usability to user experience. International Conference on Intelligent Informatics and Biomedical Sciences (ICIIBMS). https://doi.org/10.1109/ICIIBMS.2017.8279761

Mulyati, Y., Sastromiharjo, A., Damaianti, V. S., Saputra, D., Handayani, W., Mualimah, E. N., Latif, A., & Alamsyah, Z. (2023). Pengoptimalan kemampuan evaluasi guru bahasa indonesia di era 5.0. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 74–81. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19899

Safsouf, Y., Khalifa, M., & Franck, P. (2017). Towards a Multidimensional Model to Study a Critical Success Factors Affecting Continuity and Success in E-Learning Systems. 10th International Conference on Developments in ESystems Engineering (DeSE), 129–134. https://doi.org/10.1109/DeSE.2017.26

Safsouf, Y., Mansouri, K., & Poirier, F. (2018). A New Model of Learner Experience in Online Learning Environments. Information Systems and Technologies to Support Learning, 29–38. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-030-03577-8_4

Safsouf, Y., Mansouri, K., & Poirier, F. (2019). Design of a new scale to measure the learner experience in e-learning system. 13th International Conference on E-Learning, 301–304. https://doi.org/10.33965/el2019_201909C042

Sari, I. N., Putra, E. D. N., Sabila, N., & Hamid, H. (2021). Layanan Pendampingan Belajar dan English Club pada Masa Covid-19 untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(1), 85–89. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.11428

Wiramarta, K. (2023). Analisis konten komunitas belajar profesional pendidik (PLC) dengan mode virtual dalam mengembangkan kompetensi pendidik. PINTU: Pusat Penjaminan Mutu, 4(2), 1–11. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jurnalmutu/article/view/3875

Downloads

Published

2024-09-27

How to Cite

Fatimah, A. N., Imsa, M. A., Sugiarto, A., & Hadinayu, A. (2024). Optimalisasi pengalaman belajar pada program pelatihan daring melalui adaptasi alat ukur e-learning learning experience. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(4), 957–967. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22314