Efektivitas program sore belajar terhadap peningkatan kualitas pendidikan bagi anak sekolah dasar

Authors

  • Asmar Sholeh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ramadan Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dea Azka Nadira Pohan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dwi Haryati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Heppy Ariani Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ikhrawati Suryani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khatulistiwa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurma Dayanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rahmah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Satria Hutabarat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22320

Keywords:

sore belajar, pendidikan, anak sekolah dasar

Abstract

Pendidikan dasar memainkan peran penting dalam membentuk fondasi bagi perkembangan akademik dan karakter anak-anak. Pengabdian masyarakat yang dilakukan di Huta Tanjung Anom, Nagori Mancuk, Kecamatan Huta Bayu Raja, Kabupaten Simalungun menunjukkan bahwa kualitas pendidikan dasar masih menjadi tantangan besar. Dengan itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini memiliki fokus untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kalangan anak sekolah dasar melalui program “Sore Belajar”. Program ini muncul sebagai respons terhadap rendahnya kualitas literasi dan keterampilan belajar anak-anak di Huta Tanjung Anom yang berdampak negatif pada prestasi akademik mereka. Tujuan utama kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan literasi yakni: membaca, menulis, menghitung dan berpikir kritis anak-anak melalui metode pengajaran yang interaktif dan menyenangkan. Metode dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode Participatory Action Research. Metode Participatory Action Research terdiri dari lima tahapan, yaitu: sosialisasi awal, pemetaan sosial, perencanaan partisipatif, pelaksanaan aksi dan monitoring evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat melalui program Sore Belajar dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak pada tingkat sekolah dasar diberikan bobot, yaitu: sedang dan tinggi. Dengan kata lain menunjukkan bahwa program Sore Belajar dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak di Huta Tanjung Anom terutama dalam kegiatan literasi. Demikian, program ini mendapatkan apresiasi dari kepala desa, masyarakat dan anak-anak di Huta Tanjung Anom.

References

Abady, A. P. (2013). Perencanaan Partisipatif Dalam Pembangunan Daerah. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(1), 25-34. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/Otoritas/article/view/55/53

Adiani Hulu, E. V. (2024). Peran Mahasiswa Kuliah Praktek dan Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa IAKN Tarutung Dalam Meningkatkan Kemampuan Calistung Anak Di SD Desa Pagar Batu. JNB: Jurnal Nusantara Berbakti, 2(3), 1-6. https://ukitoraja.id/index.php/jnb/article/view/370/378

Agus Afandi, N. L. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Ahmad Muklas, E. l. (2023). Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa Melalui Program Bimbingan Belajar Di Luar Jam Sekolah Di Desa Penindaian. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 2(1), 118-125. https://journal.mandiracendikia.com/index.php/pkm/article/view/212/138

Alfan Biroli, E. P. (2022). Social Mapping (Membedah Konsep dan Aplikasi Pemetaan Sosial). Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Eneng Endah, A. A. (2023). Peran Keluarga, Sekolah dan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar dan Pembentukan Karakter Peserta Didik. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(4), 551-554. https://anthor.org/index.php/anthor/article/view/202/143

Fery Wijayanto, A. H. (2024). Pengembangan Inovasi Sekolah Alam: Upaya Meningkatkan Literasi Anak Di Pedesaan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(1), 106-118. https://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/21447/16169

Kosasih, E. (2018). Partisipatory Action Research (Par) Implementasi Kebijakan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun Di Kabupaten Serang. Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS), 2(2), 323-347. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JIPAGS/article/view/4880/5496

Kusnaka Adimihardja, H. H. (2003). PARTICIPATORY RESEARCH APPRAISAL: Dalam Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat. Bandung: Humaniora.

Lestari Eko Wahyudi, A. M. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Ma'arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies (MJEMIAS), 1(1), 18-22. https://jurnal.maarifnumalang.id/index.php/mjemias/article/view/3/3

Nur Rahmawati Sulistiyorini, R. S. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Di Lingkungan Margaluyu Kelurahan Cicurug. SHARE: Social Work Journal, 5(1), 71-80. https://core.ac.uk/download/pdf/289791002.pdf

Rif’ah, S. (2022). Jagung Betiring Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Dengan Metode Participatory Action Research (PAR). PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 95-107. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Participatory/article/view/1836/1146

Sukmayeti, E. (2019). Pemetaan Sosial Terhadap Sumber Daya dan Aksesibilitas Nelayan Dalam Kebijakan Pembangunan Wisata Pesisir. Society, 7(2), 125-145.

Sumardi Efendi, S. H. (2023). Program Desa Binaan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Di Gampong Pasi Mesjid Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. GOTAVA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 26-33. https://sdmce.net/gotava/index.php/jpm/article/view/6/14

Vera Firdaus, H. H. (2017). Desain Training Guru PAUD Melalui Analisis Kebutuhan Training Untuk Meningkatkan Kinerja Guru PAUD. Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA, 216-224. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/view/399/380

Zunaidi, A. (2024). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat: Pendekatan Praktis Untuk Memberdayakan Komunitas. Bekasi: Yayasan Putra Adi Dharma.

Downloads

Published

2024-09-02

How to Cite

Sholeh, A., Lubis, R., Pohan, D. A. N., Haryati, D., Harahap, H. A., Suryani, I., Khatulistiwa, Dayanti, N., Rahmah, & Hutabarat, S. (2024). Efektivitas program sore belajar terhadap peningkatan kualitas pendidikan bagi anak sekolah dasar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(4), 874–886. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22320