Meningkatkan literasi perbankan untuk UMKM melalui diseminasi kredit usaha rakyat
Keywords:
KUR, literasi perbankan, UMKMAbstract
Depok sebagai kota penyangga Jakarta memiliki UMKM yang cukup banyak. UMKM di Depok tergabung dalam Perkumpulan Jaringan Wirausaha Anak Negeri (Jawara) Kota Depok dengan anggota kurang lebih 5.000 anggota. 70% dari anggota Jawara Depok bergerak di bidang kuliner. Tiga tahun terakhir terjadi penurunan jumlah UMKM, karena banyak UMKM yang bangkrut. Untuk menginvestasi penyebab bangkrutnya UMKM digunakan metode PAR (Participatory Action Research), kemudian menetapkan prioritas permasalahan. Dari hasil investigasi diketahui bahwa mayoritas UMKM tidak mampu membayar pinjaman kepada pihak ketiga karena biaya bunganya mahal. Untuk mengatasi permasalahan itu Prodi Sarjana Terapan Keuangan dan Perbankan melakukan sosialisasi literasi perbankan KUR. KUR dapat dijadikan sebagai alternatif pemenuhan modal yang murah untuk para UMKM. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2024 di Gedung Serba Guna, Politeknik Negeri Jakarta yang diikuti oleh 33 UMKM. Dalam hal narasumber tim bekerjasama dengan BRI cabang Margonda Depok yang membawahi bidang KUR. Dari hasil sosialisasi, UMKM memperoleh informasi tentang KUR 2024 dan syarat memperoleh KUR. Kegiatan ini dapat mengubah persepsi UMKM tentang sulitnya memperoleh KUR. Dengan adanya perubahan sudut pandang tentang KUR, maka dapat memotivasi UMKM untuk terus berkembang lebih baik ke depannya.
References
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (eds.)). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI. https://pendispress.kemenag.go.id/index.php/ppress/catalog/book/19
Babalola, S. S., & Agbenyegah, A. T. (2016). Rural Entrepreneurship: An Insight Into Impeding Factors Influencing Micro-Entrepreneurial Growth. Journal of Applied Business Research (JABR), 32(6), 1751–1760. https://doi.org/10.19030/jabr.v32i6.9821
Fauzia, I. Y. (2017). Mendeteksi Kebangkrutan Secara Dini Perspektif Ekonomi Islam. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 19(1), 90. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2015.v19.i1.1758
Hartono, Maulina, A., Noviandari, Sukirno, & Sholeh, M. (2021). Green Business Umkm Di Kota Depok. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 83–89. https://doi.org/10.31334/jks.v3i2.1268
Ilmi, N. A. N. (2021). Peran UMKM Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran Masyarakat dan Strategi UMKM Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(1), 96–107. https://doi.org/10.38043/jmb.v18i1.2790
Irsyam, T. W. M. (2017). Berkembang dalam Bayang-Bayang Jakarta: Sejarah Depok 1950-1990-an (1st ed.). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Nafisah Yuliani, Essy Malays Sari Sakti, & Dian Gustina. (2023). Peningkatan Produktifitas UMKM Kuliner Jawara Depok Melalui Pelatihan Digital Marketing Pada Platform E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan. IKRA-ITH Informatika : Jurnal Komputer Dan Informatika, 7(3), 209–218. https://doi.org/10.37817/ikraith-informatika.v7i3.3084
Nainggolan, R. (2016). Gender, Tingkat Pendidikan Dan Lama Usaha Sebagai Determinan. Kinerja, 20(1), 1–12. https://doi.org/10.24002/kinerja.v20i1.693
Neergaard H, S. E. (2005). The impact of gender, social capital and networks on business ownership: a research agenda. International Journal of Entrepreneurial Behavior and Research.
Nuari, A. R. (2018). Pentingnya Usaha Kecil Menengah (UKM) Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 1–11.
Peters, R. M., & Brijlal, P. (2011). The Relationship between Levels of Education of Entrepreneurs and Their Business Success: A Study of the Province of Kwazulu-Natal, South Africa. Industry and Higher Education, 25(4), 265–275. https://doi.org/10.5367/ihe.2011.0048
Rosmadi, M. L. N. (2020). Inovasi dan Kreativitas Pelaku Usaha UMKM di Era Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(2), 87–93. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v4i2.1021
Rozinah, S., & Meiriki, A. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Usaha Mikto Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 3(2), 134. https://doi.org/10.22441/jdm.v3i2.10573
Rusli, tiffani shahnaz, Bosri, Y., Amelia, D., Rahayu, D., Setiaji, B., Suhadarliyah, Syarfina, Ansar, Syahruddin, Amiruddin, & Yuniwati, I. (2024). Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini Anggota IKAPI (026/DIA/2021) (Vol. 6, Issue 1).
Sakti, E. M. S., Yuliani, N., & Gustina, D. (2023). Peningkatan Daya Saing Umkm Kuliner Jawara Depok Menuju Transformasi Digital Melalui Pelatihan Manajemen dan Pemasaran. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 4(2), 105–112. https://doi.org/10.36590/jagri.v4i2.722
Sawitri, A. P., Sugijanto, Handayani, C. M. S., & Ariprabowo, T. (2022). Pengelolaan Keuangan Bagi UMKM di Lingkungan Warga Sepanjang Kecamatan Taman Sidoarjo. Jurnal Penamas Adi Buana, 3(1), 99–104. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/ekobisabdimas/article/view/5840
UJDIH BPK Bengkulu. (2020). Program Pemulihan Ekonomi Nasional Dalam Rangka Mendukung Kebijakan Keuangan Negara Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019. Tulisan Hukum, 1.
Wijanarko, A., & Susila, I. (2016). Faktor Kunci Keberhasilan Umkm Kreatifkey Success Factors of Small and Medium Entreprises. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis & Call For Paper FEB UMSIDA, 67–81.
Zakiyah, E. F., Kasmo, A. B. P., & Nugroho, L. (2022). Peran Dan Fungsi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Memitigasi Resesi Ekonomi Global 2023. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(4), 1657–1668. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i4.4482
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tetty Rimenda; Efriyanto; Nuraeni Hadiati Farhani; Sandhika Cipta Bidhari; Edward Hot Hamonangan, Hanifah Rahmah Fitriah, Siti Nur Khaerunnisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.