Pengembangan wisata halal dan destination branding di komunitas kelompok sadar wisata (POKDARWIS) desa wisata

Authors

  • Nur Hidayati Setyani Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Fenny Bintarawati Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Anis Fittria Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22342

Keywords:

desa wisata, wisata halal, POKDARWIS

Abstract

Desa wisata menjadi pariwisata menarik di Indonesia. Pada tahun 2017 pengembangan parawisata berbasis desa wisata dicanangkan oleh pemerintah Indonesia melalui program “Visit Indonesia”. Desa wisata Munding merupakan salah satu desa wisata berkembang di Kabupaten Semarang. Sektor andalan desa wisata Munding adalah wisata religi dan wisata alam. Di samping ada sektor wisata pertanian, dan budaya. Desa wisata Munding dikelola oleh Komunitas Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS). Salah satu harapan desa wisata adalah menjadi desa wisata halal. Pengelolaan desa wisata Munding belum optimal terutama dalam destination branding. Metode dalam pengabdian masyarakat ini adalah Asset Based Community Development (ABCD). Metode ABCD adalah metode pengabdian dengan model pendekatan yang memberikan perhatian pada inventarisasi atau pengumpulan asset yang ada dalam sebuah masyarakat. Kegiatan pemberdayaan ini berbentuk Penguatan dan Pendampingan Pengembangan Wisata Halal dan Destination Branding. Ada empat kegiatan pengabdian yaitu: Assesment lapangan, Pendampingan Wisata Halal di Komunitas Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), Pendampingan Destination Branding di Komunitas Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), dan Seminar Pengembangan Wisata Halal dan Destination Branding di Komunitas Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS). Kegiatan pengabdian ini diharapkan mampu menambah optimalisasi pengelolaan desa wisata Munding oleh Komunitas Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS). Hal tersebut agar meningkatkan destination branding serta mewujudkan pariwisata halal desa wisata Munding.

References

Fadhlan, M., & Subakti, G. E. (2020). Perkembangan Industri Wisata Halal di Indonesia dan Dunia. Indonesian Journal of Halal, 5(1), 76–80. https://doi.org/10.14710/halal.v5i1.14385

Ferdiansyah, H. (2020). Pengembangan Pariwisata Halal Di Indonesia Melalui Konsep Smart Tourism. Tornare, 2(1), 30. https://doi.org/10.24198/tornare.v2i1.25831

Fittria, A., Imron, A., Rusmadi, R., & Adzkiya’, U. (2022). Optimalisasi Manajemen SDM dan Digitalisasi pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 22(1), 51–66. https://doi.org/10.21580/dms.2022.221.9687

Kamila, E. F. (2021). Peran Industri Halal Dalam Mengdongkrak Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Di Era New Normal. Likuid Jurnal Ekonomi Industri Halal, 1(1), 10–27. https://doi.org/10.15575/likuid.v1i1.12731

Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid 2, E). Erlangga.

Maulida, D. (2019). Tourism Destination Branding: Analisis Strategi Branding Wisata Halal “The Light Of Aceh” (Studi Kasus pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Tahun 2015-2016). SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.35308/source.v5i1.1171

Nirmala, B. P. W., & Paramitha, A. A. I. I. (2020). Digitalisasi Desa dan Potensi Wisata Di Desa Kerta, Kabupaten Gianyar Menuju Pariwisata 4.0. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 350–355. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.11273

Permatasari, D. N. C. (2022). Perancangan Destination Branding Desa Wisata Bongan melalui Visual Branding dan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Makardhi, 2(1), 9–22. https://doi.org/10.52352/makardhi.v2i1.794

Reza, V. (2020). Pariwisata Halal Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal An-Nahl, 7(2), 106–112. https://doi.org/10.54576/annahl.v7i2.20

Romdloniyatun. (2022). Wawancara Romdloniyatun.

Triambodo, S., & Damanik, J. (2015). Analisis Strategi Penguatan Kelembagaan Desa Wisata Berbasis Ekonomi Kreatif (Studi di Desa Wisata Kerajinan Tenun Dusun Gamplong, Desa Sumberrahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, DIY). Universitas Gadjah Mada.

Wijaya, M. B. R., Dwijanto, & Niravita, A. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Munding Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Untuk Mendukung Program Desa Wisata Alam dan Religi. Proceeding Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Kepada Masyarakat. https://proceeding.unnes.ac.id/snkppm/article/view/173

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Setyani, N. H., Bintarawati, F., & Fittria, A. (2024). Pengembangan wisata halal dan destination branding di komunitas kelompok sadar wisata (POKDARWIS) desa wisata. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(4), 837–847. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22342