Added value potensi limbah pinus berbasis ekonomi hijau melalui sekolah hutan

Authors

  • Verjunnea Ali Choiriyan Universitas Tidar
  • Tri Puji Rahayu Universitas Tidar
  • Erika Kurniasari Universitas Tidar
  • Mirna Fatmawati Universitas Tidar
  • Isnaini Nurbaitti Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22344

Keywords:

sekolah hutan, bunga pinus, nilai tambah

Abstract

Hutan Pinus Sleker Asri terletak di Desa Gandusari, Kecamatan Bandongan, Magelang. Semenjak Covid-19 melanda, kondisi hutan menjadi tidak sebagus pada saat masih menjadi destinasi wisata. Hutan pinus ini memiliki potensi besar untuk  meningkatkan perekonomian melalui pengelolaan yang baik, terencana, dan konsisten. Salah satu permasalahan yang dihadapi yaitu belum dimanfaatkannya limbah pinus secara optimal. Sekolah hutan merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Tim PPK Ormawa UKM Pelita Universitas Tidar. Di dalam program terdapat kegiatan yaitu pemanfaatan dan pengolahan hasil limbah pinus di Hutan Sleker Asri menjadi kerajinan berupa buket dan hiasan dinding. Sasaran kegiatan ini ialah Kelompok Wanita Tani (KWT) Permai Tani dan para remaja perempuan di Desa Gandusari dengan tujuan memberikan edukasi mengenai pengelolaan potensi hutan pinus berbasis ekonomi hijau. Metodologi yang digunakan menggunakan pendekatan PKM Participatory Action Research (PAR). Langkah pelaksanaan kegiatan yang dilakukan meliputi: pemetaan awal potensi hasil hutan; koordinasi dengan mitra; merumusakan permasalahan; penentuan agenda program kegiatan sebagai bentuk solusi permasalahan; pengorganisasian mitra atau masyarakat; pelaksanaan program dengan penyampaian pre-test dan post-test berkaitan dengan topik program, serta monitoring dan evaluasi program. Hasil dari program ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan masyarakat, dan nilai tambah dalam mengoptimalkan potensi hasil di Kawasan Hutan Pinus Sleker Asri.

References

Afandi, A. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan

Ardianingsih, A., & Feby Meliana, D. (2021). Edukasi Ekonomi Hijau dalam Menumbuhkan Semangat “Green Entrepreneurship.” Jurnal Abdimas, 2. http://dx.doi.org/10.31941/abdms.v2i0.1931

BPS Kabupaten Magelang. (2022). Luas Kawasan Hutan Perhutani (Hektar) 2020-2022. Retrieved July 20, 2024, from https://magelangkab.bps.go.id/indicator/165/584/1/luas-kawasan-hutan-perhutani-hektar-.html

Desa Gandusari. (2024). Data Demografi Berdasar Pekerjaan. Retrieved July 20, 2024, from https://gandusari-magelang.desa.id/First/statistik/1

Fathihani, Randyantini, V., & Puji Saputri, I. (2024). Penyuluhan Model Bisnis Hijau UMKM dalam Mendorong Transformasi Ekonomi Hijau. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi Ipteks, 2. 2: 361-367. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i2.573

Firdaus, A., & Shodikin, A. (2022). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Soal Cerita pada Materi Pecahan Berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 6(1), 61–68. https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.50

Fitri, T. Y., & Wati, L. (2024). Kematangan Emosi Wanita Usia 18-29 Tahun yang Sudah Menikah. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 703–707. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23640

Hanif, M., Wahyuni, S., & Muryanto, M. (2023). Peningkatan Pendapatan Ibu-Ibu Rumah Tangga di Ngebel Melalui Kerajinan Bunga Pinus. Communio: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3), 152–157. https://jurnal.litnuspublisher.com/index.php/jpkm/article/view/95

Innayah, M. N., & Pratama, B. C. (2019). Tantangan dan Kesempatan Wanita dalam Lingkungan Kerja. Derivatif: Jurnal Manajemen, 13(2). https://doi,org/10.24127/jm.v13i2.393

Kurnia, A., & Sunarno, W. (2021). Pola Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Gender Siswa Sekolah Menengah dalam Pembelajaran IPA. Risenologi, 6(1b), 6–10. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2021.61b.235

Lutfi Fahmi, R., Khonitah, N., Hidayah, T., & Fitri, N. (2019). Potensi Buah Pinus (Pinus Palustris Mill) menjadi Bio-Pestisida sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat yang Madani dan Lestari di Desa Pelutan. Prosiding Seminar Nasional Mewujudkan Masyarakat Madani dan Lestari seri 9. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/17349

Nugroho, M. R. P., Tamherwarin, M. Z. R., & Supriyono. (2024). Penguatan Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan dengan Ekonomi Hijau. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 13(1), 62–67. https://dx.doi.org/10.36080/jem.v13i1.2860

Regif, S. Y., Seran, M. S., Naif, I. Y., Pattipeilohy, A., & Saputri, L. (2023). Literasi Digital Ekonomi Hijau Terhadap Pemberdayaan UMKM Desa di Kabupaten Langkat. Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan, 9(1). https://doi.org/10.37058/jipp.v9i1.6922

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Choiriyan, V. A., Rahayu, T. P., Kurniasari, E., Fatmawati, M., & Nurbaitti, I. (2024). Added value potensi limbah pinus berbasis ekonomi hijau melalui sekolah hutan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(4), 794–804. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22344