Pemanfaatan aplikasi canva untuk meningkatkan keterampilan desain grafis
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22363Keywords:
canva, desain grafis, pemanfaatan, sosialisasiAbstract
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pada siswa Kolej Agama Sultan Abdul Halim Mergong dalam mendesain dengan menggunakan Canva, maka diperlukan adanya sosialisasi yang relevan. Tentunya sosialisasi desain grafis pada aplikasi Canva ini bertujuan untuk menambah keterampilan, bentuk adaptif siswa pada teknologi serta menyalurkan kreatifitas siswa. Sosialisasi ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer dalam bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dengan pendekatan Service Learning (SL) dengan metode ceramah dan praktik. Sasaran atau mitra pada pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah siswa Kolej Agama Sultan Abdul Halim Mergong, Alor Setar Kedah, Malaysia. Tingkat pemahaman peserta sebelum diberikan sosialisasi, nilai rata-ratanya adalah sebesar 50,5. Nilai rata-rata tersebut meningkat setelah peserta diberikan materi dan praktik secara langsung. Nilai rata-rata setelah dilakukan 3 kali pertemuan meningkat menjadi 86,5. Dengan demikian, sosialisasi ini dianggap berhasil dikarenakan adanya peningkatan pemahaman peserta. Dengan adanya sosialisasi ini, tentu menambah pengetahuan dan keterampilan siswa dalam dunia desain grafis. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu adanya tinjak lanjut terkait pelatihan dengan materi yang lebih beragam dan menarik mengenai Canva. Selain itu, pihak sekolah harapannya memberikan kesempatan dan membiasakan metode pembelajaran melalui desain grafis agar peserta bisa adaptif dalam penggunaan Canva.
References
Agustina, R., & Suprianto, D. (2018). Pelatihan Desain Grafis Dan Fotonovela Untuk Warga Desa Ngembal Kec. Wajak Kab. Malang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.24198/kumawula.v1i3.23457
Asfiyah, A. N., Khorunnisa, N., & Rustini, T. (2024). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Efisiensi Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i3.1436
Efendi, Y., Muzawi, R., Lusiana, Tashid, & Rio, U. (2023). Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreatifitas Minat Usaha Pemuda Tuah Karya Pekanbaru. J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.33372/j-pemas.v4i1.914
Harianja, A. H. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Smk Swasta Nusantara Lubuk Pakam. Jurnal Comiuser, 1(01), Article 01. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/comiuser/article/view/1464
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Canva. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291–295. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434
Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Tematik, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
Kurniawan, R., Tarantang, J., Akbar, W., Hakim, S., Sukmana, E. T., & Hafizi, R. (2022). Literasi Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Digital Bukukas Pada Umkm Di Kota Sampit, Kalimantan Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.55927/jpmf.v1i1.342
Maghfiroh, W. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Teknologi Informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian. Jurnal Petisi (Pendidikan Teknologi Informasi), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v3i1.1800
Mauludhi, J. (2023). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Siswa di SD N 3 Jatilawang. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.35671/jpmm.v5i2.2584
Meiliyadi, L. A. D., Ruhana, B. A., & Khasanah, N. (2023). Pengenalan Virtual Laboratory berbasis Physics Education Technology (PhET) Interactive Simulation sebagai Alternatif Praktikum pada Siswa Sekolah Internasional Luar Negeri Riyadh. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 19(1), Article 1. https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i1.6189
Nata, A., Helmiah, F., & Rohminatin, R. (2022). Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreatifitas Remaja Dalam Berwirausaha. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 747–750. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4703
Nurhayaty, E., Pramularso, E. Y., Marginingsih, R., & Susilowati, I. H. (2022). Pelatihan Membuat Media Promosi Sederhana dengan Aplikasi Canva di Yayasan Desa Hijau. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.10522
Pramanik, P. D., Achmadi, M., & Nasution, D. Z. (2021). Media Belajar Inovatif bagi Siswa SDN 05 Pesanggrahan Jakarta: PKM dengan Konsep Service Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.59818/jpm.v1i3.43
Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (2023). Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Strategi Mutu Pendidikan. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), Article 5. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.303
Ridwana, R., Nafisyah, V. A., Yani, A., Setiawan, I., Waluya, B., Mulyadi, A., & Rosyana, M. (2022). Pengembangan Media Digital untuk Meningkatkan Minat Siswa dan Kualitas Pembelajaran Geografi di Sekolah. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(2), Article 2. https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i2.5501
Saehan, A., Kusmanto, K., Suryadi, S., & Pohan, T. H. (2023). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Promosi Produk UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.58369/jpmg.v3i2.129
Sarwosri, Rochimah, S., Akbar, R. J., Oranova, D., & Yuhana, U. L. (2022). Pelatihan Desain Grafis untuk Guru-Guru di SMP AL-Uswah Surabaya. Sewagati, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i4.170
Satiti, W. S., Umardiyah, F., Hidayatulloh, F., Munfarida, N. F., Fatmawati, M., & Hanafi, A. (2022). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva untuk Remaja di Desa Kalikejambon. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.32764/abdimasif.v3i3.3260
Setyowati, E., & Permata, A. (2018). Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.22146/bb.41076
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Jurnal Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
Wibowo, G. W. N., Cahya, A. D. F., & Sofiyati, A. (2023). Pelatihan Desain Grafis Menggunakann Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru dalam memanfaatkan PMM (Platfom Merdeka Mengajar). Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.56854/jphb.v1i2.56
Widyana, A. I., & Waluyanto, H. D. (2022). Pengembangan Kreativitas Desainer Melalui Aplikasi Grafis Dalam Perancangan Desain Komunikasi Visual. Jurnal DKV Adiwarna, 1(0), Article 0. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/12231
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mega Asri Lestari, Ahmad Mujaheed Bin Mohamed Kamil, Nur Atikah Binti Rofiee, Wahyu Akbar, Ahmad Zidan, Fadhila Zahra Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.