Peningkatan keahlian teknis pemasaran digital bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah berdasarkan ketepatan segmentasi

Authors

  • Liza Yudhita Widyastuti Universitas Negeri Jakarta
  • Erik Universitas Negeri Jakarta
  • Herdiyan Maulana Universitas Negeri Jakarta
  • Fellicia Natalie Deswita Universitas Negeri Jakarta
  • Suci Amelia Putri Universitas Negeri Jakarta
  • Willy Sugianto Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22366

Keywords:

pengabdian masyarakat, UMKM, pemasaran digital

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting bagi ekonomi di Indonesia, termasuk di Desa Pasirtanjung, Kabupaten Bogor. Sumber daya manusia desa ini terserap di UMKM lokal yang sempat mengalami penurunan. Untuk itu diperlukan adanya penanganan agar UMKM dapat terus bertahan. Dengan adanya peluang perkembangan UMKM di era digital dan berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) Pasirtanjung, Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ melakukan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dengan cara pelatihan UMKM Go Digital. Hal ini dimaksudkan untuk meneruskan upaya agar UMKM bukan hanya memiliki pengetahuan pemasaran digital, melainkan juga mampu secara teknis melakukan pemasaran digital secara konkret. Untuk itu, program pengabdian ini dilakukan dengan pelatihan yang mencakup tiga hal utama yaitu pembuatan segmentasi, penataan visual dan penulisan (copywriting), serta teknik penggunaan aplikasi desain Canva. Berdasarkan hasil evaluasi, peserta memberikan penilaian reaksi yang positif dan terdapat peningkatan pemahaman serta keahlian teknis dalam pemasaran digital yang signifikan. Pasca sebulan pelatihan, peserta pun merasakan manfaat kegiatan ini dalam aktivitas usahanya sehari-hari, terutama dengan adanya peningkatan keahlian dalam penggunaan aplikasi desain Canva©. Peserta juga lebih mampu membuat media pemasaran yang sesuai dengan jenis usaha dan segmen yang dituju. Kedepannya diharapkan aktivitas penerapan pemasaran digital dapat terus berlanjut dan termonitor intens untuk hasil penjualan yang lebih optimal.

References

Alam, S., Ramadhani, W. P., & Patmaniar, P. (2023). Transformasi Digital UMKM Di Indonesia Selama Pandemi. Journal Social Society, 3(2), 140–156. https://doi.org/10.54065/jss.3.2.2023.344

AP, J., Asri, W. K., & Mannahali, M. (2023). Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan, dan Metode yang Efektif (Alamsyah & G. Ananta (eds.)). CV Ananta Vidya.

Chaturvedi, D. S., Thomas, D. S., Thomas, D. W. S., Tiwari, D. V., & Javeed, D. S. (2024). The Economics of Sustainable Development: Challenges and Solutions. Educational Administration: Theory and Practice, 30(5), 9061–9067. https://doi.org/10.53555/kuey.v30i5.4497

Evanita, S., & Fahmi, Z. (2023). Analysis of Challenges and Opportunities for Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in the Digital Era in a Systematic Literature Review. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 8(3), 227. https://doi.org/10.32503/jmk.v8i3.4190

Fanaqi, C., & Yatnosaoutro, R. U. D. S. (2022). Strategi E-Marketing UMKM Produk Makanan 3S Opieun Nheunah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.51977/jdigital.v4i1.726

Febriantoro, W. (2018). Kajian dan Strategi Pendukung Perkembangan E-Commerce bagi UMKM di Indonesia. Jurnal MANAJERIAL, 17(2), 184–2017. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.10441

Fithri, D. L., Listyorini, T., Wibowo, B. C., Setiawan, R., Supriyono, & Nugraha, F. (2023). Peningkatan Visualisasi Produk dengan Pendampingan Mitra UMKM Kopi Tjolo Menggunakan Software Mobile Photo Editor. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 239–248. https://doi.org/10.52072/abdine.v3i2.672

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2022). Dukung UMKM naik kelas, pemerintah dorong transformasi ekonomi berbasis digital dan tingkatkan dukungan pembiayaan. Ekon.Go.Id.

Khaerani, S. N., & Sudarmiatin, S. (2022). The Use of Digital Marketing and Its Impact on Increasing MSME Sales. Interdisciplinary Social Studies, 1(8), 1054–1061. https://doi.org/10.55324/iss.v1i8.193

Khusnia, H. N., Muhlis, M., & Yohanes, Y. T. S. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Komunikasi Pemasaran Digital Pada UMKM di Desa Sigar Penjalin, Lombok Utara. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 6(1), 7. https://doi.org/10.36339/je.v6i1.517

Larasati, A. A. (2022). Menko Airlangga Ungkap Manfaat Jika UMKM Naik Kelas, Apa Itu? Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20221028/9/1592564/menko-airlangga-ungkap-manfaat-jika-umkm-naik-kelas-apa-itu

Martiningtiyas, C. R., Oktaviana, I., Entaresmen, R. A., Baisah, S., & Fadhilah, S. A. (2024). Pelatihan Pemasaran untuk Pengembangan UMKM Pasca Pandemi Covid-19. Dirkantara Indonesia Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 75–80. https://doi.org/10.55837/di.v2i2.66

Mutmainnah, I., & Utomo, J. (2024). Peranan UMKM dalam Upaya Pengurangan Angka Pengangguran sebagai Langkah Awal Pembangunan Perekonomian. Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics, 1(1), 46–52. https://doi.org/10.59407/jdedte.v1i1.461

Nadifah, K., & Indayani, L. (2024). Influence Visual, Copywriting, and Public Speaking on Social Media Accounts Instagram @Sidoarjokuliner in Attracting Consumers Buying Interest in Sidoarjo. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(1), 74–89. https://doi.org/10.24036/kolokium.v12i1.837

Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(2), 184–204. https://doi.org/10.30998/jabe.v9i2.13703

Nugraha, J. P., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Rosmawati, Fathihani, Johannes, R., Kristia, Batin, M. H., Lestari, W. J., Khatimah, H., & Beribe, M. F. B. (2021). Teori Perilaku Konsumen (A. Jibril (ed.)). PT. Nasya Expanding Management.

Patel, M., Chauhan, R., Patel, H., Kalariya, K., & Soni, P. (2024). Packaging Perception: Unveiling Consumer Insights for Brand Success. Journal of Business Economics and Agribusiness, 1(3), 1–11. https://doi.org/10.47134/jbea.v1i3.296

Pemerintah Kabupaten Bogor. (2020). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) Desa Pasirtanjung Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor Jawa Barat Tahun 2020-2026.

Phillips, R., & Pittman, R. H. (2009). An Introduction to Community Development. Routledge.

Riyadi, B., Yuliari, G., & Perdana, P. (2023). Micro, Small and Medium Enterprise Development (MSMEs) Strategies Through Business Digitalization in The Face of Global Competition. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 758–767. https://doi.org/10.56457/jimk.v11i2.473

Sari, L. T. A., & Fisabilillah, L. W. P. (2021). Pengaruh Pertumbuhan UMKM dan Tingkat Pengangguran Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Independent: Journal of Economics, 1(3), 178–190. https://doi.org/10.26740/independent.v1i3.43584

Setiyaningrum, A., Ramawati, Y., & Hidayat, H. (2022). Studi tentang Peran Entrepreneurial Marketing dalam Meningkatkan Business Performance UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 101–117. https://doi.org/10.23917/benefit.v7i1.16393

Sheth, D. (2023). The impact of digital marketing on global brand image: A customer segmentation approach. International Journal of Science and Research Archive, 10(1), 730–735. https://doi.org/10.30574/ijsra.2023.10.1.0773

Suryanto, D. (2021). Digital Marketing, Msme Product Marketing Innovation. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(6), 1308–1315. https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i6.233

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259–279. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746

Ukkas, I., & Kasran, M. (2023). Strategi Pengembangan SDM: Upaya Penunjang Daya Saing UMKM di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 12(1), 92–102. https://doi.org/10.33059/jmk.v12i1.5757

Widyastuti, L. Y., Maulana, H., Erik, E., Izzah, K. A., & Azzahra, Y. C. (2023). Perluasan potensi pasar produk lokal dengan e-commerce pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 376–389. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20279

Downloads

Published

2024-08-23

How to Cite

Widyastuti, L. Y., Erik, Maulana, H., Deswita, F. N., Putri, S. A., & Sugianto, W. (2024). Peningkatan keahlian teknis pemasaran digital bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah berdasarkan ketepatan segmentasi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(4), 813–824. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22366