Peningkatan keahlian teknis pemasaran digital bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah berdasarkan ketepatan segmentasi
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22366Keywords:
pengabdian masyarakat, UMKM, pemasaran digitalAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting bagi ekonomi di Indonesia, termasuk di Desa Pasirtanjung, Kabupaten Bogor. Sumber daya manusia desa ini terserap di UMKM lokal yang sempat mengalami penurunan. Untuk itu diperlukan adanya penanganan agar UMKM dapat terus bertahan. Dengan adanya peluang perkembangan UMKM di era digital dan berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) Pasirtanjung, Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ melakukan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dengan cara pelatihan UMKM Go Digital. Hal ini dimaksudkan untuk meneruskan upaya agar UMKM bukan hanya memiliki pengetahuan pemasaran digital, melainkan juga mampu secara teknis melakukan pemasaran digital secara konkret. Untuk itu, program pengabdian ini dilakukan dengan pelatihan yang mencakup tiga hal utama yaitu pembuatan segmentasi, penataan visual dan penulisan (copywriting), serta teknik penggunaan aplikasi desain Canva. Berdasarkan hasil evaluasi, peserta memberikan penilaian reaksi yang positif dan terdapat peningkatan pemahaman serta keahlian teknis dalam pemasaran digital yang signifikan. Pasca sebulan pelatihan, peserta pun merasakan manfaat kegiatan ini dalam aktivitas usahanya sehari-hari, terutama dengan adanya peningkatan keahlian dalam penggunaan aplikasi desain Canva©. Peserta juga lebih mampu membuat media pemasaran yang sesuai dengan jenis usaha dan segmen yang dituju. Kedepannya diharapkan aktivitas penerapan pemasaran digital dapat terus berlanjut dan termonitor intens untuk hasil penjualan yang lebih optimal.
References
Alam, S., Ramadhani, W. P., & Patmaniar, P. (2023). Transformasi Digital UMKM Di Indonesia Selama Pandemi. Journal Social Society, 3(2), 140–156. https://doi.org/10.54065/jss.3.2.2023.344
AP, J., Asri, W. K., & Mannahali, M. (2023). Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan, dan Metode yang Efektif (Alamsyah & G. Ananta (eds.)). CV Ananta Vidya.
Chaturvedi, D. S., Thomas, D. S., Thomas, D. W. S., Tiwari, D. V., & Javeed, D. S. (2024). The Economics of Sustainable Development: Challenges and Solutions. Educational Administration: Theory and Practice, 30(5), 9061–9067. https://doi.org/10.53555/kuey.v30i5.4497
Evanita, S., & Fahmi, Z. (2023). Analysis of Challenges and Opportunities for Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in the Digital Era in a Systematic Literature Review. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 8(3), 227. https://doi.org/10.32503/jmk.v8i3.4190
Fanaqi, C., & Yatnosaoutro, R. U. D. S. (2022). Strategi E-Marketing UMKM Produk Makanan 3S Opieun Nheunah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.51977/jdigital.v4i1.726
Febriantoro, W. (2018). Kajian dan Strategi Pendukung Perkembangan E-Commerce bagi UMKM di Indonesia. Jurnal MANAJERIAL, 17(2), 184–2017. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.10441
Fithri, D. L., Listyorini, T., Wibowo, B. C., Setiawan, R., Supriyono, & Nugraha, F. (2023). Peningkatan Visualisasi Produk dengan Pendampingan Mitra UMKM Kopi Tjolo Menggunakan Software Mobile Photo Editor. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 239–248. https://doi.org/10.52072/abdine.v3i2.672
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2022). Dukung UMKM naik kelas, pemerintah dorong transformasi ekonomi berbasis digital dan tingkatkan dukungan pembiayaan. Ekon.Go.Id.
Khaerani, S. N., & Sudarmiatin, S. (2022). The Use of Digital Marketing and Its Impact on Increasing MSME Sales. Interdisciplinary Social Studies, 1(8), 1054–1061. https://doi.org/10.55324/iss.v1i8.193
Khusnia, H. N., Muhlis, M., & Yohanes, Y. T. S. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Komunikasi Pemasaran Digital Pada UMKM di Desa Sigar Penjalin, Lombok Utara. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 6(1), 7. https://doi.org/10.36339/je.v6i1.517
Larasati, A. A. (2022). Menko Airlangga Ungkap Manfaat Jika UMKM Naik Kelas, Apa Itu? Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20221028/9/1592564/menko-airlangga-ungkap-manfaat-jika-umkm-naik-kelas-apa-itu
Martiningtiyas, C. R., Oktaviana, I., Entaresmen, R. A., Baisah, S., & Fadhilah, S. A. (2024). Pelatihan Pemasaran untuk Pengembangan UMKM Pasca Pandemi Covid-19. Dirkantara Indonesia Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 75–80. https://doi.org/10.55837/di.v2i2.66
Mutmainnah, I., & Utomo, J. (2024). Peranan UMKM dalam Upaya Pengurangan Angka Pengangguran sebagai Langkah Awal Pembangunan Perekonomian. Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics, 1(1), 46–52. https://doi.org/10.59407/jdedte.v1i1.461
Nadifah, K., & Indayani, L. (2024). Influence Visual, Copywriting, and Public Speaking on Social Media Accounts Instagram @Sidoarjokuliner in Attracting Consumers Buying Interest in Sidoarjo. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(1), 74–89. https://doi.org/10.24036/kolokium.v12i1.837
Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(2), 184–204. https://doi.org/10.30998/jabe.v9i2.13703
Nugraha, J. P., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Rosmawati, Fathihani, Johannes, R., Kristia, Batin, M. H., Lestari, W. J., Khatimah, H., & Beribe, M. F. B. (2021). Teori Perilaku Konsumen (A. Jibril (ed.)). PT. Nasya Expanding Management.
Patel, M., Chauhan, R., Patel, H., Kalariya, K., & Soni, P. (2024). Packaging Perception: Unveiling Consumer Insights for Brand Success. Journal of Business Economics and Agribusiness, 1(3), 1–11. https://doi.org/10.47134/jbea.v1i3.296
Pemerintah Kabupaten Bogor. (2020). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) Desa Pasirtanjung Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor Jawa Barat Tahun 2020-2026.
Phillips, R., & Pittman, R. H. (2009). An Introduction to Community Development. Routledge.
Riyadi, B., Yuliari, G., & Perdana, P. (2023). Micro, Small and Medium Enterprise Development (MSMEs) Strategies Through Business Digitalization in The Face of Global Competition. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 758–767. https://doi.org/10.56457/jimk.v11i2.473
Sari, L. T. A., & Fisabilillah, L. W. P. (2021). Pengaruh Pertumbuhan UMKM dan Tingkat Pengangguran Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Independent: Journal of Economics, 1(3), 178–190. https://doi.org/10.26740/independent.v1i3.43584
Setiyaningrum, A., Ramawati, Y., & Hidayat, H. (2022). Studi tentang Peran Entrepreneurial Marketing dalam Meningkatkan Business Performance UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 101–117. https://doi.org/10.23917/benefit.v7i1.16393
Sheth, D. (2023). The impact of digital marketing on global brand image: A customer segmentation approach. International Journal of Science and Research Archive, 10(1), 730–735. https://doi.org/10.30574/ijsra.2023.10.1.0773
Suryanto, D. (2021). Digital Marketing, Msme Product Marketing Innovation. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(6), 1308–1315. https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i6.233
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259–279. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746
Ukkas, I., & Kasran, M. (2023). Strategi Pengembangan SDM: Upaya Penunjang Daya Saing UMKM di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 12(1), 92–102. https://doi.org/10.33059/jmk.v12i1.5757
Widyastuti, L. Y., Maulana, H., Erik, E., Izzah, K. A., & Azzahra, Y. C. (2023). Perluasan potensi pasar produk lokal dengan e-commerce pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 376–389. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20279
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Liza Yudhita Widyastuti, Erik, Herdiyan Maulana, Fellicia Natalie Deswita, Suci Amelia Putri, Willy Sugianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.