Penguatan ketahanan keluarga muslim melalui internalisasi nilai-nilai aqidah, ibadah dan moderasi beragama

Authors

  • Muhammad Arief Luthfan Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Nor Fadhilah Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Samiaji Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Laila Selvia Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Abdul Bari Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Sukino Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Zaenuddin Institut Agama Islam Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22386

Keywords:

ketahanan, keluarga, internalisasi, nilai islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penguatan ketahanan keluarga Muslim dapat dicapai melalui internalisasi nilai-nilai aqidah, ibadah, dan moderasi beragama di Desa Insan Jaya, Serawak, Malaysia. Dalam konteks masyarakat yang multikultural, ketahanan keluarga menjadi faktor krusial untuk menjaga keharmonisan dan stabilitas sosial. Studi ini menggunakan Community base research dengan proses enam langkah yakni identifikasi, masalah, merumuskan tujuan, desain, pengumpulan data, analisis dan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai aqidah dan ibadah memberikan dasar spiritual yang kuat bagi keluarga, yang membantu mereka dalam menghadapi berbagai tantangan hidup. Selain itu, moderasi beragama terbukti penting dalam membangun hubungan yang harmonis, baik di dalam keluarga maupun dengan komunitas yang lebih luas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat 40% peningkatan pemahaman Agama Islam setelah proses internalisasi nilai-nilai aqidah, ibadah, dan moderasi beragamadilakukan secara betahap. Hasil ini memberikan wawasan bagi pengembangan program penguatan keluarga di komunitas Muslim, khususnya dalam konteks masyarakat yang beragam secara budaya dan agama. Dengan fokus pada internalisasi nilai-nilai aqidah, ibadah, dan moderasi beragama, riset ini dapat menawarkan perspektif baru tentang bagaimana aspek-aspek religius dapat memperkuat struktur dan fungsi keluarga dalam menghadapi tantangan sosial, budaya, dan ekonomi.

References

Ahmad, F. R. A. (2019). Urgensi Penanaman Aqidah Dalam Pendidikan Islam. Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 1(2), 99–108. https://doi.org/10.31000/jkip.v1i2.1997

Armia, M. S. (2017). Wajah Antropologi dan Sosiologi Hukum Keluarga di Beberapa Daerah di Indonesia (H. A. Zym, A. Abubakar, Muharrahman, F. T. Mahdy, H. Kurnaini, Irmawati, Dzulhijmi, N. Dhien, M. Munir, Nurdin, A. L. Ramadhani, I. Satria, Munawir, Sulaiman, & Rahmiyati (eds.)). Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry.

Bastian, R., Syur’aini, & Ismaniar. (2020). Pengaruh Sosialisasi dalam Keluarga Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di Masyarakat Desa Koto Lamo Sumatera Barat. Indonesian Journal Of Adult and Community Education, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.17509/ijace.v2i1.28286

Fauzi, R. (2022). Living Islam: Tradisi Menyambangi Rumah Ulama Dalam Idulfitri. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 22(2). https://doi.org/10.32939/islamika.v22i2.1469

Filasofa, L. M. K. (2021). Pendidikan ibadah shalat anak usia dini pada era modern. Journal of Islamic Education and Innovation, 2(1), 79–84. https://doi.org/10.26555/jiei.v2i1.3894

Fitri, A. Z. (2016). Keluarga Sebagai Lembaga Pertama Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 27(1), 21–34. https://doi.org/10.15575/jpi.v27i1.493

Irvan. (2014). Konsep Ibadah Dalam Kajian Al-Quran Surah Al-Fatihah. UIN Syarif Hidayatullah.

Ismail, N. binti, & Azizan, N. I. bt. (2015). Perspektif Islam Dalam Pembentukan Akhlak Masyarakat. International Conference on Aqidah, Dakwah And Syariah.

Jadidah, A. (2021). Konsep Ketahanan Keluarga dalam Islam. MAQASHID Jurnal Hukum Islam, 4(3), 63–77. https://doi.org/10.35897/maqashid.v4i2.723

Jarbi, M. (2019). Pernikahan Menurut hukum Islam. Pendais, I(1), 56–68. https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/206

Lubis, A. (2020). Ketahanan Keluarga Perspektif Pendidikan Islam dalam Menghadapi Revolusi Industri 4,0. In New Normal, Kajian Multidisiplin (p. 17).

Mareta, M. (2019). Pendidikan Humanis dalam Keluarga. QAWWAM, 12(1). https://doi.org/10.20414/qawwam.v12i1.749

Mulyaningsih, E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156

Musyarofah, M. (2021). Pendidikan Agama Sebagai Dasar Dalam Membangun Ketahanan Keluarga. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 8(02), 112. https://doi.org/10.32678/jsga.v8i02.5502

Nita, M. W. (2022). Ketahanan Keluarga dalam Persfektif Hukum Islam di Masa Pandemi Covid-19. Al-Qadhi : Jurnal Hukum Keluarga Islam, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.47902/alqadhi.v4i1.213

Ollis, T., Starr, K., Ryan, C., Angwin, J., & Harrison, U. (2017). Second chance learning in neighbourhood houses. Australian Journal of Adult Learning, 57(1).

Rahmadania, S., Sitika, A. J., & Darmayanti, A. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 221–226. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Rifai, A., & Susilawati, N. N. R. (2023). Pondasi Ketahanan Keluarga Dalam Prespektif Islam Di Era Arus Globalisasi. Al-IHKAM Jurnal Hukum Keluarga Jurusan Ahwal Al-Syakhshiyyah Fakultas Syariah IAIN Mataram, 15(2), 148. https://doi.org/10.20414/alihkam.v15i2.9750

Sainul, A. (2018). Konsep Keluarga Harmonis dalam Islam. Jurnal AL-MAQASID: Jurnal Ilmu Kesyariahan Dan Keperdataan, 4(1), 86–98. https://doi.org/10.24952/almaqasid.v4i1.1421

Samsudin. (2017). Sosiologi Keluarga : Studi Perubahan Fungsi Keluarga. Pustaka Pelajar.

Suyono, S. (2018). Hukum Keluarga:Perspektif Antropologi Hukum Islam. Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah, 16(1). https://doi.org/10.30984/jis.v16i1.647

Swid, A. F. (2022). Pengaruh Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Karakter Peduli Lingkungan Remaja Putri di Kampung Maredan Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Jurnal Pendidikan Nonformal, 17(1). https://doi.org/10.17977/um041v17i1p17-26

Syafri, U. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Rajawali Pers,.

Vijava, J., Kumar, P. S., Sorgile, M., & Sv Vasanth, M. S. V. (2023). Optimization Techniques for Deep Learning Based House Price Prediction. Proceedings of the 2023 International Conference on Intelligent Systems for Communication, IoT and Security, ICISCoIS 2023. https://doi.org/10.1109/ICISCoIS56541.2023.10100566

Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 5.09(2), 1185–1230. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/86

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Luthfan, M. A., Fadhilah, N., Samiaji, Selvia, L., Bari, A., Sukino, & Zaenuddin. (2024). Penguatan ketahanan keluarga muslim melalui internalisasi nilai-nilai aqidah, ibadah dan moderasi beragama. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(4), 898–911. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22386