Penguatan ketahanan keluarga muslim melalui internalisasi nilai-nilai aqidah, ibadah dan moderasi beragama
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22386Keywords:
ketahanan, keluarga, internalisasi, nilai islamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penguatan ketahanan keluarga Muslim dapat dicapai melalui internalisasi nilai-nilai aqidah, ibadah, dan moderasi beragama di Desa Insan Jaya, Serawak, Malaysia. Dalam konteks masyarakat yang multikultural, ketahanan keluarga menjadi faktor krusial untuk menjaga keharmonisan dan stabilitas sosial. Studi ini menggunakan Community base research dengan proses enam langkah yakni identifikasi, masalah, merumuskan tujuan, desain, pengumpulan data, analisis dan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai aqidah dan ibadah memberikan dasar spiritual yang kuat bagi keluarga, yang membantu mereka dalam menghadapi berbagai tantangan hidup. Selain itu, moderasi beragama terbukti penting dalam membangun hubungan yang harmonis, baik di dalam keluarga maupun dengan komunitas yang lebih luas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat 40% peningkatan pemahaman Agama Islam setelah proses internalisasi nilai-nilai aqidah, ibadah, dan moderasi beragamadilakukan secara betahap. Hasil ini memberikan wawasan bagi pengembangan program penguatan keluarga di komunitas Muslim, khususnya dalam konteks masyarakat yang beragam secara budaya dan agama. Dengan fokus pada internalisasi nilai-nilai aqidah, ibadah, dan moderasi beragama, riset ini dapat menawarkan perspektif baru tentang bagaimana aspek-aspek religius dapat memperkuat struktur dan fungsi keluarga dalam menghadapi tantangan sosial, budaya, dan ekonomi.
References
Ahmad, F. R. A. (2019). Urgensi Penanaman Aqidah Dalam Pendidikan Islam. Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 1(2), 99–108. https://doi.org/10.31000/jkip.v1i2.1997
Armia, M. S. (2017). Wajah Antropologi dan Sosiologi Hukum Keluarga di Beberapa Daerah di Indonesia (H. A. Zym, A. Abubakar, Muharrahman, F. T. Mahdy, H. Kurnaini, Irmawati, Dzulhijmi, N. Dhien, M. Munir, Nurdin, A. L. Ramadhani, I. Satria, Munawir, Sulaiman, & Rahmiyati (eds.)). Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry.
Bastian, R., Syur’aini, & Ismaniar. (2020). Pengaruh Sosialisasi dalam Keluarga Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di Masyarakat Desa Koto Lamo Sumatera Barat. Indonesian Journal Of Adult and Community Education, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.17509/ijace.v2i1.28286
Fauzi, R. (2022). Living Islam: Tradisi Menyambangi Rumah Ulama Dalam Idulfitri. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 22(2). https://doi.org/10.32939/islamika.v22i2.1469
Filasofa, L. M. K. (2021). Pendidikan ibadah shalat anak usia dini pada era modern. Journal of Islamic Education and Innovation, 2(1), 79–84. https://doi.org/10.26555/jiei.v2i1.3894
Fitri, A. Z. (2016). Keluarga Sebagai Lembaga Pertama Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 27(1), 21–34. https://doi.org/10.15575/jpi.v27i1.493
Irvan. (2014). Konsep Ibadah Dalam Kajian Al-Quran Surah Al-Fatihah. UIN Syarif Hidayatullah.
Ismail, N. binti, & Azizan, N. I. bt. (2015). Perspektif Islam Dalam Pembentukan Akhlak Masyarakat. International Conference on Aqidah, Dakwah And Syariah.
Jadidah, A. (2021). Konsep Ketahanan Keluarga dalam Islam. MAQASHID Jurnal Hukum Islam, 4(3), 63–77. https://doi.org/10.35897/maqashid.v4i2.723
Jarbi, M. (2019). Pernikahan Menurut hukum Islam. Pendais, I(1), 56–68. https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/206
Lubis, A. (2020). Ketahanan Keluarga Perspektif Pendidikan Islam dalam Menghadapi Revolusi Industri 4,0. In New Normal, Kajian Multidisiplin (p. 17).
Mareta, M. (2019). Pendidikan Humanis dalam Keluarga. QAWWAM, 12(1). https://doi.org/10.20414/qawwam.v12i1.749
Mulyaningsih, E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156
Musyarofah, M. (2021). Pendidikan Agama Sebagai Dasar Dalam Membangun Ketahanan Keluarga. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 8(02), 112. https://doi.org/10.32678/jsga.v8i02.5502
Nita, M. W. (2022). Ketahanan Keluarga dalam Persfektif Hukum Islam di Masa Pandemi Covid-19. Al-Qadhi : Jurnal Hukum Keluarga Islam, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.47902/alqadhi.v4i1.213
Ollis, T., Starr, K., Ryan, C., Angwin, J., & Harrison, U. (2017). Second chance learning in neighbourhood houses. Australian Journal of Adult Learning, 57(1).
Rahmadania, S., Sitika, A. J., & Darmayanti, A. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 221–226. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Rifai, A., & Susilawati, N. N. R. (2023). Pondasi Ketahanan Keluarga Dalam Prespektif Islam Di Era Arus Globalisasi. Al-IHKAM Jurnal Hukum Keluarga Jurusan Ahwal Al-Syakhshiyyah Fakultas Syariah IAIN Mataram, 15(2), 148. https://doi.org/10.20414/alihkam.v15i2.9750
Sainul, A. (2018). Konsep Keluarga Harmonis dalam Islam. Jurnal AL-MAQASID: Jurnal Ilmu Kesyariahan Dan Keperdataan, 4(1), 86–98. https://doi.org/10.24952/almaqasid.v4i1.1421
Samsudin. (2017). Sosiologi Keluarga : Studi Perubahan Fungsi Keluarga. Pustaka Pelajar.
Suyono, S. (2018). Hukum Keluarga:Perspektif Antropologi Hukum Islam. Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah, 16(1). https://doi.org/10.30984/jis.v16i1.647
Swid, A. F. (2022). Pengaruh Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Karakter Peduli Lingkungan Remaja Putri di Kampung Maredan Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Jurnal Pendidikan Nonformal, 17(1). https://doi.org/10.17977/um041v17i1p17-26
Syafri, U. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Rajawali Pers,.
Vijava, J., Kumar, P. S., Sorgile, M., & Sv Vasanth, M. S. V. (2023). Optimization Techniques for Deep Learning Based House Price Prediction. Proceedings of the 2023 International Conference on Intelligent Systems for Communication, IoT and Security, ICISCoIS 2023. https://doi.org/10.1109/ICISCoIS56541.2023.10100566
Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 5.09(2), 1185–1230. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/86
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Arief Luthfan, Nor Fadhilah, Samiaji, Laila Selvia, Abdul Bari, Sukino, Zaenuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.