Penguatan motivasi kewirausahaan untuk mencapai personal goal setting bagi gen Z
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22394Keywords:
gen Z, motivasi, personal goal setting, wirausahaAbstract
Pada tahun 2030 Indonesia mendapatkan bonus demografi sebesar 64% yaitu titik dimana mayoritas masyarakat diisi oleh orang-orang produktif, mereka yang memiliki rentang usia 15-64 tahun. Generasi Z ini akan menjadi harapan Indonesia dalam mencapai kemakmuran bangsa. Hal ini menjadi tanggung jawab semua pihak baik negara, institusi Pendidikan maupun guru dan dosen mempersiapkan generasi Z tersebut menjadi generasi yang memiliki masa depan cemerlang, memiliki tanggung jawab, disiplin, mandiri, jujur, kerjasama, berani/percaya diri, dan menghargai prestasi. Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini memberikan “Penguatan motivasi Kewirausahaan bagi gen Z yaitu sebuah Upaya mendorong siswa untuk dapat mewujudkan Personal Goal Setting. Metode yang digunakan untuk mendapatkan respon siswa dalam merencanakan masa depan setiap siswa yang berorientasi wirausaha melalui metode “Mentimeter” dimana siswa diminta mengisi sejumlah pertanyaan diawal maupun diakhir sesi presentasi. Penguatan motivasi untuk berwirausaha sebagai sebuah solusi kegiatan bagi siswa yang belum memiliki kesempatan melanjutkan studi Perguruan Tinggi. Kegiatan sharing session ini diharapkan mampu menjadi memberikan pengalaman dan motivasi bagi siswa untuk mau memulai berwirausaha. Hasil skor menti meter sebelum presentasi menunjukkan 66,7% siswa menyatakan ingin berwirausaha dan hasil skor mentimeter setelah presentasi menunjukkan bahwa 85,7% siswa menyatakan ingin mencoba berwirausaha. Melalui PKM ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa sehingga diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang dalam membangun minat berwirausaha sebagai sebuah solusi apabila tidak memiliki kesempatan melanjutkan kuliah. Diharapkan adanya sinyal pertumbuhan wirausaha muda yang sukses sebagai pendorong daya saing bangsa meningkatkan kemakmuran sehingga tercapai Indonesia emas di tahun 2045.
References
Abdurrohman, A., & Salam, A. F. (2023). Pengelolaan Kewirausahaan dan Manajemen Keuangan bagi Wirausaha Pemula di Kecamatan Gunung Putri Bogor. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1396–1399. https://doi.org/10.46306/jabb.v4i2.663
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, J., Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Pramitasari, R. D. A., Nurdiyanah, N., Wahyudi, J., & Wahid, M. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. In S. Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (Eds.), Kementerian Agama RI (1st ed., Issue Oktober). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam; Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.
Agustina, N. (2021). Pelatihan goal Setting untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Abdi Psikonomi, 2(4), 167–174. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i4.485
Anjani, D., Awali, H., & Misidawati, D. N. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Generasi Z dalam Menggunakan Sistem Pembayaran E-Wallet. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 124–134.
Aris, A. (2020). Prospek Mega-Demografi Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Kependudukan Indonesia, 15(2), 119–132. https://doi.org/10.14203/jki.v15i2.604
Budi, B., & Fensi, F. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.30813/jpk.v2i1.1128
Fauzia, J. H., & Kurniawati, F. (2020). Efektivitas Program Pelatihan Penetapan Tujuan pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 11(1), 1. https://doi.org/10.26740/jptt.v11n1.p1-16
Hardian, V., & Hermawan, E. (2022). Gaya Kepemimpinan Transformatif untuk Gen Z. KENDALI: Economics and Social Humanities, 1(1), 32–38. https://doi.org/10.58738/kendali.v1i1.15
Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik Dan Implikasi Dalam Memandirikan Generasi Muda. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 99–111. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/4909
Hidayat, Fhasya, J., & Selvia, S. (2022). Peran Generasi Milenial dan Generasi Z dalam Menghadapi Persaingan Global di Era 5.0. Prosiding Seminar Nasional Manajemen 1, 7–12. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/18469
Kominfo. (2014). Siapa Mau Bonus? Peluang Demografi Indonesia. Kominfo, 1–168.
Margahana, H. (2020). Pengaruh Entrepreneurshipi Terhadap Penanggulangan Pengangguran Melalui Pemberdayaan Masyarakat di Palembang. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), 7(3), 315–329. https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.30292
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762
Purwanto, N. (2019). Tujuan Pendidikan dan Hasil Belajar: Domain dan Taksonomi. Jurnal Teknodik, 146–164. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.541
Rufaida, B. S. (2023). Pengaruh Gaya Bahasa Generasi Z dalam Berbahasa Indonesia di Era Globalisasi terhadap Keutuhan Bahasa Indonesia. Translation and Linguistics (Transling), 3(3), 1–14. https://jurnal.uns.ac.id/transling/article/view/82707
Sari, A. P., Rahmadini, G., Carlina, H., Ramadan, M. I., & Pradani, Z. E. (2023). Analisis Masalah Kependudukan di Indonesia. Journal of Economic Education, 2(1), 29–37. https://online-journal.unja.ac.id/JEec/article/view/23180
Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sebuah SMK Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
Suryadi. (2019). Kewirausahaan dan Pemberdayaan Pemuda dalam Mengurangi Pengangguran. Jurnal Ketenagakerjaan, 14(1), 54–67. https://journals.kemnaker.go.id/index.php/naker/article/view/55
Viana, E. D., Febrianti, F., & Dewi, F. R. (2022). Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Minat Investasi Generasi Z di Jabodetabek. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 12(3), 252–264. https://doi.org/10.29244/jmo.v12i3.34207
Warsihna, J., Ramdani, Z., & Amri, A. (2024). Meningkatkan Keterlibatan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Melalui Platform Mentimeter. Jurnal Teknodik, 27(2), 37–46. https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.1071
Zakariyya, F., & Koentjoro, K. (2019). Pelatihan “Goal Setting” untuk Meningkatkan Orientasi Masa Depan pada Siswa SMP. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 3(3), 136. https://doi.org/10.22146/gamajpp.44081
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eva Desembrianita, Khoirul Anwar, Diah Fauzia Zuhroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.