Penguatan keterampilan pembelajaran technopreneurship dengan metode proyek untuk penurunan kemiskinan ekstrem
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i4.22444Keywords:
pembelajaran proyek, pemberdayaan masyarakat miskin, technopreneurshipAbstract
Pendamping Program Keluarga Harapan (PPKH) berperan penting sebagai fasilitator Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Kinerja PPKH di wilayah Kabupaten Semarang yang menjadi mitra kegiatan kepada masyarakat ini mengalami kendala utama dalam memberdayakan KPM bidang ekonomi. Pengabdian masyarakat ini dilakukan secara khusus bertujuan memberikan intervensi penguatan keterampilan pembelajaran technopreneurship berbasis proyek (Project based learning) bagi PPKH, yang dapat berdampak efektif meningkatkan partisipasi aktif KPM dalam P2K2 dan meningkatkan perilaku produktif dalam mengelola wirausaha bagi KPM. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat kemitraan adalah metode pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA) dan model learning by doing. Sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat kemitraan adalah PPKH dan KPM Kecamatan Tengaran. Bentuk kegiatan Training of Trainers tersebut diberikan materi dengan model pembelajaran yang mencakup 5 tahap, yakni; pengenalan, konseptualisasi, aksi, evaluasi dan refleksi, serta tindak lanjut. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan pendekatan pemberdayaan masyarakat, metode workshop, teknik demonstrasi dan learning by doing. Kegiatan pengabdian ini dapat bermanfaat bagi pendamping PPKH dan KPM dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik keterampilan berwirausaha dengan memanfaatkan teknologi digital. Dampak kegiatan pengabdian bagi PPKH Kecamatan Tengaran meningkatnya kemampuan technopreneurship sebagai upaya mengatasi kesulitan dalam memberdayakan KPM.
References
Adila, W., & Subari. (2024). Peranan Strategi Promosi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan. Jurnal PESAT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 162–166. https://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/pesat/article/view/141
Amante, A. D., & Ronquillo, T. A. (2017). Technopreneurship as an outcomes-based education tool applied in some engineering and computing science programme. Australasian Journal of Engineering Education, 22(1), 32–38. https://doi.org/10.1080/22054952.2017.1348186
Angelo, S. D., Marcus, R., & Ngabonzima, E. (2022). Teaching and learning for life skills development : Insights from Rwanda ’ s 12 + programme for adolescent girls young people for diverse global challenges. Development Policy Review, January, 1–18. https://doi.org/10.1111/dpr.12622
Beni, S., & Manggu, B. (2018). Program Keluarga Harapan Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha. Jurkami : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 150–160. https://doi.org/10.31932/jpe.v3i2.341
Bhardwaj, B. R. (2021). Adoption, diffusion and consumer behavior in technopreneurship. International Journal of Emerging Markets, 16(2), 179–220. https://doi.org/10.1108/IJOEM-11-2018-0577
BPS. (2023). Jumlah Penerima Program Keluarga Harapan (PKH), BPNT, KIP, PBI JKN dan BST Menurut Kecamatan di Kabupaten Semarang.
Depsos RI. (2021). Pedoman Pelaksanaan Program Keluarga Harapan. Kementerian Sosial RI.
Fauziah. (2020). Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop “Shoppe” Dalam Meningkatkan Penjualan. JURNAL ABIWARA, 1(2), 45–53. https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.56.2.7
Febriyanti, T., & Farida, S. N. (2023). Peran Foto Produk Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk UMKM Desa Karangan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 20–27. https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i3.168
Griffiths, M. D., Gundry, L. K., & Kickul, J. R. (2013). The socio-political, economic, and cultural determinants of social entrepreneurship activity: An empirical examination. Journal of Small Business and Enterprise Development, 20(2), 341–357. https://doi.org/10.1108/14626001311326761
Gultom, A. W. G. (2020). Pengembangan Potensi Sumber Daya Alam Di Desa Ulak Pandan Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–46. https://doi.org/10.51622/pengabdian.v1i1.65
Gunawan, A., Darmanto Soer, U., & Wirjawan, T. W. (2023). Penguatan Ekonomi Digital melalui Pelatihan Digital Entrepreneurship bagi UMKM di Desa Sukaragam. Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 548–555. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/96
Irmayani, N. R., Suradi, S., Mujiyadi, B., Susantyo, B., Nainggolan, T., Sugiyanto, S., Habibullah, H., Erwinsyah, R. G., As’Adhanayadi, B., Afina, R., Soetjipto, W., Andriansyah, R., Setiadi, T., Irawan, H., Mufidah, A. D., & Azizah, L. N. (2019). Kinerja Pendamping Program Keluarga Harapan Pasca Diklat Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga. Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, Badan Pendidikan, Penelitian, dan Penyuluhan Sosial, Kementerian Sosial RI,.
Komalasari, D., & Nugroho, F. (2023). Peran Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan dalam Mencapai Graduasi Sejahtera Mandiri (Studi pada Pendamping Sosial dengan Latar Belakang Kesejahteraan Sosial dan Nonkesejahteraan Sosial). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(5), 3182. https://doi.org/10.35931/aq.v17i5.2632
Larasati, G., & Roidah, I. S. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Pembuatan Konten Gambar Sebagai Upaya Promosi Produk UMKM di Media Sosial. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 17–23. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/220
Latifah, E., Suroso, S., Martiwi, W. A., Mu’minah, R. U., Ningsih, F. W., Fadlilah, E. S., Lestari, D. A., Salsabila, W. S., Hashin, M. H. Al, & Nurah, N. (2023). Pendampingan Strategi Marketing di Era Digital bagi Usaha Mikro Kecil Menengah Masyarakat Desa Bulangan Gresik. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(4), 321–331. https://doi.org/10.61231/jp2m.v1i4.160
Machdi, I. (2023). Statistik Indonesia 2023 ( et. al. Widyati, Wiwiek (ed.); Katalog/Ca). Badan Pusat Statistik Indonesia.
Machmud, R., Wuryaningrat, N. F., & Mutiarasari, D. (2022). Technopreneurship-Based Competitiveness and Innovation at Small Business in Gorontalo City. International Journal of Sustainable Development and Planning, 17(4), 1117–1122. https://doi.org/10.18280/ijsdp.170408
Mashuri, M., & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205
Nambisan, S. (2017). Digital Entrepreneurship: Toward a Digital Technology Perspective of Entrepreneurship. Sage Journal, 41(6), 1029–1055. https://doi.org/10.1111/etap.1225
Nugraha, R. A., Khoiriyah, M., Fitri, S. J., Devina, A., & Sukmawati, E. (2023). Implementasi Participatory Rural Appraisal (PRA) Sebagai Media Penguatan Program PKH Desa Kadudampit Kecamatan Sukabumi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(2), 1662–1673. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i2.4953/http
Nurhani. (2024). Pengaruh Keunikan Produk Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Umkm Oleh-Oleh Kota Makassar. IJMA (Indonesian Journal of Management and Accounting), 5(1), 175–181. https://doi.org/10.21927/ijma.2024.5(1).175-181
Patil, M. S., & Kamerikar, U. A. (2020). Learning by Doing through Project Based Active Learning Technique. Journal of Engineering Education Transformations, 33, 125–129. https://doi.org/10.16920/jeet/2020/v33i0/150080
Perwita, D. (2021). Telaah Digital Entrepreneurship: Suatu Implikasi Dalam Mengatasi Permasalahan Ekonomi. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 9(2), 40–51. https://doi.org/10.24127/pro.v9i2.4511
Saragih, L. S., Yasmin, A., Hasibuan, H. F., Tarigan, K. B., Sitorus, S. A., & Silaban, Y. B. (2023). Analisis Bisnis Strategi Pada Brand Breakmacks Dalam Bisnis Breakfast Food. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 3(1), 1762–1771. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v10i2.11360
Sasikirana, I., Safira Dewi, A., Aurora Khayzuran, Q., Puspa Firdausy, S., & Oktavina Radianto, D. (2024). Strategi Pemasaran Digital Yang Efektif Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan di Era Digital. Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 166–177. https://doi.org/10.58192/profit.v3i2.2092
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983
Sofianto, A. (2021). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Provinsi Jawa Tengah. Sosio Konsepsia, 10(1). https://doi.org/10.33007/ska.v10i1.2091
Sudarwati, N., & Chalimah, C. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Dengan Branding Produk Pada Mahasiswa. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(7), 673–680. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i7.1223
Sukirman, S. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 117. https://doi.org/10.24914/jeb.v20i1.318
Surahman, Y. T., & Fauziati, E. (2021). Maksimalisasi Kualitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Learning By Doing Pragmatisme By John Dewey. Jurnal Papeda Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1209
Tambunan, F., & Hasibuan, R. (2019). Pengaruh Percaya Diri Terhadap Berwirausaha. Ikra-Ith Ekonomika, 2(2), 35–41. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/amwal/article/view/1370
Triano, H. M., & Machdum, S. V. (2023). Pemberdayaan melalui Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) di Kecamatan Karawaci Kota Tangerang bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(2), 505–517. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i2.3105
Virianita, R., Saleh, A., Warcito, Mintarti, Asikin, S., & Sjafri, M. H. (2022). Keberhasilan Pelatihan Kewirausahaan bagi Wirausaha Baru (WUB). Jurnal Penyuluhan, 18(02), 277–295. https://doi.org/10.25015/18202235572
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tri Suminar, Mintarsih Arbarini, Abdul Malik, Sungkowo Edy Mulyono, Yudi Siswanto, Arini Dwi Cahyani, Khotimatul Aliyah, Dwi Hari Astuti, Anifah Widya Indarthi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.