Pondok Daring Pada Era Covid-19 di Dusun Banjar Tengah Kecamatan Dau Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i4.8767Keywords:
daring, pendidikan, dusun banjar tengahAbstract
Pembelajaran daring merupakan metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS). Bentuk pembelajaran seperti ini dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa terikat waktu dan tanpa harus bertatap muka. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan tugas serta membeli kuota internet selama pendemi di Dusun Banjar Tengah Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Menyediakan Wi-Fi disalah satu tempat di Dusun dan memberikan pendampingan terhadap siswa dengan menerapkan sosial distancing dan protokol kesehatan. Masyarakat sekitar sangat mendukung kegiatan pondok daring, hal ini ditandakan dengan rasa antusias yang tinggi dari masyarakat setempat dan siswa siswi di Dusun Banjar Tengah.References
Aprilia, M., Suparman, Eliana, E., Khairunnissa, & Sugiarti. (2020). Pelatihan Musikalisasi Gurindam sebagai Upaya Pendidikan Karakter bagi Siswa SMA. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 111–119. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.4754
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Dalimunthe, R. A. A. (2015). Strategi Dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Smp N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 102–111. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8616
Ghirardini, B. (2011). E-learning methodologies : a guide for designing and developing e-learning courses. United Nations: ome : Food and Agriculture Organization.
Haryanti, P., Hidayati, A., Rodliyah, I., Nisful Laili, C., & Saraswati, S. (2020). Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 136–145. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6584
Kurniasih, K., Rahmati, N. A., Umamah, A., & Widowati, D. R. (2019). English Conversation Class (ECC) Untuk Menciptakan English Environment Di SMA Islam Nusantara (SMAINUS). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 161–169. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2571
Nichols, M., & McLachlan, C. (2006). E-learning and early childhood teacher education: what does the future hold? He Kupu (the Word), 1(1), 17–28. Retrieved from https://www.hekupu.ac.nz/article/e-learning-and-early-childhood-teacher-education-what-does-future-hold
Sobron, A. ., Bayu, Rani, & S, M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Abstrak. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, pp. 1–5). Retrieved from http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/204/136