PEMBELAJARAN NILAI MULTIKULTURAL DALAM BUDAYA MADRASAH DI MIN I KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.33474/multikultural.v3i1.2550Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasi terhadap konsep dan implementasi proses pembelajaran nilai multikultural dalam budaya madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) I Kota Malang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis etnografi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Sementara tehnik analisis data mengacu pada model Spredly. Yakni melalui; a) analisis domain, b) taksonomi, c) komponensial dan d) analisis tema budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran nilai dan sikap multikultural di MIN I Kota Malang dilakukan melalui pembiasaan, dan program kegiatan yang terintegrasi dalam budaya madrasah yakni budaya beriman, berakhlak mulia dan berprestasi.
Kata kunci: pembelajaran, nilai multikultural, budaya madrasah    Â
The purpose of this study was to describe, analyze, and interpret the concepts and implementation of the process of learning multicultural values in madrasah culture in Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) I Malang City. The approach used is qualitative with ethnographic types. Data collection is done through participant observation, in-depth interviews, and document analysis. While the data analysis technique refers to the Spredly model. Namely through; a) domain analysis, b) taxonomy, c) components and d) analysis of cultural themes. The results showed that the learning process of multicultural values and attitudes in MIN I Malang City was carried out through habituation, and an integrated program of activities in the culture of the madrasa namely a culture of faith, noble character and achievement.
Keywords: learning, multicultural value, madrasah cultureReferences
Abdul Wahid (ed), Muhammad Tholhah Hasan, 2016. Pendidikan Multikultural (sebagai opsi penanggulangan radikalisme). Malang: UNISMA.
Abbudin Nata, 2005. Filsafat Pendidikan Islam .Jakarta: Gaya Media Pratama.
Al-Qur’an Terjemah. 2010. TIM Departemen Agama RI.
Ahmad Budaiwi, 2002. Imbalan dan Hukuman Pengaruhnya Bagi Pendidikan Anak, Jakarta: Gema Insani Press.
Ahmad Syar’i, 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus.
H.A.R. Tilaar, 2004. Multikulturalisme, Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional, Jakarta: Grasindo.
KMA No 165 tahun 2016 tentang Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah.
Maslow, 2010. Motivation and Personality. Jakarta: Rajawali.
Matrk Smith, 2002. Curriculum Theory and Practice. London: Routledge.
Muhaimin, 2006. Nuansa Baru Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
________, 2008. Paradigma pendidikan Islam (upaya mengefektifkan pendidikan agama di sekolah). Bandung: Remaja Rosdakarya
Ngainun Naim dan Ahmad Syauqi, 2008. Pendidikan Multikultural: Konsep dan Aplikasi Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
W. John Creswell, 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih diantara Lima Pendekatan, Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Zamroni, 2016. Kultur Sekolah.Yogyakarta: Gavin Kalam Utama
Zuhairi Misrawi, 2010. Membumikan Toleransi al-Quran; Inklusivisme, Pluralisme dan Multikulturalisme, Jakarta: Moslem Moderate Society.
Zuriah, 2007. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hujair AH Sanaky, 2014. Mengembangkan Model Ideal Pendidikan Islami. EL-TARBAWI VOL. 7 NO.1.
Robbayani, 2012. Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga. Jurnal: Ilmu Tarbiyah “At-tajdid†vol. 1. No 1
Yulia Riswanti,. 2008. Urgensi Pendidikan Islam dalam Membangun Multikulturalisme. Jurnal Pendidikan Islam. Vol.3. No.2
UU Sistem Pendidikan Nasional RI No. 20 tahun 2003
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal PENDIDIKAN MULTIKULTURAL yang diterbitkan oleh Doktor PAI Multikultural Program Pascasarjana Universitas Islam Malang menerapkan ketentuan Hak Cipta dan Lisensi dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.