KONSTRUKSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTI AGAMA

Authors

  • Suharnianto Suharnianto Sekolah SMKN 1 Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.33474/multikultural.v4i2.7412

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis; eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multiagama di SMKN 3 Kabupaten Pamekasan. Metode penelitiannya menggunakan  pendekatan kualitatif berjenis fenomenologi. Hasil  penelitian menunjukkan: pertama eksternalisasi, yaitu  penyesuaian  diri dengan budaya dan pendidikan yang ada di lembaga. Kedua objektivasi, yaitu  sebuah interaksi antara guru  dan  murid saat menjalankan proses pendidikan, dan guru memberikan contoh hal yang baik kepada peserta didik dengan berperilaku sopan santun dan saling menghormati. Ketiga internalisasi, yaitu individu mengidentifikasikan diri dengan lembaga, peserta didik merasa pendidikan sekolah multikultural menjadi bagian  dari  dirinya sehingga  menjalankan tanpa  ada paksaan dengan peserta  didik menirukan hal yang diberikan guru pada peserta didik.

Kata kunci: konstruksi, nilai multikulturalisme, agama, peserta didik

 

This study aims to describe and analyze; externalization, objectivity, and internalization of multicultural education values in the multi-religious based Islamic education learning at SMKN 3 Pamekasan. The research method uses a qualitative approach of phenomenological type. The results showed: first, externalization, namely self-adjustment to the culture and education in the institution. The second objectivity, which is an interaction between teacher and student during the education process, and the teacher provides examples of good things to students by behaving courtesy and mutual respect. The third is internalization, namely individuals identifying themselves with institutions, students feel multicultural school education becomes a part of themselves so that running without any compulsion with students imitate what teacher is given to students.

Keywords: construction, multiculturalism values, religion, students

References

Ainul Yaqin, 2005, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pilar Media.

Burhan Bungin, 2008, Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi dan Keputusan Konsumen serta Kritik Terhadap Peter L. Berger dan Thomas Luckmann, Jakarta: Kencana.

Geger Riyanto dan Peter L Berger, 2009, Perspektif Metateori Pemikiran, Jakarta: LP3ES Indonesia.

Imron Mashadi, 2009, Reformasi Pendidikan Agama Islam(PAI) di Era Multikultural dalam Zainal Abidin, EP, Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Multikulturalisme, Jakarta: Saadah Cipta Mandiri.

Jeanne Ellis Ormrod, 2008, Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Jilid 2, edisi ke 6, dalam judul Asli Educational Psycology Developing Learners, Alih Bahasa Amitya Kumara, Jakarta: Erlangga.

Lexy J. Moleong, 2008. Penelitian kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, 2006, Nuansa Baru Pendidikan Islam; Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nur Syam, 2005, Islam Pesisir, Yogyakarta: LKis Pelangi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006.

Peter Berger, L dan Thomas Luckmann, 1991. Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan, Jakarta: LP3ES.

__________, Langit Suci: Agama sebagai Realitas Sosial Jakarta: LP3ES.

Pierre Gauthy dkk., 1993, Pendidikan Nilai Memasuki Tahun 2000, Jakarta: PT Grasindo.

Zakiyuddin Baidhawy, 2005, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2020-08-13

Issue

Section

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL